Mau Jual Rumah? Berikut 6 Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa rumah merupakan sebuah salah satu aset terbaik untuk dijadikan sebuah Investasi jangka panjang. Melihat harga sebidang tanah atau lahan yang hampir bisa naik setiap tahunnya, menjadikan rumah adalah modal investasi yang baik untuk jangka panjang.

Namun yang menjadi pertanyaan besar beberapa orang adalah bagaimana cara menjual rumah supaya cepat laku. Sebab jika kita melakukan investasi apapun itu pastinya ingin mencari keuntungan semaksimal mungkin bukan.

Nah inilah saatnya dimana kita harus benar-benar serius dalam penjualan aset kita yang berupa tanah serta sudah berdiri gedung atau rumah diatasnya dengan harga jual yang maksimal. Saya sangat yakin, tidak semua orang memiliki kemampuan ini.

Contohnya Anda yang sedang membaca artikel ini, Anda pastinya saat ini sedang kebingungan bagaimana supaya rumah cepat laku terjual. Sebab Anda sudah membaca artikel ini dan secara tidak langsung Anda membutuhkan bantuan berupa informasti serta tips dan trik menjual rumah agar cepat laku.

Jujur saya bukanlah ahli dalam hal ini. Namun saya mempunyai beberapa tips yang mudah-mudahan akan membantu Anda dalam menjual rumah Anda.

Tips Menjual Rumah Agar Cepat Laku

Selain menjual rumah untuk mencairkan dana investasi Anda untuk kemudian dicarikan investasi lain. Menjual rumah juga biasanya memiliki tujuan untuk mencari rumah dilokasi baru. Nah jika rumah Anda saat ini belum laku-laku terjual mungkin Anda membutuhkan beberapa tips berikut ini.

1. Lakukan Renovasi

Banyak sekali saya temui orang menjual rumahnya namun tak kunjung laku juga. Mungkin ada yang salah dari rumah tersebut dan cara penjualannya. Disini saya posisikan diri saya menjadi Anda yang akan menjual rumah Anda.

Saya memikirkan mengapa rumah saya ini sulit sekali untuk laku. Kemudian saya amati lagi rumah yang akan saya jual ini. Ternyata cukup banyak rusak, seperti cat rumahnya yang sudah mulai luntur.

Kemudian saya putuskan untuk mengecat ulang rumah yang akan dijual ini. Secara cat sudah bening, maka tampilan rumah pun akan menjadi lebih menarik.

Ingat disini Anda akan jual rumah bukan jual tanah. Untuk itu fokus utama Anda tentu saja membuat rumah yang akan Anda jual ini terlihat menarik sehingga akan memunculkan peluang terjualnya semakin tinggi. So, renovasi rumah yang akan dijual jika diperlukan.

2. Foto Rumah dengan Profesional

Jika Anda tak jago dalam menentukan angle foto sebaiknya Anda sewa jasa foto profesional untuk memotret rumah Anda baik dari luar maupun dalam ruangan.

Tak dapat dipungkiri bahwa foto produk yang baik akan meningkatan penjualan. Carilah angle terbaik rumah Anda sehingga akan menambah kualitas nilai jual rumah Anda. Kemudian upload foto terbaik dari rumah yang akan Anda jual ke berbagai sosial media ataupun web jual beli rumah online.

3. Manfaatkan Sosial Media

Anda pernah main facebook? Jika pernah pastinya Anda akan melihat banyak sekali orang-orang jualan disana. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk menjangkau lebih banyak orang diluar daerah Anda. Sosial media seperti facebook ini sangat cocok untuk menjadi ajang promosi. Selain gratis, facebook juga hingga saat ini memiliki pengguna aktif setiap harinya yang sangat banyak.

Manfaatkan media sosial sebagai wadah promosi. Sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak peluang untuk rumah Anda segera terjual.

4. Mencari Waktu yang Tepat

Waktu juga menjadi penentu terjadi jual beli. Hindari waktu-waktu yang tidak memungkinkan seperti menjelang hari raya ataupun waktu yang sedang susah-susahnya orang cari duit seperti sekarang ini contohnya, masa pandemi.

Sebab dalam waktu-waktu tertentu orang lebih memilih untuk menggunakan uangnya untuk kebutuhan sehari-sehari dari pada untuk kebutuhan yang mungkin belum terlalu ia butuhkan. Mencari waktu yang tepat untuk jual rumah juga menjadi hal yang sangat penting.

5. Menentukan Harga yang Realistis

Dalam melakukan jual beli ingat untuk menentukan harga jual Anda secara realistis. Jangan karena Anda sedang mendesak butuh uang kemudian Anda melakukan pembantingan harga yang sangat jatuh. Sebab hal ini hanya akan membuat Anda tambah terpuruk.

Namun jangan juga mematok harga yang sangat tinggi. Lakukan riset terlebih dahulu dan hindari menjual rumah jauh dari harga pasaran. Tentukan pula harga batas negosiasi. Coba untuk posisikan diri menjadi penjual yang profesional dan jangan sampai kebaperan untuk menghindari penentuan harga secara subyektif.

6. Tunjukan Legalitas Rumah

Menunjukan surat-surat legatitas rumah seperti sertifikat tanah akan sangat mempernaguruhi harga jual. Sebab tanah yang memiliki surat lagalitas yang jelas pastinya akan lebih memiliki peluang untuk terjual semakin tinggi.

7. Sewa Jasa Agen Properti

Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menjual rumahnya secara mandiri tanpa campur tangan agen properti profesional. Namun yang menjadi faktanya, menyewa jasa agen properti memang akan lebih memiliki peluang rumah cepat laku. Sebab agen properti profesional memang memiliki koneksi yang luas baik antara penjual maupun koneksi dengan calon pembeli rumah. So menurut saya jika Anda memang sudah mentok melakukan penjualan rumah secara mandiri, cobalah untuk menyewa jasa agen properti.