10 Cara Menghasilkan Passive Income di Tahun 2021

Di dalam artikel ini saya akan bagikan Cara Menghasilkan Passive Income di Tahun 2021. Anda mendapatkan gaji tetap dari pekerjaan Anda senilai 5 juta hingga 10 juta perbulan? Itu adalah hal yang baik.

Namun saya juga yakin bahwa jauh di lubuk hati Anda paling dalam, Anda selalu menginginkan yang lebih, uang lebih, kebebasan lebih dan lebih banyak fleksibilitas.

Cara Mendapatkan Passive Income

Sebab bekerja bersama orang lain tentu Anda kurang cukup mendapatkan kebebasan dan lain hal sebagainya. Hingga akhirnya saat inilah Anda harus mengambil keputusan besar.

Nah dalam artikel kali ini saya akan berikan 10 ide tentang cara menghasilkan passive income sambil mempertahankan pekerjaan yang Anda jalani saat ini. Dengan demikian Anda akan mendapatkan hal-hal yang lebih seperti yang Anda inginkan.

Apa Itu Passive Income?

Seperti namanya, passive income merupakan penghasilan yang diperoleh seseorang hanya dengan melakukan aktivitas seminim mungkin, tanpa perlu terlalu berperan aktif di dalamnya. 

Penghasilan yang satu ini, bahkan bisa didapatkan tanpa melakukan usaha apapun. Artinya, dalam kondisi tertidur seseorang tetap bisa mendapatkan penghasilan ini. Terlihat menyenangkan bukan?

Misalnya, jika Anda membuat kursus online, Anda hanya perlu memperbarui kontennya agar uang tetap mengalir.

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan, "menghasilkan uang saat Anda tidur." itu adalah ungkapan yang cukup tepat untuk Passive Income. Dimana saat Anda tertidur pun uang akan tetap mengalir.

Anda dapat membuat sesuatu seperti (blog, kursus, ebuku, video, atau toko online) yang dapat menghasilkan uang meskipun Anda tidak sedang bekerja. Atau Anda dapat melakukan investasi Passive Income sepeti (properti atau saham) yang memungkinkan Anda memperoleh penghasilan secara pasif.

Active Income vs. Passive Income - Mana yang Terbaik untuk Saya?

Secara teori, semua sumber pendapatan Anda memiliki bobot yang sama. Tetapi dalam hal mencapai kebebasan finansial, Passive Income adalah yang utama.

Anda lihat, pendapatan aktif adalah uang yang dihasilkan dari semua upaya yang Anda lakukan saat ini. Dan Anda harus terus bekerja untuk terus mendapatkan penghasilan. Jika Anda berhenti, Anda tidak dibayar. Waktu Anda secara harfiah sama dengan uang.

Dan kemudian Anda memiliki penghasilan pasif. Penghasilan yang tidak mengharuskan Anda bekerja secara aktif. Dan uang terus mengalir selama bertahun-tahun. Anda dapat merancang impian kehidupan di mana Anda bebas secara finansial, mungkin lebih baik bagi Anda untuk fokus pada passive income.

Ingatlah ini, meskipun mungkin saat ini Anda hanya bisa menghasilkan passive income dengan investasi kecil, namun hal itu tetap sebanding dengan penghasilan active yang membutuhkan kerja keras setiap harinya.

Berapa Banyak Passive Income yang Bisa Saya Dapatkan?

Anda dapat menghasilkan Passive Income sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan. Namun perlu di ingat bahwa, ini bukanlah skema cara cepat kaya. Anda perlu meluangkan waktu beberapa jam, usaha pada awal, dan modal untuk membuat sumber passive income.

Kabar baiknya adalah, ketika Anda memakukan hal-hal ini lebih awal maka akan memungkinkan Anda untuk duduk dan menikmati hasil finansial untuk tahun-tahun mendatang.

Anda dapat berinvestasi sedikitnya 1juta pada awalnya, kemudian menginvestasikan kembali keuntungan Anda sampai passive income Anda tumbuh menjadi angka yang berkelanjutan. Dengan pendapatan berulang yang tinggi, Anda akan menghasilkan cukup uang untuk menunjang kehidupan kedepannya.

10 Ide Passive Income di Tahun 2021

1. Mulai Toko Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu sumber passive income paling menguntungkan yang akan Anda temukan secara online.

