Skip to main content

Investasi Untuk Pemula | Investasi Reksadana Mulai dari 10rb

Beberapa bulan yang lalu saya mulai terjun ke dunia Investasi ReksaDana. Saya akui saya juga seorang pemula dalam dunia Investasi, dan saya sendiri juga mengakui bahwa saya belum berani terjun ke dunia Investasi seperti saham.

Sebab saya menyadari ilmu saya dalam dunia Invesatsi sangatlah minim. Untuk itu saya baru berani mencoba investasi untuk pemula dengan modal kecil. Mengapa saya bilang modal kecil?

Ya Investasi yang saya ikuti ini bisa bermodalkan uang mulai dari 10.000 saja. Sangat cocok untuk pemula seperti saya ini.

Setelah saya ikuti dan coba pahami cara kerjanya, akhirnya saya beranikan diri untuk melakukan share pengalaman saya tentang investasi di reksadana mulai dari 10 ribuan saja ini.

Sebagai sedikit tambahan saja, saya investasi reksa dana melalui progam kerja sama antara bareksa reksadana dan tokopedia. Sampai disini sudah dapat Anda tebak bahwa saya membeli reksadana melalui tokopedia ya.

Apa itu ReksaDana?

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang terjangkau, mudah, aman, dan menguntungkan bagi investor dengan dana terbatas.

Di Tokopedia Reksadana, Anda bisa mulai berinvestasi hanya dengan Rp 10.000. Dana tersebut dikelola oleh Manajer Investasi (MI) profesional dan juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tokopedia Reksadana bekerja sama dengan Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksadana (APERD).

Dana di Tokopedia Reksadana-mu dapat dicairkan kapan saja, selain itu hasil dari reksadana sudah dipotong pajak.

Tokopedia Reksadana menyediakan dua pilihan reksadana untuk Anda, yaitu

  • Syailendra Dana Kas (Reksa Dana Konvensional)
  • Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra (Reksa Dana Syariah)

Keduanya merupakan reksa dana pasar uang, yaitu reksa dana dengan risiko yang paling rendah di antara jenis-jenis reksa dana lainnya.

Perbedaan ReksaDana Konvensional & Syariah?

  1. Reksadana syariah adalah reksa dana yang tidak bertentangan dengan Prinsip - prinsip Syariah dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS),
  2. Manajer invetasi (MI) Reksa Dana Syariah akan menginvestasikan portfolio hanya pada efek-efek (saham, obligasi, sukuk, dan lain-lain) yang masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES). Sedangkan pada Reksa Dana Konvensional, investasi akan dilakukan ke seluruh efek-efek yang diperbolehkan.
  3. Pada Reksa Dana Syariah, terdapat proses pembersihan pendapatan tidak halal (pendapatan yang tidak sesuai dengan kaidah syariah) pada reksa dana syariah, yang disebut proses Cleansing. Sedangkan pada Reksa Dana Konvensional, tidak terdapat mekanisme tersebut.

Jenis - jenis ReksaDana

Empat jenis reksadana yang Reksadana yang diolah oleh Manajer investasi dapat investasikan di pasar uang, obligasi, saham, gabungan.Saat ini reksadana yang tersedia di Tokopedia Reksadana adalah pasar uang.

Jika Anda berinvestasi di reksadana pasar uang, maka dana tersebut akan diinvestasikan ke deposito yang sertifikat Bank Indonesia dan juga obligasi jangka pendek yang kurang dari 1 tahun.

Dapat dikatakan juga dengan menabung di Tokopedia Reksadana, resiko terbilang sangat rendah dan juga likuid dikarenakan invetasi tersebut dapat dicairkan secara instan, kapan saja, dan dimana saja melalui aplikasi Tokopedia.

