Skip to main content

Mengirim Aplikasi Android Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi Tambahan

Panduanajib - Kali ini saya akan bagikan tutorial simple, singkat dan bisa dibilang sangat sederhana yanki, cara mengirim aplikasi android lewat bluetooth tanpa aplikasi tambahan. Wih asik kan? Jadi kita tidak perlu lagi tu harus mengintall aplikasi yang sama di dua hp hanya untuk saling mengirimkan file.

Ini juga berguna bagi Anda yang ingin berbagi file lewat shareit misalnya, eh hp satunya ternyata belum ada aplkasi shareit. So dari pada harus download terlebih dahulu lebih baik langsung di kirim via bluetooth bukan aplikasi shareit nya.

Sebenarnya kirim aplikasi Android lewat bluetooth ini bisa dibilang jadul. Memang simple tanpa harus mengintall aplikasi tambahan. Namun kalian juga tentu tau bahwa mengirim file melalui bluetooth memerlukan waktu yang cukup lama (lemot).

Mengirim Aplikasi Android Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi Tambahan

Mengingat saat ini perkembangan teknologi sudah makin pesat, banyak aplikasi share file yang sudah tersedia gratis di play store. Shareit misalnya, atau jika di hp xiaomi sudah ada aplikasi bawaan bernama shareme.

Namun apakah mengirimkan file lewat bluetooth benar-benar sudah tidak berguna?

Jangan salah, bluetooth masih sangat berguna kok. Contohnya saja seperti yang sudah saya katakan diatas. Disaat kita mau mengirimkan file lewat shareme misalnya, namun ternyata hp yang akan kirim belum memiliki aplikasi shareme. Nah kita bisa manfaatkan bluetooth untuk mengirimkan aplikasi android tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Kirim Aplikasi Android Lewat Bluetooth


Baiklah tanpa basa-basi lagi berikut ini adalah tutorial yang dapat Anda simak dan praktekan secara langsung.

Langkah 1 - Pilih aplikasi yang akan dikirim

  • Langkah pertama pada home screen, kalian pilih aplikasi yang akan dikirim via bluetooth
  • Kemudian tekan selama beberapa detik aplikasi yang akan dikirimkan lewat bluetooth hingga muncul beberapa menu

Langkah 2 - Pilih menu 'Share' atau 'Berbagi'

  • Pada langkah selanjutnya kalian tekan lalu tahan pada aplikasi tersebut, maka akan muncul notif seperti ini, maka kalian pilih Share atau Berbagi.
  • Setelah itu tinggal kalian pilih Bluetooth
  • Pada langkah terakhir kalian tinggal pilih nama bluetooth mana yang akan Anda kirimkan aplikasi tersebut.
Bagaimana sangat mudah bukan caranya..
Tutorial diatas sudah tested menggunakan HP Xiaomi. Sedangkan untuk smartphone dengan type lain jujur saya belum pernah mencobanya. Sebab saya hanya punya kentang om hehehe. Namun sepertinya langkahnya tidak akan jauh berbeda dengan yang ada di artikel ini kok.

Baiklah saya rasa cukup sampai disini ya artikel kali ini. Mudah-mudahan saja dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar