Skip to main content

15 Juta Data Pengguna Bocor, Ini Respons Tokopedia

15 Juta Data Pengguna Bocor, Ini Respons Tokopedia

Siapa tak kenal Tokopedia? Salah satu Platform e-commerce Tokopedia dikabarkan mengalami kebocoran data pengguna. Hal ini diketahui saat Akun bernama @underthebreach melaporkan kebocoran data ini di media sosial Twitter. Ada setidaknya 15 juta akun pengguna Tokopedia dikabarkan bocor.

Tidak ingin namanya jelek begitu saja, Tokopedia pun akhirnya memberikan respon terhadap kabar yang tidak mengenakan ini.

"Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia, namun Tokopedia memastikan informasi penting pengguna seperti password, tetap berhasil terlindungi," ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/5/2020).

Dan Tokopedia sendiri juga telah melakukan investigasi tentang ada kejadian ini. Investigasi ini dilakukan dalam upaya menindaklanjuti kejadian ini. Namun sejak artikel ini di tulis, pihak Tokopedia belum memberikan kabar lebih lanjut tentang detail permasalahan ini.

"Saat ini, kami terus melakukan investigasi dan belum ada informasi lebih lanjut yang dapat kami sampaikan," lanjut Nuraini.

Perusahaan mengatakan keamanan data pengguna benar-benar terlindungi oleh enkripsi yang aman. Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real-time oleh pemilik akun.

"Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akun secara berkala demi keamanan dan kenyamanan," pungkas Nuraini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->