Sebab bisa dikatakan bisnis dropship sendiri tidak membutuhkan modal yang besar. Dan yang lebih enaknya lagi adalah, Anda tidak perlu modal untuk stok produk.

Apa Itu Dropship?

Dropship adalah sebuah usaha online dimana anda yang melakukan bisnis ini tidak butuh produk untuk dijual secara online. Disini tugas anda adalah mejualkan produk milik orang lain dimana keuntungan anda sendiri yang menentukan. Semisal ada sebuah produk milik orang lain seharga Rp.50.000 maka anda dapat menjualnya kembali senilai Rp.70.000 misalnya,Jadi Rp.20.000 adalah keuntungan anda.

Tugas yang harus paling diperhatikan dalam bisnis dropship adalah tentang cara mencari supplier. Pastikan Anda mendapatkan supplier dengan kinerja terbaik.

Baca120+ Daftar Supplier Shopee Terbaik 2021 Beserta Kategorinya

Dalam artikel ini saya tidak bisa menjelaskan pengertian dropship secara lengkap. Namun saya telah menemukan artikel dari salah satu blogger yang saya rasa bisa memberikan penjelasan lengkap tentang apa itu dropship dan bagaimana cara kerja dropship itu sendiri. Silahkan Anda baca artikelnya Pengertian dan Cara Kerja Dropship.

2. Membuat Blog


Ide Passive Income paling populer cenderung berasal dari blogging. Blogging telah membantu para pengusaha dengan jumlah yang sudah tak terhitung dalam menghasilkan passive income melalui tautan afiliasi, kursus, posting bersponsor, produk, penawaran buku, dan banyak lagi.

Memang benar membangun sebuah blog dibutuhkan sedikit kerja keras supaya blog tersebut bisa sukses. Namun, ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan audiens melalui sumber lalu lintas organik dan sosial atau dengan membuat daftar email.

Manfaat terbesar dari membangun blog adalah, Anda dapat mengubah satu aset itu menjadi beberapa aliran pendapatan yang berbeda. Jadi, jika Anda mencari ide passive income yang tergolong mudah, blogging mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Desirae Odjick, Pendiri Half Banked, menjelaskan: “Saya memulai blog saya agar pembicaraan tentang keuangan pribadi lebih mudah didekati, dan sebagai bagian dari itu, saya cenderung berbagi banyak cerita pribadi. Mereka sering kali menyertakan sapaan ke suatu alat yang saya gunakan dan dianggap berguna, jadi itu adalah transisi alami untuk menambahkan tautan afiliasi saat saya bergabung dengan program perusahaan tersebut. Sekarang saya telah meliput keuangan pribadi selama hampir empat tahun di blog saya, tautan-tautan itu secara andal menghasilkan empat angka setiap bulan ketika orang menemukan artikel saya dan mulai mengatur keuangan mereka - dan saya merasa luar biasa merekomendasikan mereka, karena saya melakukannya secara pribadi menggunakan semua produk afiliasi saya. Ini adalah cara yang bagus untuk menambahkan passive income ke bisnis Anda, terutama jika Anda tidak memiliki produk pasif sendiri untuk dijual".

Seperti yang sudah sedikit saya bahas diatas, melalui blog Anda bisa menghasilkan passive income dengan bayak cara seperti, iklan sponsor, adsense, affiliate, berjualan backlink hingga berjualan produk sendiri.

3. Buat Kursus Online


Menjual kursus online adalah salah satu ide untuk mendapatkan passive income terbaik tahun 2021.

Anda tau perusahaan seperti skill academy? Disana banyak sekali kursus online yang dijual dengan berbagai macam harga.

Mentor hanya perlu membuat video sekali saja kemudian dijual berulang-ulang kepada para pelanggan. Benar, mereka hanya perlu membuat beberapa video yang mungkin akan kelar dalam waktu sehari saja. Namun video tersebut akan terus menghasilkan uang ketika ada yang membelinya. Bikin sekali untung berkali-kali, suatu passive income yang sungguh menggiurkan bukan.

