Skip to main content

Cara Jualan Di Shopee Agar Laris Paling Ampuh

Cara Jualan Di Shopee Agar Laris - Shopee adalah salah satu Marketplace yang terbukti sukses memikat para peminat belanja Online terutama di Indonesia. Banyaknya promo dan juga dukungan pengiriman COD yang bisa hampir mengcover daerah di seluruh Indonesia membuat nilai plus tersendiri bagi calon pelanggan.

Hal ini juga tak luput dari yang iklan yang mereka tayangkan hampir di seluruh saluran baik tv ataupun media online seperti youtube dan lainnya. Program gratis ongkir yang mereka luncurkan juga tebukti mampu menarik minat pengguna yang lebih banyak. Saya rasa ini patut untuk di contoh oleh marketplace lainnya jika ingin terus bersaing.

Cara Jualan Di Shopee Agar Laris Paling Ampuh

Nah bagi Anda pelaku bisnis online saya juga di rekomendasikan untuk kiat berjualan di shopee. Buat toko di shopee gratis, tidak perlu mempromokan aplikasi shopee supaya dikenal calon pelanggan, sebab shopee sudah mengatur itu semua sendiri.

Kita sebagai penjual di shopee tinggal nikmati saja fitur-fitur yang shopee hadirkan untuk memikat minat para pengguna baru yang nantinya juga kita para penjual yang akan kecipratan untungnya juga.

Namun bukan berarti tidak ada yang perlu Anda lakukan supaya jualan di shopee cepat laku. Dan di artikel ini saya akan berikan Anda beberapa cara atau rahasia jualan laris di shopee.

Cara Berjualan Di Shopee untuk Pemula

Artikel ini memang ditujukan untuk Anda yang pemula atau baru saja mau mulai berjulan di shopee. Namun tidak menutup kemungkinan artikel ini juga ditujukan bagi Anda yang sudah lama buka toko di shopee namun belum juga kunjung mendapatkan orderan. Yuk simak caranya.

Baca Juga10 Trik Ampuh Jualan Di Instagram Agar Laris dan Kebanjiran Orderan

1. Buat Nama Toko yang Unik dan Mudah di Ingat

Membuat nama toko ini juga asal di buat saja. Faktanya nama toko juga penting untuk memikat hati dan pikiran para pembeli. Tanpa di sadari dengan nama toko yang unik dan mudah di ingat ini akan memberikan sugesti terhadap para calon pelanggan untuk mengingat toko kita dan kemungkinan minat untuk kembali ke toko kita lebih besar.

Jangan pernah gunakan nama toko telalu panjang dan susah di ingat misalnya, hijabtermudahdidunia. Nama tersebut selain terlalu panjang juga mememiliki nilai yang terkesan lebay dan alay. Hal seperti ini bisa saja merubah mood calon pembeli langsung jelek dan langsung melewati toko kita begitu saja.

Gunakan nama yang sederhana namun tetap mudah memiliki nilai unggul. Contoh, grosirjilabmurah.

Atau Anda juga bisa menggunakan nama toko fisik dirumah Anda dan juga dapat menggunakan nama Anda sebagai nama toko misalnya cicihijab, cicishop, dan lain-lain.

2. Gunakan Gambar yang Bagus dengan Kualitas Tinggi

Berjualan dengan sistem online ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sebenarnya yang kita jual disini adalah gambar. Ketika gambar produk yang kita miliki mempunyai resolusi tinggi dan juga terlihat bagus maka hal ini akan membuat para calon pelanggan lebih tertarik lagi untuk membeli produk Anda.

Usahakan gambar produk Anda benar-benar yang terbaik dan memiliki kualitas yang baik ya. Jangan gunakan gambar dengan resolusi rendah atau pecah-pecah (burik) jika tidak mau calon pelanggan Anda kabur begitu saja.

Baca3 Sosial Media Paling Bagus Untuk Menjalankan Bisnis Online

3. Isikan Deskripsi Dagang Selengkap Mungkin

Ini pengalam saya pribadi ketika menjadi pembeli di shopee. Saya adalah serang pemilik outlet, dan ketika itu saya ingin order kartu perdana sakti telkomsel.

Kemudian saya mencari kata kunci tersebut di kolom pencarian shopee. Ketemu lah beberapa toko yang menjual barang yang saya butuhkan ini.

Ketika saya melihat toko A dengan harga yang lebih murah dari toko B, saat itu saya mulai sedikit tertarik dengan toko A karena harga.

Namun pada toko A, dalam deskripsi produknya tidak menuliskan deskripsi yang lengkap seperti kapan masa aktiv kartu berakhir. Hal ini membuat saya bimbang, jangan-jangan baru dibeli sampai kerumah masa aktivnya sudah habis. Sementara saya beli untuk dijual kembali.