Investasi Untuk Pemula | Investasi Reksadana Mulai dari 10rb

Cara Mulai Investasi Reksa Dana Tokopedia

Nah mungkin ini bagaian yang Anda tunggu-tunggu.
  • Silahkan download aplikasi Tokopedia di Playstore atau AppStore
  • Kemudian buka aplikasi Tokopedia dan lakukan pendaftaran akun tokopedia
  • Jangan lupa untuk menggunakan email kativ dan nomor telepon aktiv saat mendaftar. Sebab tujuan kita disini adalah untuk investasi jangka panjang. Jadi gunakan kontak yang selalu aktiv dalam mendaftarkan akun di tokopedia.
  • Setelah memiliki akun Tokopedia saatnya Anda membuat akun reksadana di Tokopedia, caranya sebagai berikut:

Daftar Reksadana Tokopedia

  • Silahkan masuk kemenu reksadana tokopedia, jika tidak ketemu silahkan isi di kolom pencarian tokopedia "reksadana" kemudian cari
  • Kemudian lakukan pengisian formulir Tokopedia Reksa Dana secara online, hanya 5 menit dan tunggu persetujuan selama 1x24 jam

Beli antara 2 Pilihan Produk

Setelah penaftaran reksadana Anda di setujui Anda akan mendapatkan email notifikasi dari tokopedia. (Pantau terus email Anda).

Dan setelah Anda di setujui, kini saatnya Anda mulai membeli reksadana mulai dari 10rb untuk mulai berinvestasi reksadana.
Tinggal klik tombol beli dan pilih beragam metode pembayaran yang tersedia, semua bisa dimulai dari Rp10.000

Cek Keuntungan Harianmu

Semakin banyak Anda membeli reksadana (jumlah reksadana yang Anda miliki), maka akan semakin besar pula keuntungan Anda.

Jika anggapan saya, reksadana ini sama saja dengan kita menabung atau deposito dalam sebuah bank. Namun yang menjadi perbedaan adalah, dalam reksadana tokopedia ini tidak ada biaya admin sama sekali.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keuntungan Anda. Sedangkan jika kita melakukan deposito di sebuah bank maka keuntungan kita masih akan di potong biaya admin dari bank yang bisa jadi jumlahnya lebih besar dari keuntungan kita itu sendiri.

So, menurut saya investasi reksadana jauh lebih menguntungkan. Selain itu kita juga dapat memulai dengan modal yang sangat kecil yaitu mulai dari 10 ribuan saja.
Pantau pergerakan dana investasimu setiap harinya!

Nah di atas adalah cara membeli reksadana di tokopedia. Sekarang akan saya tunjukan bagaimana cara menjual atau cara mencairkan reksadana tokopedia.

Cara Menarik Penghasilan Reksadana Tokopedia

Perlu saya tekankan sekali lagi bahwasannya reksadana ini bisa dikatakan investasi jangka panjang. Meskipun Anda dapat mencairkan reksadana kapan pun Anda mau, namun saya sarankan untuk tetap melakukan investasi jangka panjang saja.

Jangan terlalu cepat untuk mengambil keputusan dalam mencairkan reksadana.

Mas keutungannya kok sangat kecil ya?

Itu bisa jadi jumlah reksadana Anda juga kecil. Atau bisa jadi Anda mencairkan reksadana dalam waktu dekat. Sebab pada prinsipnya reksadana adalah investasi jangka panjang. Dimana semakin banyak Anda membeli reksadana dan semakin lama Anda menyimpannya maka keuntungan akan semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, jika reksadana Anda sedikit dan Anda mencairkannya dalam waktu dekat (kurang dari satu tahun) maka keuntungannya pun akan terasa sedikit pula.

Baiklah akan saya tunjukan bagaimana cara mencairkan reksadana tokopedia.

Pilih Jual Reksa Dana

Jika dana investasi mencukupi, kamu tinggal klik Jual lalu pilih tujuan pengiriman yang kamu inginkan.

Cek Dana di Saldo Penghasilan

Dana tersebut akan kamu terima secara langsung (instan) di Saldo Penghasilan.

Transfer dari Saldo Tokopedia ke Rekening Bank Pribadi Anda

Lakukan penarikan dana dari Saldo Tokopedia-mu jika ingin dana tersebut kembali ke rekening bank Anda.

Bagaimana sangat mudah cara investasi untuk pemula ini.

Jika memang ada yang kurang di mengerti dari artikel ini silahkan tinggalan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Mari mulai berinvestasi jangka panjang untuk mulai menabung demi kepentingan masa depan kita dan anak-anak kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar