Domain Gratis Untuk Belajar Bikin Website atau Blog

Domain Gratis - Hari ini Panduanajib akan berikan beberapa daftar domain gratis untuk kalian yang sedang ingin belajar membuat sebuah web ataupun blog. Saya rasa sudah sedikit familiar dengan beberapa domain yang akan saya beri tahukan di artikel ini. Tapi tidak apa-apa, anggap saja artikel ini memang untuk yang belum tau tentang daftar domain gratis.

Sebelum lanjut ke artikel ini, saya ingin mengajak Anda sedikit berkenalan dengan apa si itu domain?

Sudah tau? Skip penjelasan berikut ini. Jika belum tau ya monggo dibaca.

Mengutip dari dewaweb, Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protocol (IP), mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Dalam dunia internet, domain merupakan aspek penting dalam sebuah website. Fungsinya adalah sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Daftar Domain Gratis


Belakangan ini memang sudah semakin banyak registrar domain yang menawarkan harga sewa domain dengan harga dan promo yang begitu menggiurkan. Tak tanggung-tanggung, bahkan ada yang memberikan sewa domain secara gratis tanpa dipungut biaya seperserpun.

Tidak dapat dipungkiri memang, domain adalah sebuah elemen penting untuk menunjang aktivitas blogging kita. Dengan adanya domain, maka pengunjung akan lebih mudah untuk mengingat nama web atau blog kita. Selain itu blog juga akan terlihat lebih profesional di mata pengunjung.

Nah dalam artikel ini kan kita akan bahas Domain Gratis. Dan dalam artikel ini juga akan saya jelaskan apa si kekurangan menggunakan domain gratisan dan juga kelebihan domain gratis.

Keuntungan Domain Gratis

Kita akan bahas dulu keuntungan menggunakan domain gratisan untuk blog atau website.

1. Gratis

Ini sudah jelas menjadi keuntungan utama. Kita bisa mendapatkan domain dengan gratis untuk blog yang kita kelola tanpa mengeluarkan biaya sewa di awal. Mengapa diawal? Sebab biasanya memang akan ada biaya perpanjangan di kemudian hari. Namun ini tetap menjadi keuntungan yang pertama.

2. Url Web atau Blog Lebih Singkat

Sebenarnya ini juga berlaku untuk domain berbayar. Memperpendek url blog tentu akan memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah alamat blog akan lebih mudah untuk di ingat. Nah dengan domain gratisan kita juga sudah bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Ekstensi domain seperti .TK ataupun .GA tentunya akan lebih mudah di ingat dari pada kita menggunakan subdomain bawaan contohnya, rickyflash.blogspot.com.

Kekurangan Domain Gratis

1. Tidak Sepenuhnya Gratis

Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas, domain gratis biasanya tidak benar-benar gratis. Sebab saya sendiri dulu pernah membuat domain gratisan dan itu hanya gratis di 1 tahun pertama saja. Setelahnya kita harus melakukan perpanjangan domain dengan membayar jika ingin terus menggunakan domain tersebut.

2. Terlihat Tidak Profesional

Meskipun url terlihat lebih pendek dengan adanya domain, namun yakinlah subdomain dari blogspot lebih terlihat mendingan ketimbang domain gratisan macam .tk dan lain sebagainya. Itu menurut pandangan saya pribadi lo ya. Namun jika memang domain gratisan ini hanya untuk belajar saya rasa tidak ada masalah. Suatu saat Anda bisa menggantinya ke domain yang lebih profesional seperti .com jika dirasa sudah cukup belajarnya.

3. Bisa Hilang atau Banned Sewaktu-Waktu

Ya namanya juga gratis, itu berarti kita tidak memiliki akses terhadap domain tersebut. Bisa jadi ketika web lagi naik-naiknya dari segit pengunjung eh tau-tau Anda tidak punya akses ke domain tersebut, kan membaggongkan ya.

Hal ini memang sering terjadi, tiba-tiba domain di banned karena mungkin melanggar aturan penggunaan domain atau bahkan tanpa Anda sendiri tau penyebabnya apa.

4. Layanan Support yang Buruk

Pengen pelayanan yang baik ya bayar bos, mungkin itu kata cocok untuk kasus ini. Sebab kebanyakan domain gratisan tidak mendapatkan pelayanan support yang baik. Sudah dikasi gratis masih minta lebih, nggak ada akhlak kata ilham.

5. Sulit Bersaing di Mesin Pencarian

Nah ini poin penting dari sebuah web atau blog. Menempati halaman pertama mesin pencarian adalah suatu hal yang sangat-sangat wajib di raih oleh setiap penulis web ataupun blogger. Jika blog Anda tidak muncul di mesin pencarian ya siapa yang mau baca?

Tidak dipungkuri, domain berbayar sekelas .com saja sangat sulit untuk berebut posisi di mesin pencarian, apa lagi domain yang gratis. Benar, ini tidak saya buat-buat. Coba kalian search sesuatu di Internet, pernah lihat domain gratis bertengger di halaman pertama pencarian?

Sangat jarang atau bahkan mustahil untuk mencapai titik itu. Meskipun bisa, tapi yang volume persaingan kecil atau bahkan hanya dia saja yang punya artikelnya.

Mayoritas pengguna membuat blog dengan tujuan untuk meraup pundi-pundi penghasilan. Untuk mencapai hal itu, maka salah satu syaratnya yakni dengan meningkatkan traffic sebanyak-banyaknya.

Nah, sayangnya untuk beberapa ekstensi domain gratisan kurang memiliki power ketika diajak untuk bertarung di SERP.

Cara Dapat Domain Gratis


  1. Buka website freenom.com
  2. Lakukan cek domain yang ingin digunakan melalui kolom Whois domain, kemudian tekan tombol Check Availability.
  3. Pilih Ekstensi domain yang ingin digunakan, sahabat Qwords bisa memilih domain .TK, .GA, .ML, .GQ atau .CF tentukan sesuai selera dan ketersediaan.
  4. Klik pada salah satu ekstensi, kemudian klik Checkout.
  5. Selanjutnya Anda bisa memilih proses registrasi dengan memasukkan alamat Email atau login menggunakan akun media sosial.
  6. Ikuti langkah registrasi dengan mengisi Nama, Email, Nomor Telepon, dan alamat.
  7. Selesai.
Nah bagaimana sangat mudah bukan caranya? Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jika ingin sharing jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.