Nokia 105 SIM 1 Tidak Terbaca

Masuk sebuah servisan hp dengan kasus Nokia 105 SIM 1 Tidak Terbaca. Usut punya usut ternyata hp nya habis kena air akibat hujan, itulah penjelasan sang user.

Langsung saja masuk ke dalam lakukan pengecekan secara bertahap.

Langkah awal coba ganti dengan simcard yang normal milik saya, hasilnya sim masih tidak terbaca. Cek imei ternyata imei masih sehat walafiat.

Lanjut bongkar hp, angkat mesin. Ternyata cukup banyak jamurnya, lumayan bisa disayur untuk bikin dapur ngebul.

Sikat bersih dengan menggunakan cairan serba guna (tiner). Setelah bersih coba trawang lagi jalur-jalur pada sim1. Ternyata terlihat ada hubungan LDR di jalur sim1 nokia 105 ini.

Dengan cukup keyakinan saya coba untuk mempersatukan mereka kembali. Ambil kabel jumper dan lakukan jumper sim1 nokia 105 sim tidak terbaca seperti gambar dibawah ini.

Jalur SIM 1 Nokia 105

Dan Alhamdulilah masih diberikan kemudahan untuk mempersatukan mereka kembali. Dengan sedikit tarikan kabel jumper, akhirnya sim 1 nokia 105 tidak terbaca bisa kembali terbaca dengan memunculkan bar sinyal yang luber luber.


Kasus boleh sama, namun terkadang membutuhkan penanganan yang berbeda. Semoga artikelnya bermanfaat, dan salam solder panas untuk seluruh tuser di Indonesia.