Sumit Bansal, Pendiri Trump Excel: “Saya memulai blog tentang Excel Spreadsheets pada tahun 2013. Saya melakukannya karena saya belajar banyak tentang spreadsheet dan berpikir itu akan menjadi cara yang baik untuk berbagi pengetahuan saya dengan orang lain. Perlahan-lahan mulai mendapatkan daya tarik dalam dua tahun, itu mendapatkan 100K + tampilan halaman sebulan. Saya memutuskan untuk membuat kursus online dan melihat apakah itu akan terbang, dan berhasil. Saya mendapatkan penghasilan sampingan yang bagus selama beberapa bulan dan kemudian memutuskan untuk melakukan ini penuh waktu dan meluncurkan lebih banyak kursus. Sejak itu, blog telah berkembang pesat dan saya telah ditampilkan di banyak situs dan publikasi terkemuka seperti Problogger, YourStory, GlassDoor, Majalah CEO, dll. ”

4. Posting Sponsor Instagram


Ketika Anda memiliki jumlah followes aktiv yang tidak sedikit maka ini akan menjadi peluang passive income yang juga sangat bagus.

Anda juga bisa mulai membangun tema instagram Anda secara spesifik. Entah itu tema berupa kesehatan, kecantikan, liburan dan lain-lain.

Ketika IG Anda sudah mendapatkan followers aktive maka bukanlah hal mustahil akan ada tawaran masuk dari suatu brand atau prusahan untuk meminta Anda dalam ajang prosmosi mereka. Mereka akan membayar Anda untuk setiap postingan yang mereka minta untuk posting di halaman Instagram Anda.

Rahasia untuk mendapatkan banyak pengikut di Instagram adalah dengan menjadi sangat konsisten dengan jenis konten yang Anda posting. Jadi pastikan untuk tetap berpegang pada satu tema postingan sehingga orang yang mengikuti Anda merasa dapat mengandalkan Anda untuk mengirimkan lebih banyak konten yang mereka minati.

Jangan lupa sertakan kontak di bio Instagram Anda, pastikan untuk menambahkan alamat email Anda. Saat akun Anda mulai tumbuh, maka bukan tidak mungkin akan ada permintaan posting bersponsor, hal ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang dari Instagram. Semakin banyak keterlibatan Instagram yang didapat dari postingan Anda, semakin banyak orang yang akan menghubungi Anda, jadi pastikan untuk membuat konten yang menarik.

5. Membuat Aplikasi


Kita masuk ke ide passive income nomor 5. Anda juga pasti sudah menyadari bahwa membuat sebuah produk adalah sebuah ide passive income yang juga sangat bagus. Nah jika Anda memiliki keahlian dalam programer, maka membuat aplikasi bisa benar-benar menjadi ide passive income yang bagus.

Untuk mendatangkan passive income dari sebuah aplikasi Anda dapat melakukannya dengan tiga cara.

  1. Pertama, Anda dapat mengenakan biaya untuk orang yang ingin meng-install aplikasi Anda.
  2. Kedua, Anda dapat membuat aplikasi Anda gratis dan menghasilkan uang dengan memasang iklan di dalamnya.
  3. Ketiga, Membuat item berbayar di dalam game seperti kostum, senjata ataupun item berupa diaomond dan lain-lain.

Ini benar-benar akan menjadi passive income yang sangat menjanjikan.

6. Investasi Saham


Ketika Anda melihat orang-orang terkaya di dunia, dapat dikatakan bahwa saham telah memiliki peran besar dalam rekening bank mereka yang seakan tidak ada habisnya.

Investasi saham dapat membantu Anda memperoleh passive income yang jauh melampaui nilai Anda pada pekerjaan Anda saat ini. Jadi, pertimbangkan ide penghasilan pasif ini jika Anda suka membaca tentang kinerja berbagai bisnis.

Namun perlu di ingat juga bahwa investasi jenis ini juga memiliki resiko yang besar. Pastikan Anda mengetahui betul kinerja dari perusahaan yang akan Anda invest.

7. Beli Properti

Tergantung di mana Anda membeli dan kapan, real estat bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan penghasilan pasif. Di kota-kota populer seperti Toronto, ada peningkatan nilai properti yang stabil - 9,36% selama 2020, pertumbuhan tertinggi di Kanada sejak 2016. 

Dengan membeli kondominium pra-konstruksi, Anda mungkin menemukan beberapa properti dengan biaya lebih rendah yang akan meningkat nilainya pada saat akhirnya dibangun, memungkinkan Anda untuk menjual properti setelah selesai untuk mendapatkan keuntungan.

