Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan DA Blog dengan Cepat

Apa yang Anda kejar sebagai seorang Blogger? Apakah hanya sekedar hobi saja atau menjadikan blog sebuah sumber penghasilan?

Apapun alasan Anda, setiap orang menuliskan kata demi kata di Internet pastinya ingin dibaca oleh banyak orang. Terlebih jika Anda menargetkan blog Anda menjadi situs yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan.

Cara Meningkatkan DA PA Blog

Nah di artikel kali ini saya akan bahas sesuatu yang berhubungan erat dengan blog yakni, Domain Authority.

Sebagai seorang blogger pastinya Anda pernah dengar lah ya apa itu Domain Authority (DA Blog). Ya pasti pernah dengar, buktinya Anda sedang membaca artikel ini.

Apa itu DA Blog (Domain Authority)?

Domain Authority (DA) adalah sebuah angka yang dikembangkan oleh salah tools SEO terpopuler yakni MOZ. Angka ini nantinya akan menjadi acuan peringkat atas peringkat suatu web atau blog di mesin penelusur. Nah skala angka yang diberikan ini mulai 1-100.

Jadi semakin tinggi nilai DA suatu web atau blog, maka akan semakin tinggi pula peluangnya untuk masuk ke halaman pertama mesin pencarian.

Memang belum ada informasi pasti bahwa nilai DA semakin tinggi maka akan semakin mudah untuk naik ke peringkat utama mesin pencarian. Namun faktanya, rata-rata yang masuk ke halaman pertama mesin pencarian adalah artikel dari sebuah web atau blog dengan nilai DA yang tinggi.

Tapi tetap saja, terkadang memang nilai dari DA sendiri tidak dapat dijadikan patokan utama untuk suatu artikel bisa bersaing di halaman mesin pencarian. Sebab skor DA sendiri hanyalah merupakan prediksi semata. Dan Google sendiri tidak menggunakan matrik ini untuk mengukur kualitas artikel dan menjadikannya berhak ada di halaman pertama pencarian miliknya.

Selain angka DA blog, ada juga yang namanya PA blog.

Apa itu Page Authority (PA) blog?

Page Authority adalah skor yang juga dikembangkan oleh tools SEO populer yakni Moz untuk menunjukkan peluang ranking halaman website di mesin pencari. 

Nah skala dari skor PA ini juga berlaku antara 1-100, sama dengan skor pada DA. Semakin tinggi angka skor PA nya, maka semakin tinggi pula peluang halaman website atau blog bisa berada di peringkat tinggi mesin pencari.

Bagaimana Cara Cek DA Blog dan Website?

Setelah Anda mengetahui apa itu DA blog, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara cek DA blog atau website.

  • Untuk bisa cek DA, Anda bisa mengunjungi link tools Moz di https://analytics.moz.com/
  • Kemudian silahkan masukkan alamat website atau blog pada kolom analisis. Di contoh ini saya memasukkan alamat blog Panduanajib. Kemudian, klik Analyze. Maka hasilnya akan segera muncul.

Domain Authority Panduanajib

Jika Anda lihat, skor Domain Authority milik Panduanajib adalah 7 dan belum menyentuh 10 besar. Sungguh miris memang. Hal ini mungkin disebabkan minimnya konten berkualitas di blog Panduanajib ini.

Namun saya tidak menyerah. Justru hal ini membuat saya lebih semangat lagi untuk membuat konten bermanfaat di blog ini. Sebab selain Adsense ada target lain yang harus saya kejar. Ya minimal dapat-dapat DA 10 lah, hehe.

Faktor yang Menentukan Skor Domain Authority

Setelah saya baca kesana kemari, mencari informasi terakurat mungkin, akhirnya saya menemukan bahwa ada beberapa hal yang bisa menentukan skor domain authority ini. Nah faktor-fakti tersebut adalah sebagai berikut ini.

  • Backlinks yang berkualitas – satu backlink dari website populer jauh lebih unggul ketimbang dua backlink dari website berkualitas rendah. Jadi, pastikan Anda tidak hanya memperhitungkan dari segi kuantitas / jumlah backlink. Tapi juga kualitasnya. Tips mendapatkan backlinks berkualitas bisa Anda simak di halaman ini.
  • Jumlah referring domain yang tinggi – mendapatkan dua backlink dari dua website berbeda akan lebih menunjang skor DA — daripada memperoleh banyak jumlah backlink dari website yang sama.
  • Kualitas konten – konten merupakan faktor utama dari SERP. Jadi, tidaklah heran mengapa kualitas konten pada website juga mempengaruhi skor pada DA.
  • Social signals – Domain Authority menilai popularitas website melalui social signals atau engagements seperti jumlah share, like dan comment. 
  • Search Engine Friendliness – Search Engine Friendliness adalah kualitas struktur keseluruhan website. Faktor ini penting dalam pemberian skor DA. Ia akan menilai apakah penggunaan website bersifat user friendly atau tidak.

