Apakah Saldo Pelatihan Prakerja Harus Dihabiskan?


Saya bergabung dalam beberapa grup Prakerja yang ada di Facebook, dan hampir setiap hari melihat postingan berupa pertanyaan yang sama. Apakah saldo pelatihan prakerja harus dihabiskan? Bagaimana jika saldo tidak dihabiskan? Apakah akan menjadi masalah jika saldo prakerja tidak dihabiskan?

Selalu pertanyaan tersebut dipertanyakan lagi dan lagi. Seolah mereka-mereka ini enggan untuk melakukan skrol postingan kebawah. Padahal jika dilakukan skrol maka akan mendapatkan jawaban atas pertanyaannya tersebut. Ya karena memang sudah buanyak yang memposting pertanyaan serupa.

Jadi disini saya putuskan untuk membuatkan artikelnya, semoga saja dapat membantu mewakili jawaban atas pertanyaan tersebut.

Apakah Saldo Pelatihan Prakerja Harus Dihabiskan?

Seperti yang kita tau bahwa akhir-akhir ini muncul sebuah notifikasi di dashboard prakerja yang kurang lebih seperti berikut ini.

Habiskan Sisa Saldo Pelatihanmu

Segera lakukan pembelian pelatihan dan habiskan saldo pelatihanmu paling lambat tanggal 15 Desember 2020 pukul 23:59 WIB, gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kompetensimu.

 


Nah menjawab pertanyaan tersebut, apakah sisa saldo pelatihan prakerja harus dihabiskan? Jawabannya TIDAK HARUS.

Notifkasi tersebut adalah sebuah pengingat saja bahwa sisa saldo pelatihan akan hangus pada tanggal yang sudah ditentukan. Dan jika sudah sampai ditanggal ditentukan maka Anda sudah tidak dapat lagi membeli pelatihan menggunakan program kartu prakerja.

Jadi intinya disini adalah, jika Anda ingin membeli pelatihan lagi menggunakan saldo prakerja silahkan gunakan saldonya sebelum tanggal ya ditentukan. Jika tidak ada yang ingin dibeli lagi menggunakan saldo prakerja cukup abaikan saja notifikasi tersebut. Sebab itu tidak adakan berpengaruh apapun pada insentif yang sudah Anda dapatkan.

Apakah Akan Ada Masalah Jika Sisa Saldo Prakerja Tidak Dihabiskan?

Nah diatas adalah pertanyaan yang juga sering muncul.

Sudah sedikit saya singgung diatas, Sisa Saldo Pelatihan Prakerja Tidak Harus Dihabiskan!

Jadi tidak akan ada masalah jika memang saldonya tidak habis. Insentif tidak akan terpengaruh. Saldo sisa pelatihan hanya akan hangus dan tidak dapat digunakan untuk membeli pelatihan lagi. Dana insentif akan tetap cair!

Nah dengan artikel ini saya harap bisa menjawab pertanyaan teman-teman semua. Jika memang masih ada yang belum paham, mari diskusikan pada kolom komentar dibawah ini.