Seperti halnya semua investasi, ini bisa saja berisiko mengalami kerugian, jadi sebaiknya Anda bicarakan terlebeih dahulu dengan agen real estat jika Anda baru mengenal permainan ini untuk membantu Anda membeli properti investasi yang tepat.

8. Buat Video Youtube

Youtube adalah kanal sosial media yang berfokus pada berbagi video. Anda pasti kenal dengan sosok Reza Arap Oktovian, Bayu Skak, mereka adalah beberapa nama yang sukses dari Youtube. Namanya kian mencuat pada sekitar tahun 2015 hingga sekarang.

Setelah banyak orang tau bahwa youtube bisa mendapatkan penghasilan passive income, maka banyak orang pula yang kini mulai berlomba-lomba untuk membuat video youtube.

Bahkan tak hanya orang-orang biasa yang kini bermain di youtube. Artis-artis tv Nasional kita kini juga mulai ikut nimbrung di youtube. Mengapa bisa terjadi? Ya karena mereka melihat peluang yang menjanjikan di kanal ini.

Rajin-rajinlah membuat video hingga banyak orang yang mulai mengetahui keberadaan Anda di Youtube. Ketika sudah mulai banyak orang tau, banyak subscribe chanel youtube Anda, maka ini adalah jalan Passive Income Anda.

Baca: Cara Mendapatkan Banyak Subscriber di Youtube GRATIS

Ketika chanel youtube Anda sudah berhasil di monetisasi, maka sumber penghasilan passive income benar-benar dapat terwujut.

Semakin banyak video Anda ditonton orang, maka akan semakin banyak pula penghasilan yang Anda dapatkan. Ketika Anda membuat video baru di youtube, video lama Anda juga akan tetap menghasilkan uang, inilah passive income dari youtube.

9. Menjual Stock Photo

Jika Anda adalah seseorang yang hobi dalam mengambil gambar entah itu menggunakan kamera smartphone ataupun menggunakan kamera profesional, maka ini adalah ladang uang untuk Anda.

Dari pada Anda hanya post foto-foto tersebut ke media sosial, alangkah lebih baiknya Anda menjual foto tersebut secara online sehingga bisa menghasilkan passive income. Sebab satu buah foto memang dapat terjual berkali-kali tanpa batas.

Mungkin Anda pernah mendengar situs-situs berikut, Shutterstock, iStock, atau 500px? Atau justru malah Anda pernah mengunduh foto di salah satu situs diatas? Ketahuilah, Anda bisa menghasilkan uang lewat jualan foto di situs-situs tersebut.

Foto-foto yang Anda tawarkan di platform tersebut nantinya akan digunakan oleh para konten kreator yang membutuhkan elemen visual tambahan pada konten miliknya. Nah maka dari itu itu, pastikan foto Anda memiliki topik yang cukup jelas. Contohnya, silahkan Anda lihat foto berikut:


Nah Foto di atas tentu akan sangat cocok untuk digunakan dalam konten yang terkait dengan kota Paris, Menara Eiffel, atau landscape kota. Anda juga dapat mengaitkan foto Anda dengan keyword-keyword tertentu untuk membuatnya relevan dengan suatu topik.

Ingat, satu foto Anda dapat terjual berkali-kali. Sehingga ini adalah termasuk dalam passive income.

10. Menjual Ebook

Saya sudah sedikit menyinggung hal ini diatas. Jika Anda mempunyai keahilan khusus dalam suatu bidang, Anda bisa menuliskannya dalam bentuk elektorik buku. Rancang eBook Anda semenarik mungkin, gunakan kata-kata yang mudah untuk dipahami, dan pastikan akan ada ilmu yang akan di dapatkan dari pembeli eBook nantinya.

Kemudian Anda bisa menjual eBook tersebut berkali-kali. Sehingga dengan sekali buat Anda bisa mendatangkan profit berkali-kali tanpa batas.

Contohnya jika Anda jago dalam bidang SEO, maka tulislah cara memaksimalkan seo dengan secara rinci dalam ebook tersebut. Tulis secara lengkap apa yang Anda ketahui, kemudian jual.

Semakin bagus isinya, maka akan semakin baik profit untuk passive income yang bisa Anda raih.

Itulah 10 cara menghasilkan passive income, semoga artikel ini memiliki manfaat luar biasa untuk Anda yang sudah membacanya.