Skip to main content

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Bahan Alami

Seperti yang kita tau bahwa saat ini Hand Sanitizer menjadi salah satu produk yang juga mulai langka setelah masker. Permintaan yang tinggi membuat produk ini langka dan semakin banyak di cari-cari oleh masyarakat. Berbeda dengan masker yang tentunya tidak dapat kita buat sendiri, Hand Sanitizer bisa lo kita buat sendiri. Dan dalam artikel ini saya akan berikan tutorial tentang Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri.

Jika pun ada, Hand Sanitizer ini juga di bandrol dengan harga yang menurut saya kurang masuk akal. Untuk itulah ini juga saatnya kita melakukan kretifitas dengan membuat Hand Sanitizer sendiri menggunakan bahan alami yang tentunya akan aman untuk di gunakan.

Namun perlu Anda ketahui, sebenarnya penggunaan Hand Sanitizer ini cukup untuk pendamping cici tangan saja. Sebab menggunakan Hand Sanitizer berlebih juga tidak baik untuk kulit kita. Untuk itulah hingga saat ini cuci tangan tetap menjadi hal yang utama untuk menghindari virus. Jangan gunakan Hand Sanitizer berlebihan ya.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya dan Daun Kemangi

Hand Sanitizer Lidah Buaya

Anda pasti tau bahwa tumbuhan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Selain untuk membuat pertumbuhan rambur lebih subur dan sehat, lidah buaya jiga dapat kita manfaatkan untuk antiseptik dengan cara membuat Hand Sanitizer dengan ektrak lidah buaya.

Cara membuatnya juga tidaklah sulit.
  1. Silahkan Anda siapkan kedua bahan lidah buaya dan daun kemangi
  2. Lalu kupas kulit lidah buaya
  3. Setelah kedua bahan disiapkan, silahkan haluskan kedua bahan dengan menggunakan blender
  4. Kemudian silahkan saring untuk mendapatkan ektraknya
Nah ini penting, jika Anda tidak suka dengan baunya. Anda bisa menambahkan bubuk daun jeruk yang sudah di larutkan dengan air. Kemudian silahkan campurkan bubuk daun jeruk plus air dengan ektrak dari lidah buaya dan daun kemangi yang sudah kita buat sebelumnya.

Silahkan pindahkan cairan dari ke tiga bahan diatas ke dalam botol spray. Hand Sanitizer siap di gunakan.

2. Daun Sirih + Kulit Rambutan

Manfaat Daun Sirih

Nah yang kedua ini juga dapat Anda buat sendiri dirumah. Membuat Hand Sanitizer sendiri menggunakan dua bahan di atas tidaklah sulit, bahkan terbilang cukup mudah.

Silahkan Anda siapkan terlebih dahulu kedua bahan yang di butuhkan, daun diri dan kulit rambutan.

Silahkan rebus daun sirih dan kulit rambutan. Penting, Jangan di rebus berbarengan. Silahkan rebus secara terpisah. Sebab kita akan mengambil ektrak dari ke dua bahan tersebut.

Kemudian silahkan Anda campurkan ke dua ektrak dari kedua bahan ke dalam botol spary yang sudah di isi dengan air secukupnya.

Untuk menjaga kulit tetap lembut, silahkan Anda tambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam botol yang sudah berisi ektrak dari kedua bahan tadi.


Mengapa daun sirih untuk membuat hand sanitizer, sebab daun sirih memiliki sifat antiseptik, dan kulit rambutan sendiri mempunyai sifat antioksidan.

Namun, jika Anda tidak bisa mendapatkan kulit rambutan, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan kulit dari buah manggis, sebab mempunyai sifat yang sama.

3. Minyak Atsiri

Hand Sanitizer Minyak Atsiri

Sudah sejak lama minyak atsiri ini bahkan hingga sekarang, minyak satu ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga mengobati infeksi. Selain itu, minyak atsiri juga di gadang-gadang memiliki sifat antibakteri, antijamur, antimikroba dan masih banyak lagi. Nah untuk menggunakan minyak atsiri sebagai hand sanitizer kita dapat mengokombinasikan dengan beberapa bahan lain seperti, cuka putih, lidah buaya yang sudah disaring dan alkohol.

Bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri menggunakan minyak atsiri ini?

Silahkan Anda siapkan 120 ml lidah buaya, 120 ml cuka putih, 12 tetes minyak atsiri dan satu sendok isopropil alkohol serta colloidal. Kemudian silahkan campurkan semua bahan diatas kedalam botol spray. Maka hand sanitizer ini dapat langsung digunakan.

4. Cuka Putih

Hand Sanitizer Cuka Putih

Selanjutnya kita akan membuat hand sanitizer dengan cuka putih.

Cuka putih di percaya sebagai salah satu bahan yang memiliki kemampuan melarutkan residu serta menetralkan bau. Cuka putih juga tidak beracun dan juga memiliki kemampuan lain yang dapat terurai sekaligus, hal ini menjadikan cukai putih ramah lingkungan.

Dengan tingkat keasaman yang sangat tinggi, cuka putih dipercaya dapat membunuh bakteri. Hal ini dapat kita jadikan disinfektan yang efektif.

Lalu bagaimana cara membuat hand sanitizer dengan cuka putih?

Caranya bisa dikatakan sangat-sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan cuka putih dengan sedikit air, kemudian silahkan Anda masukkan ke dalam botol spray. Untuk menjaga kualitasnya, Anda dapat menyimpannya di dalam lemari es.

5. Lemon

Hand Sanitizer dari Lemon

Memiliki kandungan asam yang tinggi dan tak kalah dengan cuka putih, membuat lemon ini menjadi salah satu buah yang juga dapat di manfaatkan sebagai disinfektan yang efektif. Kandungan asamnya di percaya dapat membasmi kuman dan juga akan membuat kulit kita tetap lembut.

Untuk cara membuah hand sanitizer dengan lemon juga terbilang sangatlah mudah. Silahkan Anda peras lemon dan ambil ekraknya. Kemudian campurkan dengan air secukupnya dan masukan ke dalam botol spray. Sudah, selesai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar