Doa Sebelum Makan dan Doa Sesudah Makan

Dikesempatan kali saya akan bagikan Doa Sebelum Makan dan Doa Sesudah Makan. Seperti kita tau bahwa makan adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup termasuk Manusia. Dan sebagai seorang Manusia dengan beragama Islam pastinya kita dianjurkan membaca doa sebelum makan dan doa sesudah makan.

Nah untuk kamu semua yang belum hafal doa sebelum makan dan doa sesudah makan, di dalam artikel ini panduanajib akan bagikan doa beserta artinya.

Lihatlah diluar sana banyak sekali orang-orang yang kekurangan makan atau bahkan justru tidak bisa makan seharian dan bahkan berhari-hari. Untuk itulah sebagai seorang muslim patutnya kita bersyukur kepada Allah karena masih diberikan kesempatan untuk bisa makan secukupnya.

Dengan membaca doa baik sebelum makan ataupun doa sesudah makan adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Allah atas rezeki yang beliau berikan.

Doa Sebelum Makan


اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar

Artinya :  “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”

DOA SESUDAH MAKAN


اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa muslimiin

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum dan yang telah menjadikan kami orang-orang yang Islam”

Demikianlah doa sebelum dan sesudah makan. Mudah-mudahan artikel ini memiliki banyak manfaat untuk rekan-rekan semuanya.