Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghemat Baterai Android Paling Benar

Smartphone Android seakan sudah menjadi bagian terpenting dalam sehari-hari. Namun pasti Anda sendiri juga merasa sangat kesal ketika akan menggunakan hp eh tau-tau baterainya hampir habis.

Nah dalam artikel ini saya akan berikan beberapa tips supaya baterai Android menjadi lebih awet dan tahan lama.

Namun sebelum menuju tipsnya saya akan berikan beberapa permasalahan yang biasanya menguras baterai Android Anda.

Hal yang Membuat Baterai Android Menjadi Boros

1. Kapasitas Baterai

Tidak bisa dipungkiri baterai Android dengan kapasitas kecil memang akan terasa lebih boros. Terlebih ini adalah perangkat Android yang harus menjalankan aplikasi system meskipun hp dalam keadaan tidak digunakan. Seperti menjalankan akses notifikasi dari beberapa aplikasi seperti whatsapp, facebook dan aplikasi lainnya.

Tentu saja baterai dengan kapasitas yang kurang besar akan terkuras cukup cepat.

2. Banyak Aplikasi Berjalan

Seperti yang sudah saya singgung di atas, banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang membuat android harus tetap bekerja meskipun sedang tidak digunakan. Hal ini berguna untuk memaksimalkan kinerja dari aplikasi itu sendiri. Seperti memberikan notifikasi tepat waktu dan lain hal sebagainya.

3. Kecerahan Layar Otomatis

Nah menggunakan kecerahan layar otomatis juga dapat membuat baterai Android menjadi lebih boros. Sebab Android akan secara pintar mengatur kontras layar secara otomatis di kondisi dan ruangan tertentu.

4. Umur Baterai

Umur baterai juga sangat berpengaruh terhadap ketahanan dari baterai itu sendiri. Semakin baterai Anda berumur maka akan semakin jelek pula kinerja yang diberikan.

Cara Menghemat Baterai Android

Dan selanjutnya saya akan berikan beberapa tips menghemat baterai Android untuk Anda semua yang sedang membaca artikel ini.

1. Matikan Kecerahan Otomatis

Diatas saya sudah sedikit menyinggung fitur kecerahan otomatis yang terdapat pada Smartphone Android. Memang ini mempermudah kita dalam mengatur kecerahan layar. Sebab layar akan otomatis mengikuti kondisi cahaya tempat Anda berada.

Tapi dalam beberapa kasus kecerahan layar ini juga tidak bagus-bagus amat kok. Saya sering menemui kecerahan otomatis ini bekerja tidak begitu baik. Kadang terlalu over cerah dan kadang juga over gelap. Jadi menurut saya cara manual untuk mengatur kecerahan layar Android masih menjadi yang terbaik.

2. Kurangi Aplikasi

Semakin banyak aplikasi yang Anda install di Android anda maka akan semakin berat juga kinerja dari Android itu sendiri.

Terlebih jika aplikasi yang Anda install merupakan aplikasi yang akan tetap berjalan di latar belakang seperti Instagram, facebook, whatsapp dan lain-lain yang membutuhkan sebuah akses notifikasi.

Jadi saya sarankan untuk mengurangi aplikasi yang tidak begitu penting untuk Anda. Atau Anda juga bisa mengakses melalui browser itu lebih hemat. Hemat tempat dan juga hemat baterai pastinya.

3. Lakukan Pengisian Daya Baterai dengan Benar

Jangan melakukan pengisian daya saat hp sedang digunakan. Baik sekedar untuk main sosmed ataupun bermain game.

Hal ini akan menyebabkan umur baterai menjadi lebih pendek dan lama kelamaan baterai juga akan menjadi boros bahkan sangat boros.

4. Matikan Wifi & Data Seluler

Untuk menghindari aplikasi berjalan dilatar belakang salah satunya adalah dengan mematikan koneksi Internet. Sebab ada beberapa aplikasi yang memang membutuhkan akses Internet untuk terus dapat berjalan dilatar belakang.

Solusinya adalah dengan mematikan koneksi Internet baik melalui wifi atau data seluler saat hp sedang tidak digunakan.

5. Menggunakan fitur Hemat Baterai

Disetiap Samrtphone Android kini sudah terdapat fitur canggih yakni hemat baterai atau Battery Saver. Fitur ini berguna untuk menjaga konsumsi batera dari aplikasi-aplikasi yang ada sehingga tidak over dalam menggunakan daya baterai itu sendiri.

Namun perlu dicatat juga bahwa ketika fitur ini diaktifkan, akan ada beberapa fitur dari smartphone yang tidak bisa bekerja secara maksimal. Tapi jika tujuannya memang untuk menghemat baterai, saya rasa fitur ini baik-baik saja untuk digunakan.

6. Ganti Baterai

Ketika ke enam cara diatas sudah tidak mampu untuk menghemat masa pakai baterai Anda. Mungkin memang baterai Anda sudah waktunya untuk diganti. Bisa jadi karena umur baterai sudah tua atau baterai sudah kembung.

Solusi terakhir adalah ganti baterai dengan baterai yang bagus kemudian terapkan lagi cara diatas setelah baterai diganti.

Ricky
Ricky Halo gan nama saya Ricky. Saya adalah seorang pemuda kampung yang sangat minat mengikuti perkembangan teknologi.

Posting Komentar untuk "Tips Menghemat Baterai Android Paling Benar"