6 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Selain AdSense

Untuk kamu yang baru mulai main Youtube pastinya tau dong kalau dari Youtube sendiri kamu bisa menghasilkan uang. Dimana Youtube sendiri memang akan membayar para konten kreatornya melalui kerja sama mitra (Adsense).

Oke kali ini kita masuk ke topik yang benar-benar menarik yaitu ngomongin DUIT. Entah kenapa saya sendiri ketika sedang ngomongin duit bawaannya semangat gitu. Apakah kamu juga demikian? Saya rasa hampir semua orang kalau di ajak ngomongin duit semangatnya akan meningkat secara otomatis.

Saya sendiri nggak mau munafik, bahwa awal saya membangun blog, membuat channel youtube bersama istri, motivasi pertama saya adalah dapat duit. Meskipun banyak orang yang bilang kalau bangun blog ataupun youtube itu jangan semata-mata karena duit. Ah fak men! Pasti juga dia sendiri ujung-ujungnya duit.

Sedikit cerita. Awalnya saya pikir menghasilkan uang dari youtube hanyalah dengan melalui bergabung bersama Adsense. Ya memang faktanya ini adalah yang paling banyak digunakan oleh para konten kreator.

Namun tau kah kamu?

Penghasilan ini bisa kita ibaratkan sebagai kaki meja. Jika sebuah meja hanya memiliki satu kaki, begitu patah maka meja tersebut sudah tidak memiliki kaki dan akhirnya rubuh. Begitupun dengan penghasilan kita.

Tapi jika sebuah meja memiliki 4 kaki, ketika satu kakinya patah maka masih ada 3 kaki yang akan membantu menopang meja tersebut untuk tetap berdiri. Sampai sini mudeng dong ya apa yang saya omongin.

Dan berikut ini adalah cara menghasilkan uang selain dari adsense.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Selain AdSense

1. Re Upload Video Youtube ke Facebook

Mungkin akan muncul beberapa pertanyaan seperti ini.

Emang boleh ya reupload video youtube ke facebook?

Boleh, asalkan di berikan sedikit bumbu.

Begini caranya.

Silahkan ambil mentahan video yang kamu upload ke youtube. Kemudian kamu edit ulang videonya. Edit yang simple simple saja, watermark dan musik misalnya, bedakan dengan yang ada di youtube. Dengan begitu video kamu sudah menjadi sebuah video baru yang siap kamu upload ke facebook.

Untuk mendapatkan uang dari facebook melalui unggah video, kamu bisa menontonnya di youtube. Sudah sangat banyak tutorial bertebaran disana.

2. Jual Foto Hasil Pembuatan Video ke Microstock

Ketika kamu membuat sebuah video, biasanya akan ada hasil hasil foto yang kamu dapatkan dari proses pembuatan video tersebut.

Contohnya saya membuat video tentang cara membuat kue pie. Nah setelah jadi, maka kue pie tersebut akan saya foto-foto untuk di simpan. Dari pada hanya di simpan saja lebih baik kamu menjual hasil foto kamu tadi ke microstock seperti shutterstock dan lain-lain.

Dengan menerapkan dua cara ini saja, satu kali produksi saja kamu sudah bisa menghasilkan dari 3 sumber sekaligus. Yaitu dari Youtube, Facebook dan jual foto di microstock.

3. Lewat Afiliasi

Nah yang ketiga ini bisa dikatakan kerjanya cukup santai.

Apa itu Afiliasi?

Program afiliasi adalah program yang memungkinkan Kamu untuk mendapatkan komisi apabila Kamu berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk.

Jumlah dari komisi yang bisa Kamu dapatkan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang Kamu ikuti. Misalnya, Amazon yang menawarkan komisi hingga 10%.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Silahkan kamu daftar terlebih dahulu ke situs-situs afiliasi, shopee affiliate misalnya.

Kemudian silahkan tentukan produk yang ingin kamu jual. Buat video yang bersangkutan dengan produk afiliasi yang akan kamu jual. Ambil linknya, dan letakkan di kolom deskripsi video.

Nah ketika ada yang klik link kemudian melakukan pembelian produk melalui link afiliasi kamu tadi, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Ya sesimple itu. Untuk lebih jelasnya mungkin kamu bisa menonton video tentang cara bisnis afiliasi yang juga sudah beredar banyak di youtube. Disini saya tidak akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara kerja cara-cara yang sudah saya berikan diatas. Saya berikan gambaran saja, dan silahkan cari tau lebih dalam sendiri.

4. Endorse

Ini mungkin hanya berlaku ketika channel youtube kamu sudah memiliki banyak penonton dan subscriber.

Kamu bisa membuka endorse. Disini biasanya kamu akan disuruh untuk mempromosikan suatu prodak yang bisa kamu gabungkan dengan video kamu. Biasanya diletakkan di awal video atau setelah opening video.

Bayaran dari endorse sendiri berbeda-beda. Tergantung dari kesepakan kamu dan si pemilik produk.

5. Channel Memberships

Cara ini masih tergabung dengan internal Youtube. Beberapa waktu lalu Youtube telah mengeluarkan sebuah fitur baru yakni memberships.

Jika kamu memang produktif dalam membuat video dan memiliki banyak subscriber serta video-video yang kamu upload ditonton banyak orang jangan ragu untuk mengaktifkan fitur ini.

Nah disini beberapa subscriber kamu akan membayar biaya bulanan untuk mendapatkan konten eksklusif dari kamu. Jadi konten eksklusif sendiri adalah sebuah konten yang hanya bisa di akses oleh para subscriber yang telah membayar member bulanan.

Jika memang konten kamu menarik saya pikir para pelanggan juga tidak akan ragu untuk bergabung dengan memberships channel kamu.

Sama dengan program partner, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk dapat mengaktifkan fitur ini, antara lain:

  1. Berusia minimal 18 tahun
  2. Harus berasal dari negara yang sudah memiliki program ini
  3. Bukan channel khusus untuk anak-anak
  4. Minimal memiliki 30.000 pelanggan untuk channel umum atau 1.000 untuk kanal gaming
  5. Sudah mengaktifkan YouTube Partner Program
  6. Tidak memiliki banyak video yang diklaim pihak lain. Misalnya karena menggunakan musik tertentu yang memiliki copyright

Nantinya para subscriber yang sudah membayar akan mendapatkan fitur-fitur menarik seperti badges sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Mereka pun bisa mengakses fitur video eksklusif, live chat, hingga emoji.

Namun perlu diingat, ketika kamu sudah mengaktifkan fitur ini dan banyak yang bergabung. Manjakan mereka dengan konten-konten eksklufis yang berkualitas sehingga mereka betah untuk mempertahankan memberships nya.

6. Jualan Merchandise

Ketika kamu sudah memiliki banyak pelanggan di channel youtube kamu. Kamu bisa mulai untuk membuat produkmu sendiri kemudian promosikan di channel youtube kamu sendiri.

Kamu bisa membuat produk dengan merek kamu sendiri, bisa pakaian, tote bag, phone case, buku catatan, dan lain sebagainya.

Ini akan menjadi sumber penghasilan yang sangat menguntungkan.

Tapi ingat, kamu perlu cek arus terlebih dahulu apakah produk kamu ini nanti bakal laku banyak atau tidak. Jangan menumpuk stok banyak sekaligus. Coba untuk membuat sedikit stok saja, jika laku tambah stok lagi.

Mungkin itu saja artikel tentang Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Selain AdSense. Mudah-mudahan artikel ini memberikan manfaat untuk kamu yang sudah membacanya.