Skip to main content

Cara Berbagi WiFi Dari HP ke HP Termudah

Cara Berbagi WiFi Dari HP ke HP Termudah

Bagaimana cara berbagi jaringan wifi dari hp ke hp atau lebih simpelnya melakukan tethering wifi ke hp lain. Dalam artikel ini saya akan jelaskan tentang cara tethering jaringan wifi ke hp lain sesuai dengan pengalaman saya pribadi.

Jadi sedikit bercerita ya, saya menggunakan jaringan wifi mikrotik yang pada intinya kita harus membeli sebuah voucher terlebih dahulu untuk bisa login ke jaringan wifi tersebut dan menggunakannya.

Nah disini problemnya adalah, satu voucher wifi itu sendiri hanya bisa digunakan untuk satu device saja. Sedangkan dirumah saya terdapat beberapa perangkat yang memang membutuhkan koneksi Internet.

Saya sudah mencari-cari informasi terkait bagaimana cara berbagi jaringan wifi ke prengkat lain. Dan semua saran yang saya dapatkan adalah dengan membeli perangkat tambahan seperti tenda ataupun wifi extender dan macam sebagainya.

Hem harus keluar duit lagi dong ini mah, pikir saya dalam hati.

Emang nggak ada yang cara berbagi jaringan wifi dari hp ke hp? Saya gali informasi lebih dalam lagi, dan akhirnya ketemu juga caranya. Dan cara tersebut akan saya bongkar di artikel ini.

Cara Berbagi Jaringan WiFi Dari HP ke HP Tanpa Perangkat Tambahan

Baiklah langsung saja kita masuk ke tutorialnya ya.

1. Menggunakan Aplikasi NetShare - no-root-tethering


Aplikasinya bisa Anda unduh di Google Playstore dengan gratis. Aplikasi NetShare sendiri memungkinkan Anda untuk membagi jaringan wifi ke perangkat lain tanpa alat tambahan dan tanpa root pastinya.

Anda tinggal install, buka, dan aktifkan aplikasinya. Semua petunjuk cara penggunaan sudah tertera dalam aplikasi. Intinya ini sangat mudah digunakan dan saya yakin Anda pasti menyukainya.

2. Cara Berbagi Koneksi WiFi Menggunakan Kode QR

Nah cara yang kedua adalah kita bisa berbagi jaringan wifi menggunakan kode qr. Untuk yang belum tau apa itu kode qr?

Kode QR adalah bentuk barcode dua dimensi. Fungsi utamanya ialah untuk menyimpan data-data dalam bentuk-bentuk random, di mana data tersebut hanya bisa dideteksi oleh perangkat tertentu saja.

Langsung saja kita masuk ke tahap tutorialnya.

Langkah 1: Pertama-tama, silakan sambungkan koneksi WiFi di HP pertama. Kemudian, buka Kode QR :


Langkah 2: Buka HP kedua Anda. Di hp kedua silahkan Anda instal dulu aplikasi WIFI QR Connect di Google Playstore.


Langkah 3: Buka aplikasi yang telah terinstal tersebut, maka nanti Anda akan mendapati kamera. Kamera tersebut merupakan scanner yang berfungsi untuk membaca kode QR.

Langkah 4: Silakan arahkan kamera tersebut ke kode QR di HP pertama.

Langkah 5: Tunggu proses scanning dan penyambungannya selama beberapa saat sampai selesai. Jika sudah, maka otomatis Anda bisa langsung menggunakan jaringan WiFi.

3. Berbagi WiFi dari HP ke HP Menggunakan Bluetooth

Pernah dengar istilah ini? Saya yakin sebagian orang belum mengerti cara berbagi koneksi wifi menggunakan bluetooth. Untuk cara yang satu ini saya sudah lampirkan sebuah video yang bisa Anda tonton dengan seksama supaya lebih mudah untuk dipahami. Silahkan Anda tonton video dibawah ini.


Keuntungan Berbagi WiFi dari HP Ke HP

  1. Proses Sambung Lebih Cepat: Misalnya Anda menggunakan kode QR. Prosesnya terkadang jauh lebih cepat ketimbang harus menyambungkan HP langsung ke hotspot. Karena proses scanning-nya yang berjalan secara otomatis.
  2. Bisa Share WiFi yang Nggak Bisa Di-share: Misal pada WiFi ID yang notabene user-nya dibatasi. Dengan sharing WiFi ini, cukup dengan satu HP yang terkoneksi langsung ke WiFi tersebut, maka HP lainnya bisa ikut tersambung pula. Keren kan?
  3. Nggak Ribet: Untuk yang Bluetooth memang terlihat agak ribet. Tapi itu untuk awalnya saja. Belakangnya sih nggak, karena nanti tinggal aktifkan tethering saja. Apalagi untuk kode QR, lebih mudah lagi, karena cuma pakai aplikasi.
  4. Bisa untuk Semua HP: Layaknya hotspot, cara ini bisa dipakai untuk semua merk dan tipe HP. Namun terkhusus untuk QR-nya, hanya bisa diterapkan di HP-HP terbaru saja.
Nah itulah sedikit artikel tentang Cara Berbagi WiFi Dari HP ke HP Termudah. Semoga artikel ini memberikan manfaat luar biasa untuk sobat panduanajib.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->