Skip to main content

Apakah Baterai Tanam HP Bisa Diganti?

Apakah Baterai Tanam HP Bisa Diganti?

Apakah Baterai Tanam HP Bisa Diganti? ini adalah sebuah pertanyaan yang kerap kali muncul di beberapa user smartphone masa kini. Dimana memang baterai hp saat ini tidak dapat di lepaskan secara sembarangan dan tidak semua orang paham dan bisa melepas baterai hp tanam.

Baterai tanam pada HP saat ini memang paling banyak diterapkan untuk ponsel-ponsel terbaru. Hal ini sengaja digunakan untuk mempercantik desain dan juga bertujuan untuk supaya hp ini bisa tahan terhadap tetesan air. Untuk fungsi selebihnya saya sendiri sebenarnya kurang paham.

Yang jelas dengan adanya system baterai tanam ini memang memiliki banyak keuntungan meskipun sedikit membuat sulit beberapa orang dalam pergantian baterai itu sendiri.

Kita kembali ke inti dari pembahasan kali ini.

Bisakah Baterai Tanam HP Diganti?

Saya akan menjawab dengan sangat yakin BISA!

Sedikit bercerita, saya adalah seorang teknisi HP yang sudah terjun sejak tahun 2015 silam. Meskipun belum bisa disebut sebagai master service hp ya. Sebab master sekalipun juga tetap butuh sharing dan banyak belajar.

Dan untuk mengganti baterai tanam hp memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika memang tidak yakin ya serahkan saja tugas ini kepada detektif upin dan ipin. Eh salah, maksudnya serahkan saja kepada tukang service hp.

Cara Mengganti Baterai Tanam HP Sendiri

Mungkin yang diatas juga menjadi beberapa pertanyaan beberapa orang. Bagaimana cara mengganti baterai tanam hp tanpa harus ke tukang service? Dan berikut adalah caranya.

Alat dan Bahan

  • Baterai HP: Karena disini kita mau mengganti baterai maka jelas kita harus mempersiapkan sebuah baterai yang akan kita gunakan untuk mengganti baterai yang lawas. Silahkan cari dan beli baterai HP tanam yang sesuai dengan merek dan type HP Anda, HARUS SAMA!
  • SIM Card Ejector: Sebelum mengganti baterai tanam pada hp kita membutuhkan alat sim card ejector untuk mengeluarkan kartu sekaligus wadah kartunya. Hal ini wajib dilakukan.
  • Obeng HP: Karena baterai tanaman ini berada dibagian dalam hp, maka kita membutuhkan obeng hp untuk membuka kesing maupun pengaman baterai tanam itu sendiri.
  • Spudger: Sebuah alat kecil yang ujungnya pipih. Dipakai untuk membuka casing HP nantinya (Di marketplace banyak). Atau bisa diganti pakai kartu yang pipih dan keras teksturnya.

Mengganti Baterai Tanam

Setelah semua alat dan bahan diatas Anda miliki, mari kita masuk ke tahap pegantian baterai tanam.
  1. Pertama silakan lepas terlebih dahulu Tray SIM Card di HP Anda memakai Ejector ke lubang Tray
  2. Setelah itu, silakan buka casing HP memakai spudger. Lakukan secara perlahan sampai casingnya terlepas secara utuh
  3. Selanjutnya, silakan lepas lagi konektor baterai memakai spudger. Biasanya sih mudah kok.
  4. Lepas juga beberapa bagian komponen lain yang kira-kira menempel ke baterai. Misalnya modul speaker. Pokoknya sampai semuanya terlepas.
  5. Langkah selanjutnya silakan lepas baterainya secara perlahan. Biasanya ada perekatnya. Bisa coba lepas perekatnya terlebih dahulu (Gunakan spudger).
  6. Terakhir silakan pasang baterainya yang tadi sudah disiapkan. Kalau sudah terpasang dengan baik, pasang kembali semua modul dan konektornya.
  7. Pasang casing, kemudian diamkan dulu HP selama beberapa menit. Baru deh coba nyalakan.
Catatan: Untu HP yang ada fitur fingerprint ada soket yang di balik backdoor hp. Hati-hati saat membuka backdoor atau kesing belakang HP, sebab bisa saja merusak flexible fingerprint itu sendiri dan fingerprint tidak dapat digunakan lagi.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->