Pengertian dan Kegunaan Parse HTML

Jika Anda seorang blogger baik itu sudah senior maupun blogger pemula seperti saya pastinya akan mengenal istilah Parse HTML. Nah untuk para blogger pemula khususnya pasti akan ada tanda tanya besar di dalam pikiran tentang apa itu parse html dan apa kegunaan parse html

Nah di dalam artikel ini saya akan usahakan untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan sesederhana mungkin sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami oleh semua kalangan.


Kata parse sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yang jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah Mengurangi. Memang benar tidak salah, secara umum parse html adalah mengurangi atau memperkecil suatu kode html itu sendiri. Sehingga akan memiliki efek yang cukup bagus untuk kecepatan loading suatu blog.

Namun tidak hanya itu saja sebenarnya pengertian parse html dalam blogger. Saya menemukan informasi valid yang mengatakan parse html berarti mengubah kode-kode atau tanda-tanda tertentu menjadi kode entitas (kode unik). Kode-kode yang biasanya diubah yaitu tanda lebih kecil (<), petik dua ("), ampersand (&), petik satu ('), tanda lebih besar (>). Kode-kode tersebut akan diubah menjadi kode-kode yang unik (kode entitas) seperti berikut ini.

  • < akan diubah menjadi &lt;
  • " akan diubah menjadi &quot;
  • & akan diubah menjadi &amp;
  • ' akan diubah menjadi &#039;
  • > akan diubah menjadi &gt;
Salah satu contoh parse html juga terjadi pada kasus untuk mempercepat loading blog.

Dalam kasus tersebut kita akan melakuka parse html ke beberapa kode seperti berikut ini.

Kode <head>

Jika kita parse maka akan menjadi seperti dibawah ini.

Menjadi &lt;head&gt;

Mengapa Kode HTML harus Di Parse?

Nah mungkin juga akan ada pertanyaan seperti ini.

Jadi tentang mengapa kita harus melakukan parse html adalah bukan tidak lain untuk mengurangi kode html itu sendiri sehingga akan menjadi lebih ringan ketika dipasang kedalam blog. Dengan kode html yang sudah diparse ini tadi kita akan mendapatkan banyak manfaat seperti, loading blog menjadi lebih cepat, mengurangi resiko error tampilan dalam blog terutama ketika diakses dengan browser jadul, Selain itu, mem-parse html dapat membuat kode html yang diparse menjadi lebih seo friendly dan valid html5 jika dibanding dengan yang belum diparse dan masih banyak lagi kegunaan parse html.

Yang pada intinya adalah melakukan parse html ini memiliki banyak manfaat postifinya.

Bagaimana apakan sudah cukup jelas dengan pengertian dan kegunaan parse html?

Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan kirim pertanyaan melalui kolom komentar dibawah artikel ini.