Aplikasi Android Berbahaya, Di Laporkan Bisa Rampok Isi Rekening

Banyaknya aplikasi yang ada di Android membuat kita semakin dibikin penasaran untuk mencobanya. Terutama beberapa aplikasi seperti Antivirus yang kita harapkan bisa mengamankan ponsel kita dari virus-virus berbahaya.

Namun faktanya ada beberapa aplikasi Antivirus yang justru mengandung virus. Dan yang sangat disayangkan adalah mereka bisa lolos dari seleksi Google PlayStore.

Sejumlah aplikasi Android teridentifikasi memiliki trojan Sharkbot. Ini membuat aplikasi itu berbahaya dan bisa merampok rekening para pengguna smartphone.

Sharkbot ditemukan berhasil menghindari keamanan Google Play Store dengan menyamar sebagai aplikasi antivirus. Trojan ini memiliki kemampuan transaksi tidak sah lewat Automatic Transfer Systems (ATS).

"Fitur ATS memungkinkan malware menerima daftar peristiwa yang akan disimulasikan dan mereka akan disimulasikan untuk melakukan transfer uang," kata analis malware perusahaan keamanan siber NCC Group, Alberto Segura dan Rolf Govers, dikutip dari The Hacker News.

Fitur ini dapat digunakan untuk simulasi sentuhan dan penekanan tombol. Jadi bukan hanya untuk mengirimkan uang secara otomatis namun memasang (install) aplikasi atau hal berbahaya lain.

Artinya ATS bisa digunakan untuk menipu sistem deteksi fraud bank yang ditargetkan. Dengan cara melakukan simulasi urutan tindakan yang dilakukan pengguna seperti menekan tombol klik, dan gerakan melakukan pengiriman uang secara ilegal.

Fitur Sharkbot lainnya adalah bisa membuat lapisan ilusi antarmuka aplikasi palsu di atas aplikasi perbankan resmi. Tujuannya mencuri kredensial, mencatat penekanan tombol dan mendapatkan kendali jarak jauh penuh pada perangkat. Ini dilakukan dengan catatan para korban memberikan izin Layanan Aksesibilitas.

Google Play Store versi 28 Februari tercatat sejumlah aplikasi Dropper dengan memanfaatkan fungsi Direct Reply Android untuk menyebar ke perangkat lain. Dengan begitu Sharkbot menjadi trojan perbankan kedua setelah Flubot yang dapat mencegah notifikasi adanya serangan wormable.

Daftar Aplikasi Berbahaya Bisa Rampok Isi Rekeningmu!

Dan berikut ini adalah daftar aplikasi berbahaya yang sebaiknya segera kamu hapus jika ada di Androidmu atau hindari untuk menginstalnya jika belum terlanjur.

  • Antivirus, Super Cleaner (com.abbondioendrizzi.antivirus.supercleaner)
  • Atom Clean-Booster, Antivirus (com.abbondioendrizzi.tools.supercleaner)
  • Alpha Antivirus, Cleaner (com.pagnotto28.sellsourcecode.alpha)
  • Powerful Cleaner, Antivirus (com.pagnotto28.sellsourcecode.supercleaner)

Bijaklah dalam menginstal aplikasi.