Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vivo Y81 / Y83 Mati Total

Masuk sebuah HP seri entah Y81 atau Y83 dengan kondisi mati total. Mengatasi masalah vivo mati toal ini memang sedikit perlu kejelian dan ketelitian, sebab setelah saya tanya kepada usernya mengapa bisa mati? Apa sebabnya? si user cuma bilang tiba-tiba mati gitu aja, udah sedikit sulit nemu kasus seperti ini.

Kemudian coba bawa ke meja service, dan lakukan pengecekan dengan colok charger terlebih dahulu. Ternyata tidak ada respon sama sekali. Coba colok laptop juga tidak ada respon.

Curiga dengan baterai yang drop total, coba tembak baterai dengan power supply beberapa saat kemudian pasang lagi masih sama, nihil nggak ada respon.

Kemudian saya teringat kata rekan teknisi di suatu grup facebook yang mengatakan bahwa vivo y 81 ataupun vivo y83 ini keseringan matot karean masalah OSC.

Langsung tanpa banyak pikir panjang lagi coba bongkar kaleng osc nya kemudian ganti dengna osc dari hp bekas vivo lainnya.


Ganti yang ditandai pada gambar diatas.

Hasilnya done.


Berarti memang benar kasus matot pada hp vivo seri ini biasa terletak pada osc nya.

Semoga artikelnya bermanfaat ya.

Ricky
Ricky Halo gan nama saya Ricky. Saya adalah seorang pemuda kampung yang sangat minat mengikuti perkembangan teknologi.

4 komentar untuk "Vivo Y81 / Y83 Mati Total"

  1. Selain osc vivo gak bisa ya master?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebab matot beda-beda gan. Pastikan pemeriksaan lebih mendalam. Bisa jadi hanya karena baterai, bisa jadi di software, bisa jadi juga dihardware seperti power,emmc,cpu, short jalur seperti kapasitor, dan bisa juga memang kasus sama di osc nya.

      Hapus
    2. OSC itu apa dan untuk apa ya bang? Saya coba search OSC di google masih ga ketemu hehe

      Hapus
    3. OSC (oscilator) gan.

      Hapus

Harap memberikan komentar dengan bijak dan sesuai artikel yang dibaca. Mohon jangan spam disini.