6 Cara Mengatasi Kehabisan Ide! Segera Lakukan Hal Ini! - Panduanajib

6 Cara Mengatasi Kehabisan Ide! Segera Lakukan Hal Ini!

Cara mengatasi kehabisan ide menulis artikel blog

Sebagai seorang yang punya hobi dalam membuat karya entah itu menulis, melukis, membuat video atau apapun itu tentunya kita dituntut untuk mendapatan banyak ide untuk itu. Namun pernah nggak si kamu merasa kehabisan ide? udah mentok gitu rasanya.

Sebagai seorang blogger saya sendiri cukup sering mengalami yang namanya kehabisan ide. Entah apa yang mau saya tulis di blog saya. Benar-benar buntu. Jadi mau tidak mau saya harus sabar untuk menemukan ide sehingga bisa saya tuangkan dalam blog saya ini.

Ide bisa datang kapan saja, tapi bisa juga tidak datang sama sekali. Atau biasa kita sebut stuck atau kehabisan ide. Kalau dalam dunia tulis menulis disebut write block. Kehabisan ide bisa jadi penghalang seseorang untuk berkarya. Untuk itu kita harus tahu bagaimana cara untuk memecah kebuntuan itu.

Saya akan bagikan cara saya mengatasi kehabisan ide kepada kamu semua. Yuk langsung saja simak.

Cara Mengatasi Kehabisan Ide

Ini saya tulis berdasarkan pengalaman, saya sering lakukan ini ketika mulai kehabisan ide dalam menulis artikel blog.

1. Membaca Buku atau Nonton Film

Selain memberi hiburan, kedua hal di atas bisa jadi referensi untuk kita dalam berkarya. Kita bisa mendapatkan referensi berdasarkan jalan cerita, cara penyampaian, informasi yang disampaikan dan masib banyak lagi.

Dari sekian banyak kata atau adegan yang dilihat dalam film maupun buku, biasanya ada saja satu atau dua hal yang memantik datangnya ide. Gak harus fiksi, kamu juga bisa baca buku non-fiksi dan menonton film dokumenter. Menonton konten lain juga bisa jadi alternatif.

2. Membaca Artikel Blog Orang Lain

Tidak bisa saya pungkiri ketika saya mulai kehabisan ide, saya mulai membaca artikel-artikel dari blog orang lain. Biasanya dari sini mulai muncul ide untuk menulis artikel. Entah itu untuk melengkapi artikel yang telah ada, ada menulis ulang dengan gagasan yang berbeda dari artikel yang telah saya baca.

Intinya membaca artikel blog orang lain benar-benar akan membantu saya ketika saya sudah mulai kehabisan ide dalam membuat artikel. Ingat cukup baca artikelnya. Ketika kamu menemukan artikel yang belum lengkap misalnya, kamu bisa banget tu menulis ulang artikel tersebut dengan cara melengkapi bagian yang belum ada. Jangan copas ya!.

3. Jelajahi Sosial Media

Sosial Media banyak mengangkat apa yang sering terjadi di dunia nyata. Ada yang bercerita, mengeluh, bahkan berdoa pun ada di sosmed. Sebenarnya, kalau kita bisa eksplorasi lebih dalam, sosial media ini bisa jadi sumber ide lho.

Kamu bisa memperhatikan perilaku orang-orang, berita terkini atau mengecek hal yang sedang jadi trending. Kemudian kamu bisa membahasnya kembali berdasarkan sudut pandangmu.

4. Jalan-jalan

Coba sesekali jalan-jalan ke suatu tempat dan kurangi yang main HP. TS sendiri tipe orang yang suka memperhatikan lingkungan sekitar ketika sedang dalam perjalanan baik itu transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Dari sana biasanya ada saja ide-ide yang muncul. Coba sesekali baca papan iklan, perhatikan orang-orang yang ada di pinggir jalan. Intinya lebih peka dengan sekitar.

5. Cari Teman Bicara

Undanglah temanmu untuk datang ke rumah atau kamu sendiri yang datang ke rumahnya. Ketemu di luar pun boleh. Kemudian coba ajak ia ngobrol, dengarkan cerita dia, curhatan dia. Bisa juga kita saking bertukar pengalaman.

Biasanya akan ada ide muncul saat mendengar cerita orang, ketika ide itu datang pancing dia supaya cerita lebih banyak lagi.

6. Istirahat

Terakhir, coba istirahat sejenak. Tidur beberapa jam dan buat pikiran rileks. Bisa jadi kamu cuma kelelahan aja. Setelah istirahat jangan lupa mandi supaya lebih segar. Setelah itu, mungkin kamu akan siap untuk kembali berkarya.

Nah itulah 6 Cara mengatasi kehabisan ide, semoga bermanfaat.

Halo gan nama saya Ricky. Saya adalah seorang pemuda kampung yang sangat minat mengikuti perkembangan teknologi.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kamu di balas.
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke Pesan Komentar.


image quote pre code
© Panduanajib. All rights reserved. Premium By Raushan Design