Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak

Untuk pengguna BPJS Kesehatan ada baiknya Anda melakukan pengecekan BPJS Anda masih aktif atau tidak. Cara cek bpjs kesehatan masih aktif atau tidak pun sangat mudah untuk dilakukan baik via online maupun offline. Dan dalam artikel ini saya akan berikan semua cara untuk melakukan pengecekan bpjs kesehatan aktif atau tidak.

Namun sebelum lanjut ke inti dari artikel ini, saya akan berikan informasi bahwa BPJS juga telah memberikan jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Sehat Indonesia (JKN-KIS), yang menerekan nomor peserta BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk mengetahui informasi tentang kepesertaan individu dalam program BPJS Kesehatan.


Nah berikut adalah jenis-jenis JKN-KIS.

  • Penerima Bantuan Iuran-Jaminan Kesehatan (PBI-JK)
  • Pekerja Penerima Upah (PPU)
  • Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)
  • Bukan Pekerja (BP)

Cara Cek BPJS Masih Aktif atau Tidak

Oke berikut saya akan berikan beberapa cara cek keaktifan bpjs dengan cara online maupun offline.

1. Cek BPJS Kesehatan Lewat Website BPJS Cheking

Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Silahkan Anda kunjungi website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-cheking
  2. Pada halaman tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi kolom yang masih kosong, mulai dari nomor BPJS, tanggal lahir, hingga angka validasi yang tertera pada layar
  3. Kemudian, apabila kolom sudah terisi semua, Anda tinggal klik “Chek
  4. Nah, di sini website resmi BPJS Kesehatan akan menampilkan seluruh informasi yang berkaitan dengan kepersetaan Anda. Mulai dari identitas diri, status kepersetaan BPJS aktif atau tidaknya, jenis keanggotaan, dan jumlah tanggungan anggota keluarga.
  5. Berikutnya, Anda akan menemukan daftar tagihan diikuti dengan jumlah iuran yang mesti dibayarkan setiap bulannya. Informasi  ini terletak pada bagian bawah website.

2. Cek BPJS Masih Aktif atau Tidak Lewat Aplikasi

Sebelum melakukan cara yang ke dua ini, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi BPJS di Samrtphone Anda, jika sudah silahkan ikuti cara berikut ini.
  1. Buka aplikasi BPJS Kesehatan di ponsel cerdas yang telah terpasang
  2. Masuk dengan nomor kartu BPJS atau dengan email aktif dan masukkan kata sandi (password)
  3. Pastikan kamu telah mendaftar sebelumnya. Jika belum daftar, silakan klik “register”
  4. Isi form pendaftaran yang tertera sesuai apa yang disarankan oleh website BPJS Kesehatan.
  5. Terpenting, pastikan email dan nomor telepon aktif sesuai dengan data saat melakukan pendaftaran
  6. Klik “register”
  7. Akan muncul formulir verifikasi yang perlu diisi oleh kode angka unik
  8. Kode tersebut akan masuk ke dalam email yang kamu daftarkan tadi
  9. Buka email, salin kode unik dan masukkan ke dalam form verifikasi
  10. Selanjutnya, klik “verify”
  11. Berikutnya, pilih menu “Peserta” untuk mengetahui kepesertaan BPJS Kesehatan. Kamu bisa mengetahui tentang keanggotaan BPJS Kesehatan untu diri sendiri hingga keluarga di halaman ini.

3. Melalui Chat Assistant dan Voice Interactive

Peserta bisa mendapatkan layanan informasi dan pengaduan melalui “chatting” yang bisa langsung diakses melalui nomor WhatsApp dan Telegram di 08118750400 lewat aplikasi messenger Facebook BPJS Kesehatan.
Berikutnya, peserta juga bisa melakukan cek BPJS Kesetahan lewat layanan Voice Interactive (VIKA), yaitu mesin penjawab otomatis untuk cek status dan tagihan iuran yang difasilitasi pada saat peserta menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di 1500 400.

4. Lewat Petugas BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Siap Membantu atau yang lebih familiar di telinga dengan BPJS SATU adalah petugas pemberi informasi dan pengaduan (PPIP) yang ada di Rumah Sakit untuk memberikan layanan infromasi dan pengaduan. Ketika bertugas mereka dilengkapi dengan rompi khusus bertuliskan BPJS SATU.

Atau Anda bisa melihat video berikut ini, cek keaktifan bpjs kesehatan lewat aplikasi JKN Mobile.


Itulah cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak. Melalui cara-cara di atas, peserta juga dapat melakukan cek tunggakan BPJS Kesehatan. Semoga berguna, ya.