Sampai disini mungkin Anda akan bertanya-tanya. Sebenarnya DA blog ini penting tidak si?

Maka dengan tegas saja akan menjawab PENTING!

Sebab nilai Domain Authority sendiri diciptakan sebagai pembanding website atau blog Anda dengan kompetitor Anda. Dimana jika nila DA blog Anda lebih kecil dari kompetitor, berarti Anda perlu melakukan evaluasi terhadap blog Anda. Bagaimana caranya akan nilai DA blog saya tidak kalah dengan blog milik dia.

Cara Meningkatkan DA Blog

Setelah kita membaca pengertian tentang DA yang cukup panjang diatas. Kini kita masuk ke cara meningkatkan da blog yang benar.

1. Tingkatkan Kualitas Konten

Dalam sebuah website ataupun blog terdapat suatu fakta yang mungkin Anda juga sudah sering mendengarnya. Content is King atau konten adalah raja.

Itu memang benar adanya. Semakin baik kualitas konten Anda, semakin luar penjabarannya maka akan memiliki nilai yang semakin baik. Entah itu untuk mesin pencarian ataupun untuk para pembaca.

Balut konten sebaik mungkin. Dari mulai pengertian, fungsi hingga solusi.

Konten berkualitas juga biasanya mengusung banyak media. Seperti gambar dan video yang bisa membantu pembaca Anda untuk lebih memahami isi dari artikel Anda.

Lakukan riset, baca beberapa artikel yang ada di halaman pertama Google. Kemudian cari titik lemahnya. Anda bisa menambahkan informasi tambahan yang tidak ada di website atau blog tersebut. Ini akan menjadikan artikel Anda terlihat berbeda dan lebih lengkap.

Gunakan pula bahasa dan penulisan kalimat dengan jelas supaya pembaca dapat memahami dengan baik isi artikel Anda.

2. Optimasi SEO On-Page

Tidak bisa dipungkiri memang, melakukan Optimasi SEO On-Page merupakan salah satu fondasi untuk menjadikan web atau blog Anda menjadi lebih berkualitas. Selain itu, Optimasi SEO On-Page juga menjadikan pendukung Google untuk meletakan halaman Anda di urutan pertama mesin pencarian miliknya.

Dengan mengotimalkan Optimasi SEO On-Page maka akan memudahkan Google untuk menilai kualitas halaman Anda. Apakah sudah kira-kira artikel Anda sudah relevan dengan permintaan para user atau belum.

Mungkin Anda juga sudah sering mendengar istilah Optimasi SEO On-Page. Dan ketika Anda mencarinya di Google akan banyak sekali bermunculan tentang tips dan triknya yang mengkin saja justru membuat Anda menjadi tambah pusing.

Untuk itulah disini saya akan memberikan beberapa Optimasi SEO On-Page yang memang penting untuk dilakukan.

Update konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengguna.

  • Optimasi judul, meta tags, meta title dan description.
  • Headings dan subheadings yang terstruktur (H1, H2, H3 dan seterusnya) pada setiap konten.
  • Penggunaan keyword senatural mungkin dan menghindari keyword stuffing.
  • Optimasi video, foto dan media lainnya di setiap konten.
  • Menambahkan internal links ke halaman lain.
  • Permalink yang sederhana.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel saya tentang Belajar SEO On Page Untuk Pemula.

3. Optimasi SEO Off-Page

Anda sudah mengoptimalkan SEO On-page dengan semaksimal mungkin. Namun Anda melupakan SEO Off-pagenya, itu benar-benar akan menjadi hal yang kurang maksimal atau bahkan bisa dikatakan cukup sia-sia. Ibarat Anda bermain PUBG tapi hanya pakai headset sebelah saja, bingung. Dan ini sama halnya dengan kedua teknik optimasi SEO ini, keduanya harus digunakan.

Sedikit penjelasan. SEO on-page adalah mengoptimalkan dari dalam website. Sedangkan Off-page adalah optimasi SEO diluar website itu sendiri.

Salah satu optimasi SEO off-page adalah dengan melakukan link building.

Apa itu link building?

Link building adalah sebuah teknik untuk mendapatkan backlinks. Sederhananya kita membutuhkan website lain yang mengarahkan link ke website kita.

