Samsung Galaxy A12 A125F Backlight Ways | Display Light Problem Solution

Dalam posting ini, Anda akan mendapatkan solusi terbaru dari Samsung Galaxy A12 A125F Backlight Ways dan solusi jumper masalah tampilan lampu LCD. Anda akan memecahkan masalah tampilan seperti tampilan kosong, tampilan layar gelap, layar putih ( dengan nada), Tidak ada lampu latar LED yang diakibatkan karena masalah kerusakan terkena air atau terjatuh secara tidak sengaja oleh pengguna.

Masalah backlight Samsung Galaxy A12 A125F sering terjadi seperti LCD tidak ada tampilan, layar LCD menjadi putih. Atau pada umumnya tidak ada cahaya yang dihasilkan oleh layar LCD tetapi suara dering dan notifikasi masih dapat terdengar.

Samsung Galaxy A12 A125F Backlight Ways


TENTANG Samsung Galaxy A12 A125F

Samsung Galaxy A12 diluncurkan pada 24 November 2020. Ponsel ini hadir dengan layar sentuh berukuran 6,50 inci dengan resolusi 720x1600 piksel dan rasio aspek 20:9.

Samsung Galaxy A12 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P35 (MT6765) octa-core 1,8GHz yang memiliki 4 core clock 1,8GHz dan 4 core clock 2,3GHz.

Muncul dengan 4GB RAM. Samsung Galaxy A12 menjalankan Android 10 dan ditenagai oleh baterai 5000mAh. Samsung Galaxy A12 mendukung pengisian cepat eksklusif.

Apa Itu Backlight Atau LCD Samsung Galaxy A12 A125F?

Pertama-tama, LCD adalah antarmuka tampilan digital telepon Anda, ini adalah bagian interaktif di mana Anda melihat apa yang terjadi saat Anda mengoperasikan atau mengetuk ikon, menonton video, memutar musik atau permainan, dll. Ketika LCD ( liquid crystal display) bermasalah atau rusak, maka Anda tidak akan dapat menikmatinya seperti sebelumnya. Di sinilah LCD backlight masuk, backlight adalah rangkaian LED (light-emitting diodes) yang tersusun rapi dan cocok di lapisan layar untuk memberikan penerangan pada layar LCD.

Solusi Cara Backlight Samsung Galaxy A12 A125F

Untuk memperbaiki masalah backlight layar gelap Samsung Galaxy A12 A125F, Anda dapat mencoba mengganti atau memasang modul Layar atau LCD yang baru terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan dengan mudah apakah LED lampu latar LCD masih berfungsi atau sudah rusak.

Anda juga dapat memeriksa LED menggunakan multimeter jika Anda dapat mengaturnya tanpa merusak konektor fleksibel LCD.

Jika LCD yang baru dipasang masih menunjukkan masalah yang sama dan lampu LED tidak menyala, lihat solusi di bawah ini dan temukan komponen yang disorot pada papan PCB.


Masalah Backlight Samsung Galaxy A12 yang mungkin Anda alami:

  • Layar Putih
  • Tidak Ada Tampilan
  • Garis pada Tampilan
  • Cahaya Rendah di Layar
  • Tidak ada lampu latar

Jika ponsel Samsung Galaxy A12 A125F Anda memiliki salah satu gejala yang dijelaskan di atas, Anda dapat melakukan beberapa langkah perbaikan yang dapat mengatasi kerusakan tersebut.

1. Lakukan Pergantian layar LCD

Hal pertama yang harus dilakukan jika mengalami kerusakan tersebut adalah dengan mencoba mengganti part LCD yang baru dengan kondisi yang baik. Hal ini dapat diterapkan jika ponsel Anda mengalami pecah atau retak pada layar karena jatuh dengan kuat. Dengan mencoba mengganti LCD baru, semoga masalah kerusakan ini bisa teratasi.

2. Periksa Jalur dan soket LCD

Tidak ada kerusakan lampu latar pada ponsel yang dapat disebabkan oleh cairan yang masuk ke ponsel. Serta merusak saluran dan soket LCD pada Motherboard. Jadi untuk memperbaikinya, disarankan untuk mencopot semua bagian ponsel untuk melakukan pemeriksaan. Biasanya, air akan menimbulkan korosi dan karat pada trek dan soket dan berdampak pada jalur putus. Maka untuk langkah perbaikan segera bersihkan korosi dan karat, jika ada jalur yang putus segera perbaiki dengan metode jumper jalur.

3. Periksa dan ganti komponen internal

Jika kondisi LCD dan saluran dalam kondisi baik, namun tiba-tiba ada kerusakan backlight pada ponsel Anda. Maka bisa dipastikan akan terjadi masalah pada komponen internal. Gambar diagram yang disediakan Tim Mobilintec dapat menjadi panduan bagi Anda dalam mencoba memperbaiki backlight yang rusak.

Lakukan pengukuran pada setiap komponen, jika ada komponen yang rusak maka segera ganti dengan komponen yang jenis dan nilainya sama. Coba cek komponen dioda serta koil yang sudah ditandai pada gambar diagram. Seringkali komponen tersebut rusak dan mengakibatkan munculnya tampilan lampu latar.