Baiklah saya memutuskan untuk melihat di toko B terlebih dahulu. Ternyata meskipun sedikit lebih mahal namun di situ deskripsinya lengkap. Saya mendapatkan informasi yang saya butuhkan dari produk yang akan saya beli dengan lebih lengkap.

Tanpa pikir panjang lagi, saya ambil barang di toko B meskipun harganya terpaut lebih mahal dari toko A.

Dari sini Anda harus pahami, bahwa deskripsi produk yang lengkap akan memberikan nilai tambah pada produk yang Anda jual meskipun produk Anda lebih mahal sedikit dari toko pesaing Anda.

4. Berani Bersaing Harga

Nah ini juga tidak bisa di hindari ketika Anda berniat untuk menjadi seroang penjual online di suatu marketplace. Tidak hanya di shopee, dimanapun dan apapun marketplacenya, Anda harus berani bersaing harga dengan kompetitor Anda.

Pastikan Anda sudah mempelajari harga produk yang akan jual di marketplace. Misalnya Anda akan berjualan jilbab dengan bahan A.

Silahkan Anda cari tau dan pelajari dulu permainan harga yang dilakukan oleh kompetitor Anda dengan produk yang sama seperti yang akan jual. Pastikan harga Anda mampu bersaing dengan kompetitor.

Tidak perlu menjadi yang termurah. Pastikan saja harga produk Anda tudak terpaut terlalu jauh dari pesaing Anda, dan kembali ke nomor tiga, jangan lupa masalah deskripsi produk.

5. Variasi Produk

Alangkah baiknya Anda memperbanyak varian dalam satu produk. Misalnya adalah ukuran, warna, dan varian lainnya. Semakin lengkap variannya maka akan semakin baik pula nilai produk Anda dimata calon pelanggan.

6. Naikan Produk

Shopee memberikan sebuah fitur yang saya rasa sangat bagus untuk menunjang produk para mitranya supaya bisa dilihat oleh banyak calon pembeli. Benar, di shopee Anda dapat menaikan produk Anda stiap 4 jam sekali.

Slelalu gunakan fitur ‘Naikkan Produk’ di Shopee. ‘Naikkan Produk’ dapat Anda aktifkan hingga 5 produk setiap 4 jam sekali. Semakin sering Anda menggunakan fitur ‘Naikkan Produk’, kesempatan produk Anda untuk dilihat oleh pembeli dan muncul di hasil pencarian teratas akan lebih besar.

7. Buatkan Voucher Toko untuk Pelanggan Anda

Nah di shopee Anda akan disediakan sebuah fitur dimana Anda dapat membuat voucher Anda sendiri untuk menarik perhatian pelanggan Anda. Anda bisa menemikan fitur Voucherku yang ada di Seller Centre di bagian ‘Promosiku’. Setelah ‘Buat Voucher Baru’ dan mengisi semua informasi di kolom ‘Informasi Voucher’, centang kotak ‘Berlaku untuk semua produk’ dan Klik ‘Simpan’.

Namun tetap pastikan voucher yang Anda buat tidak membuat Anda buntung ya. Tetap sesuaikan dengan penghasilan dari masing-masing produk Anda.

8. Gunakan Sosial Media untuk Promosi

Jangan lupa untuk mempromosikan produk Anda ke sosial media yang Anda miliki. Anda dapat mempromosikan produk Anda atau Toko Anda melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Line, Telegram dan lainnya.

Namun tetap pastikan Anda tidak melakukan spam di sosial media ya. Sebab selain menjadikan citra Anda buruk di mata pemilik media sosial, ini juga akan membuat calon pembeli justru geram dengan tingkah promosi Anda yang spam.

Cukup promosikan produk Anda sekali setiap 24 jam saja. Jangan lupa untuk menjelaskan secara detail rincian produk Anda seperti, ukuran, warna, dan harga. Berikan embel-embel promo juga sepertinya menjadi solusi yang baik.

9. Konsisten

Nah ini yang saya rasa sangat berat dilakukan oleh pembisnis pemula. Konsisten adalah sebuah langkah dan kunci untuk menjadi sukses. Kalu baru bebrapa hari saja berjalan kemjudian Anda sudah bosan karena belum mendapatkan penghasilan misalnya, yasudah tidak usah dilakukan dari sekarang!

Sebab semua bisnis, apapun itu akan memiliki perjalan yang panjang untuk menjadi sukses. Jangan pernah lelah dan cepat bosan. Tetap saja konsisten dengan apa yang sudah Anda bangun. Yakinlah, hasil yang akan Anda petik tidak akan menghianati perjuangan yang telah Anda lakukan.


Demikianlah sedikit coretan artikel dari saya kali ini tentang Cara Jualan Di Shopee Agar Laris Paling Ampuh. Semoga saja artikel ini dapat menjadi cara agar cepat laku di shopee untuk produk Anda. Salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar