Ciri-Ciri Orang Bodoh Tapi Sok Pintar

Orang pintar dan cerdas adalah orang yang diakui bukan mengakui sendiri. Akhir-akhir ini saya terganggu dengan beberapa orang baik di sosial media ataupun di kehidupan nyata saya. Banyak sekali orang yang kalau diberitahu tidak mau mendengarkan. Bahkan mereka justru mengelak atau pasang proteksi perlindungan diri dengan sangat ketat meskipun apa yang kita sampaikan adalah bersifat membangun.

Orang yang benar-benar cerdas tidak akan bertindak demikian. Mereka akan mendengarkan apa yang orang lain katakan, kemudian melakukan evaluasi diri. Jika pun ada yang kurang tepat mereka akan sampaikan dengan memberikan solusi, itupun setelah mereka mendengarkan terlebih dahulu orang lain berbicara.

Untuk itu dalam artikel ini saya akan bahas tentang orang bodoh yang sok pintar. Artikel ini saya buat melalui beberapa sumber web-web seputar psikologis.

Ciri-Ciri Orang Bodoh yang Sok Pintar

1. Merasa Tau Akan Segala Hal

Orang yang sok pintar ini memang sudah memprotek dirinya bahwa ia tau akan segala hal. Mereka menganggap bahwa dirinya memang tau semuanya, ia sendiri yang mengakui hal tersebut. Ketika ada orang berbicara ia akan langsung menanggapi dengan angkuh bahwa dirinya juga tau akan hal tersebut bahkan lebih tau dari kita.

2. Tidak Bisa Terima Kritik dan Saran

Ini adalah ciri-ciri yang kedua. Mereka ini bisa dikatakan anti kritik dan saran meskipun itu bersifat membangun. Ketika mereka menerima kritik maka mereka akan berusaha sebisa mungkin untuk mematahkan kata-kata kritik dan saran tersebut. Hingga akhirnya mereka merasa menang karena lawan bicara sudah malas untuk berdebat dengan orang ini.

3. Selalu Show Off Tentang Hal yang Ia Ketahui

Nah Anda pasti pernah nih ketemu teman atau orang seperti ini. Mereka selalu memamerkan skill yang ia punya. Meskipun itu sebenarnya baru saja ia ketahui dan sama sekali belum ada pemahaman lebih dalam kesana.

Sebenarnya dia ini baru tau dasarnya saja. Tapi mereka berbicara seolah mereka benar-benar sudah menguasai hal tersebut.

Saya pernah ni diajak mantan guru saya saat sekolah SMA dulu. Jadi beliau menceritakan bahwa beliau punya Channel Youtube. Kemudian beliau berkata bahwa beliau ini bisa gajian dari Youtube ya lumayan lah bisa tari 500-700 perbulan dari Google Adsense kata dia.

Saya yang kebetulan juga main di Youtube sekaligus Blogger hanya bisa terdiam. Kemudian saya bertanya pada beliau. Bukannya gaji dari Google Adsense baru bisa diambil setelah memenuhi ambang batas pembayaran ya pak?

Kemudian beliau berkata, tapi saya memang perbulan tarik uang segitu dari Adsense.

Ya sudahlah dalam pikiran saya sambil mengangguk-anggukan kepala.

Mereka ini memang selalu haus akan pujian dari sesuatu yang ia ketahui bahkan meskipun baru tau kulit luarnya doang.

4. Sering Meremehkan Ilmu Orang Lain

Ini masih mirip-mirip si dengan yang sudah kita bahas diatas. Orang-orang seperti ini selalu menganggap dirinya lah paling tau akan segala hal. Sehingga mereka secara sadar ataupun tidak sadar selalu menganggap bahwa orang lain punya ilmu dan pengetahuan lebih dangkal dari dirinya.

5. Sifat Egois yang Tinggi

Ini puncaknya. Mereka-mereka ini mempunyai ego yang sangat tinggi. Tidak bisa menerima kritik dan saran, selalu merasa paling benar dan anjing!

Sumpah saya ini sambil emosi lho ngetik artikel ini. Sebab saya pernah berbicara dengan orang seperti ini dan saya sama sekali tidak ada kesempatan untuk menyampaikan pendapat hingga selesai.

Mereka benar-benar akan melakukan pertentangan saat ada saran dan kritik dari orang lain.

Nih tambahan, tonton videonya hingga selesai.

Mungkin itu saja dulu artikel kali ini. Jadikan artikel ini evaluasi diri, apakah diri kalian juga seperti itu? Tapi saya pikir tidak, karena Anda memanglah yang paling benar sejagat raya.