Mengatasi Motor Susah Hidup Saat Diengkol

Ada kalanya dimana kita merasa cukup jengkel ketika motor susah hidup saat diengkol. Bukan hanya Anda atau mereka yang merasakan hal tersebut, saya sendiri pun demikian. Kadang sampai merasa sangat lelah mengengkol motor namun mesin tak kunjung hidup juga.

Motor engkol atau motor yang menyalakan mesinnya dengan kick starter masih cukup digemari. Ada beberapa kasus mesin motor tersebut sulit menyala saat diengkol.

Banyak indikasi motor yang engkol sulit menyala salah satu penyebabnya kurang bertenaga ketika mengengkol atau mengayuhnya.

Ketika sudah diengkol juga namun tidak mudah menyala tandanya perlu dicek pengapian untuk starting apakah normal atau tidak. Kemudian cek kualitas aki karena pasokan listrik awal itu dari aki untuk pengapian, dan cek choke otomatis apabila motor Anda menggunakan choke otomatis.

Bila ragu, bawa motor ke bengkel terpercaya kemudian cek bagian kelistrikan. Dan pengapian awal starting serta akinya.

Namun selain hal-hal diatas, ada beberapa motor susah hidup diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Tegangan Aki Lemah

Masalah ini bisa terjadi untuk jenis motor apapun, aki yang merupakan komponen penyimpanan arus listik, tugasnya akan menyuplai kebutuhan listrik sewaktu proses starting. Biasanya, baterai motor mempunyai tegangan 12 volt. Apabila kurang akan terjadi aki soak maupun low battery. Normalnya, tegangan 10 – 12 volt.

Ketika teganagn baterai lemah maka putaran starter akan lebih melambat. Sedangkan agar dapat terjadi pembakaran, proses engkol harus dapat berputar berkisar 450 RPM jika kurang dari itu, mesin tidak dapat hidup.

Seringnya, aki lemah juga akan berdampak seperti pencahayaan yang kurang terang, lamou rem berkedip terlaalu cepat sampai klakson yang sember.

Jika kejadian tersebut terjadi, maka bisa menggunakan kick starter dan biarkan mesin menyala dahulu sampai beberapa menit supaya terjadi proses pengisian. Hal lain yang mesti diperhatikan yaitu kiprok. Kiprok bertugas sebagai regulator altenator / pengisian daya baterai. Jika komponen tersebut rusak mengakibatkan tegangan baterai akan terjadi drop.

Ada Korsleting Di Sistem Starting

Short circuit / hubungan singkat arus listrik merupakan penyebab utama kerusakan pada starter. Biasanya terjadi di terminal 30 starter yang letaknya berdekatan pada logam mesin yang menghubungkan massa aki.

Untuk mengetahuinya, umumnya ada bekas terbakar / hitam di area tersebut. Motor starter pun cenderung mati langsung karena fase / sekering starter terputus.

Solusinya yaitu harus menemukan area yang sedang korsleting, caranya tinggal buka dan bersihkan dari kerak / bekas terbakar tersebut, lalu pasang kembali pada posisi yang tak berdekatan. Dapat juga dengan menambahkan penyekat guna memastikan korsleting tak terjadi lagi.

Tahanan Kabel Busi Melonjak

Kabel busi merupakan kabel yang memiliki ukuraan besar yang menghubungkan coil ke cop busi. Fungsi kabel busi ini menyalurkan listrik tegangan tinggi dari coil, sehingga tahanan kabelnya mempengaruhi tegangan akhir yang akan masuk ke busi.


Ketika tahanan / hambatan kabel busi melonjak, listrik yang masuk ke dalam busi jadi semakin kecil maka api busi juga kecil bahkan mati. Untuk memperbaikinya bisa dengan mengukur tahanan busi memakai pengukur ohm meter. Jika angka tahanan lebih dari 25 Kohm, otomatis anda perlu menggantinya.

Bensin Tidak Turun

Untuk yang masih menggunakan karburator pada sistem bahan bakar konvesional. Bensin mengalir dari tanki menuju karburator yang memanfaatkan perbedaan ketinggian. Posisi tanki yang lebih tinggi akan mendorong bensin mengalir masuk pada karburator dengan sendirinya.

Tetapi, saat motor didiamkan sampai beberapa hari, seringnya timbul masalah dimana udara terjebak pada selang bensin. Hal itu disebabkan tidak ada pompa yang menekan bensinnya, sehingga udara akan menghambat bensin turun ke dalam karburator, jadinya mesin akan sulit dihidupkan.

Cara mengatasinya sebetulnya sangat mudah, tinggal lepas selang radiator yang menghubungkan input karburator tersebut. Umumnya memakai klem kawat. Sesudah terlepas, tunggu sampai bensin mengalir seperti biasa. Kemudian pasang lagi selang tersebut dan cobalah untuk menyalakan motor.

Nah demikian penjelasan tentang cara cepat memperbaiki motor yang susah hidup sewaktu diengkol atau distarter, semoga bermanfaat.