4. Promosikan Konten

Setelah melakukan ke tiga hal diatas, Anda perlu melakukan yang namanya promosi. Penjual mempromosikan produknya, dan konten adalah salah satu produk yang kita miliki. Jika ingin cepat laku, ya lakukan promosi.

Anda bisa melakukan promosi konten ke berbagai media sosial Anda. Misalnya di facebook, carilah grup facebook yang berhubungan dengan konten Anda. Bergabung kedalamnya, dan promosikan konten Anda disana.

Dengan demikian konten Anda akan lebih cepat diterima oleh user yang membutuhkan. Atau lebih tepatnya konten kita akan langsung di lihat oleh orang tertarget.

5. Update Artikel Lama

Melakukan update pada artikel yang telah lama di publis juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan peringkat dari artikel itu sendiri. Sebab memang biasanya ada beberapa artikel yang di dalamnya terdapat beberapa tutorial yang mungkin sudah tidak relevan di hari ini.

Selain merubahnya, Anda juga bisa menambahkannya dengan isi yang lebih segar. Sehingga konten Anda tidak ketinggalan jaman.

Ketika setelah konten di update maka Google akan merayapi ulang konten tersebut. Dan hal ini bisa menjadikan acuan pada Google untuk meningkatkan posisi halaman Anda. Ketika posisinya naik, maka ini akan membantu pula dalam progres menaikkan DA blog.

6. Mengatasi Duplikat Konten

Duplikat konten ini sangat sering kali terjadi pada suatu halaman dengan halaman web atau blog milik orang lain. Hal ini akan berakibat buruk pada kesehatan blog itu sendiri. Sebab robot Google sendiri akan cukup kebingungan mau naikin konten yang mana.

Untuk memperbaiki duplikat konten ini Anda tidak perlu menghapus artikelnya. Cukup tambahkan struktur yang membuat artikel Anda berbeda dengan pesaing. Atau Anda juga bisa membuat membuat canonical link untuk membedakan mana konten asli dan mana konten yang ingin ditingkatkan di mesin pencari.

7. Mempercepat Loading Blog

Mempercepat loading blog juga menjadi faktor penunjang SEO dan dalam proses peningkatan DA blog. Sebab jika blognya lebih ringan maka akan lebih SEO, ketika blog SEO maka artikel akan mudah naik, nah ketika artikel lebih mudah naik maka nilai DA nya pun akan naik juga.

Sebagai referensi saya sudah membuat artikel tentang Cara Mempercepat Loading Blog Agar Lebih SEO.

Selain dengan cara diatas, Anda juga bisa memadukan cara tersebut dengan memilih template blog yang sudah SEO serta ringan. Untuk itu saya merekomendasikan template buatan mas sugeng. Anda bisa memilih templatenya di Template Blogger Premium Terbaik dari Sugeng.id.

Disini saya tidak mendapatkan apapun dari mas sugeng. Memang template-template milik beliau ini saya rasa pantas untuk direkomendasikan, maka saya masukan dalam artikel ini.

Saya juga tidak memaksa Anda untuk membeli template milik beliau. Anda bisa cari template-template lain yang juga bagus dan seo seperti milik arlinadzgn.

8. Membuat Artikel Baru dengan Rutin

Membuat konten baru secara rutin setiap harinya juga akan mempermudah Anda dalam menaikan DA blog. Sebab dengan adanya konten fresh secara rutin ini juga akan mendorong pertumbuhan blog dari segi isi maupun pengunjung.

Lebih banyak artikel yang terindeks oleh Google, maka akan meingkatkan pengunjung. Semakin banyak pengunjung ini juga akan meningkatkan popularitas blog atau web Anda. Dengan begitu DA web atau blog akan terus naik. Dan ini akan berdampak besar bagi keberlangsungan web atau blog Anda.

Penutup

Saya sangat menyarankan untuk Anda secara rutin melakukan pengecekan nilai DA blog Anda. Mengapa?

Karena ini akan memberikan Anda informasi tentang seberapa pesat peningkatan blog Anda.

Namun Anda juga tidak perlu terlalu fokus dengan nilai ini. Sebab dari awal juga saya sudah mengatakan bahwa ini hanyalah nilai pembanding antara blog Anda dengan blog lainnya.

Dari situ Anda bisa melihat nilai blog Anda dengan blog lainnya. Kalau saya si ketika melihat nilai blog saya lebih rendah, maka saya akan usahakan untuk mengejar blog pesaing saya.

Ricky
Ricky Halo gan nama saya Ricky. Saya adalah seorang pemuda kampung yang sangat minat mengikuti perkembangan teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan DA Blog dengan Cepat"