Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi VIVO Y81 Mati Total

Hari ini masuk hp VIVO Y81 Mati Total. Untuk penangan kasus matot sendiri memang bermacam-macam, semua tergantung pada analisa kerusakan masing-masing. Dan untuk itulah disini saya akan beberkan analisa dalam pengangan kasus kali ini.

BRAND /TYPE : VIVO Y81

KASUS : MAT TOTAL

PENANGANAN

Cek amper dari usb, ternyata tidak naik. Saat colok charger ke hp amper tetap di angka 0.00A. Kemudian coba lakukan tembak batrai ternyata batrai masih full. Kemudian coba cek tanpa batrai, hidupkan hp dengan power supply, ternyata tidak ada pergerakan sama sekali.

Sebelum vonis ic power nya, saya jadi keinget yang lagi viral, alhamdulilah akhir nya kebagian juga.

Solusinya adalah,

Change / ganti / reball  Ic clock /Oscilator.

Akhirnya done nota suka.


Sedikit penjelasan .semoga bermanfaat.

Apa Itu Real Time Clock / Crystal Clock

Real Time Clock / Crystal Clock (RTC 32,768kHz)

Kemarin ada yang nanya fungsi RTC yah? Saya akan coba jelaskan sedikit sesuai pengetahuan saya dan tidak ke arah konsep dan rumus yang njlimet ala Gugel atau WikiPedia 😁

RTC adalah satu diantara dari sekian banyak pembangkit sinyal clock/pewaktu digital. RTC ini berfungsi layaknya pengaba-ngaba saat gerak jalan agar langkah kaki bisa serentak dan teratur. 

Kenapa semua peripheral/peralatan elektronik digital butuh clock? Ya karena ada DSP (Digital Signal Processing) yg di proses oleh SoC (kalo di smartphone dikenal CPU) untuk membentuk baris perintah yg programmable. 

Maksudnya? Ya ga mungkin kan manusia paham bahasa mesin yg cuman berisi 0 dan 1. Maka angka 0 dan 1 tersebut harus dikonversi menjadi HEXA Decimal (16 digit) untuk bisa "dicerna" bahasa pemrograman modern.

Lalu kenapa harus bekerja pada frekuensi 32,768kHz? Ya karena DSP butuh "buffer" untuk menampung angka binary bahasa mesin untuk didecode ke angka HEXA. 32768 adalah hasil dari 2 pangkat 15, jadi 15 ini mewakili bilangan HEXA.

Loh katanya HEXA itu 16 digit kok ini cuman pangkat 15? Ya semua perhitungan matematis programming dimulai dari 0, jadi 0-15 dianggap 16 digit kan?

Lalu apa yg menyebabkan mesin no respon saat Clock ini tidak bekerja? Saya akan batasi konteksnya hanya di smartphone yah. Perlu diingat! Muara kerja smartphone ada pada CPU, dan didalam CPU ada penjaga yg namanya WatchDog System, yaitu sebuah bagian dari CPU yg menjaga jika terjadi kesalahan request dan respond terhadap CPU, bahasa kerennya "error handling protocol". WD system inilah yg kasih flag "halt on process" (HOP) dan memberikan perintah No Operation (NOP) saat ada kesalahan. Ketika mulai init process akan ada flag Jump if not Zero (JNZ) untuk mulai proses data dari storage.

Kesimpulannya RTC ini berbeda dengan RF clock 26,8 Mhz pada smartphone, apalagi 31,5 KHz untuk MIDI ringtone. RTC lebih spesifik dalam fungsinya sehingga menentukan Error Correction Check (ECC) pada DSP. Saking vitalnya bagian ini, tidak diijinkan bagian IC lain untuk aktif oleh CPU, dan akibat itulah Smartphone menjadi no respon

semoga barokallah

jangan lupa setiap pekerjaan done sisihkan kpd anak yatim piatu atau masjid terdekat, atau yg bner2 tidak mampu, insyallah lancar rejeki dan pekerjaan kita semua nya...

salam sukses tanpa batas.

Ricky
Ricky Halo gan nama saya Ricky. Saya adalah seorang pemuda kampung yang sangat minat mengikuti perkembangan teknologi.

3 komentar untuk "Mengatasi VIVO Y81 Mati Total"

  1. sorry om mau nanya kalo cabut oscillator itu bisa ngaruh ke sinyal, wifi, bluetooth dan gak bisa kedetek di PC gak ya?

    BalasHapus
  2. sorry om mau nanya kalo cabut oscillator itu bisa ngaruh ke sinyal, wifi, bluetooth dan gak bisa kedetek di PC gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya jangan di cabut om. Panasi saja kalau emang dapat kasus matot seperti diatas. Atau kalau dipanasi masih belum hidup bisa diganti sekalian.

      Hapus