Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog Untuk Seorang Guru - Panduanajib

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog Untuk Seorang Guru

Dalam artikel ini saya akan berikan Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog Untuk Seorang Guru.

Apakah Anda adalah seorang guru? Dan apakah Anda sedang mencari penghasilan tambahan? Jika benar begitu saya pikir Anda sudah cukup tepat membaca artikel saya ini. Dalam artikel ini saya akan berikan Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog Untuk Seorang Guru.

Penghasilan Tambahan Untuk Guru

Sebagai seorang guru pastinya Anda mempunyai banyak pengetahuan dong. Terutama dalam bidang yang Anda jalani saat ini.

Apakah Anda pernah berpikir bahwa gaji dari sekolah itu kurang? Saya yakin pernah. Buktinya Anda sedang membaca artikel tentang penghasilan tambahan seorang guru dalam ini.

Sebenarnya ada banyak sekali cara mendapatkan penghasilan tambahan seorang guru ini. Misalnya membuka bimbel, menulis buku rangkuman ataupun menulis ebook.

Namun dalam kesempatan ini saya akan mengajak Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui blogger.

Bagaimana caranya? Simak artikelnya berikut ini.

Apakah Guru Berpotensi Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog?

Mungkin itu merupakan salah satu pertanyaan dari banyak guru yang tengah mencari penghasilan tambahan selain pendapatannya dari gaji yang sudah diterimanya.

Guru adalah seseorang yang bekerja sebagai pengajar di suatu instansi serta mendapat penghasilan dari tempatnya bekerja. Dan sama seperti pekerja lainnya, tentunya ada sebagian dari guru yang juga merasa kalau pendapatannya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena itu, mereka juga ingin mendapat penghasilan tambahan.

Dan banyak contoh guru-guru yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari bayaran sebagai tenaga pengajar, salah satunya dengan membuat blog.

Guru dan Blog

Sebagai seorang pengajar, tentunya akan lebih menguasai di bidang pendidikan. Untuk itu, sebagai guru akan lebih mudah membuat blog sesuai dengan materi pendidikan yang dikuasainya.

Tentu saja ini sangat berguna dan sangat membantu para siswa untuk belajar.

Dan tentunya konten-konten tersebut tidak hanya untuk siswa-siswa di sekolah tempatnya mengajar, namun juga untuk semua siswa di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Dengan blog, para siswa tidak terbatas oleh ruang dan waktu dalam belajar, karena blog bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Lalu, dari mana guru bisa mendapatkan penghasilan dari blog?

Sebagai Publisher Iklan

Sebagaimana blogger lainnya, guru yang mengelola blog tentu saja membuat konten atau menulis artikel atau materi sesuai dengan niche blog yang ditargetkannya.

Semakin banyak konten atau artikel yang dibuat, maka semakin banyak juga kemungkinan blognya ditemukan orang lain.

Semakin banyak blognya ditemukan orang, maka semakin banyak peluang untuk mendapatkan uang. Salah satunya bisa mendapatkan uang dari periklanan. Banyak penyedia jasa periklanan yang membayar penerbit iklan, salah satu yang populer adalah Google Adsense.

Ketika blognya memenuhi syarat sebagai penerbit iklan Adsense, maka kita dapat menampilkan iklan Adsense di blog dan akan mendapatkan bayaran ketika blognya dikunjungi dan ketika pengunjung blog mengklik iklannya.

Selain itu, kita juga bisa menyediakan slot-slot iklan banner dan link untuk para advertiser atau pemilik produk untuk mengiklankan produknya di blog kita dengan harga pemasangan iklan yang kita tentukan. Sebagai blog niche pendidikan, tentunya ini akan cocok dengan produk buku, misalnya buku-buku pelajaran, novel, dan lainnya. Jika blognya populer dan banyak pengunjungnya, maka tidak menutup kemungkinan banyak penerbit buku yang tertarik untuk memasang iklan di blognya.

Menjual eBook dan Jasa

Selain menjadi publisher iklan seperti yang kita bahas tadi di atas, guru juga bisa menjual ebook di blognya jika Anda bisa membuat ebook untuk materi-materi pembelajaran misalnya.

Atau bisa juga menawarkan jasa penulis blog, atau bisa juga menawarkan jasa guru private jika memiliki waktu luang, misal untuk membahas materi pelajaran secara privat.

Dan banyak lagi produk-produk pendidikan yang bisa dijual di blog, misalnya perangkat pembelajaran yang dibuat dan dijual dalam bentuk soft file, seperti RPP, silabus dan lain-lain.

Kesimpulan

Dari pembahasan singkat di atas mengenai pertanyaan "Apakah guru berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan dari blog?" maka kita mendapat kesimpulan bahwa guru juga dapat menghasilkan uang atau pendapatan tambahan dari blog.

Namun seperti pekerjaan lainnya, mengelola blog juga memerlukan kerja yang konsisten agar blognya bisa populer dan memiliki banyak pengunjung.

Untuk itu, jika guru ingin mengelola blog juga agar bisa mendapat penghasilan tambahan, maka harus pandai juga dalam mengatur waktu agar semua pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.

Atau seorang guru pun bisa mencari kerja lainnya yang sesuai dengan keahliannya, salah satunya bisa coba cari di Jooble Indonesia yang merupakan sebuah situs penyedia lowongan pekerjaan di Indonesia, sehingga guru pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari mengajar di sekolah.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari tentang blogger, Anda bisa membaca-baca arikel yang ada di blog ini khususnya pada ketegori Blogger dan juga Adsense.

Halo gan nama saya Ricky. Saya adalah seorang pemuda kampung yang sangat minat mengikuti perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke Pesan Komentar.


image quote pre code
© Panduanajib. All rights reserved. Premium By Raushan Design