Skip to main content

Ketahui, Inilah Resiko Mereset Hp Samsung

Resiko mereset hp samsung - Hari ini saya akan coba jelaskan kepada Anda semua tentang resiko mereset sebuah smartphone. Artikel ini sebenarnya tidak hanya untuk Samsung saja, melainkan untuk semua smartphone yang beredar saat ini.

Mereset atau istilah gampangnya mengahapus semua data yang ada pada ponsel dengan melakukan metode pengembalian pengaturan pabrik. Fitur ini memang sudah disediakan oleh setiap pabrikan smartphone.

Gunanya sendiri jelas untuk melakukan reset hp atau mengembalikannya ke pengetaruan pabrik. Yang berarti dengan mereset hp disini kita akan mengosongkan kembali memori telepon kita.

Ketahui, Inilah Resiko Mereset Hp Samsung
gambar: shutterstock.com

Biasanya orang melakukan reset hp baik melalui factory reset atau hard reset dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang tujuannya memang untuk mengosongkan internal memori sehingga hp akan lebih ringan kerjanya. Ada yang karena lupa pola, lupa sandi atau bahkan bootloop.

BacaKetahui Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset

Nah lalu apa si resiko melakukan reset pada sebuah smartphone?

Resiko Mereset Hp Samsung

Akan coba saya jelaskan secara rinci di artikel ini.

1. Kehilangan Semua Data yang Ada di Internal Memori

Karena tujuan dari reset sendiri adalah mengembalikan sebuah hp ke pengaturan awal. Maka setelah selesai di reset sebuah hp akan benar-benar kembali ke pengaturan pabrik lagi. Semua data yang ada di Internal memori akan hilang. Baik itu aplikasi, kontak, pesan dan file lainnya yang Anda simpan di Internal memori akan hangus semua.

2. Terkunci Akun Google (FRP)

Keamanan smartphone saat ini sudah semakin canggih, khususnya untuk Android yang sudah memakai system kemanan dari Android 5 keatas. Dimana setelah melakukan hard reset maka Anda akan di minta untuk masuk ke akun Google yang sebelumnya telah login ke perangkat tersebut.

Jika Anda lupa dengan akun Googlenya, maka mau tidak mau ya harus melakukan bypass FRP. Untuk Anda yang awam, tentu hal ini akan membuat Anda pusing.

3. Resiko Bootloop Karena eMMc Lemah

Selain bisa mengatasi bootloop, reset smartphone juga nyatanya justru dapat membuat hp Anda Bootloop atau mentok loading di logo. Hal ini biasanya dikarena eMmc di hp tersebut sudah mulai lemah. Sehingga tidak dapat mengakses system ke layar awal. Dan yang lebih parahnya jika emmc ini sampai rusak akan membuat hp Anda menjadi matot.

Namun yang nomor 3 ini sangat jarang sekali terjadi. Lebih banyaknya justru reset sendiri dapat menyembuhkan penyakit bootloop.

Keuntungan Mereset HP

Nah jika diatas adalah kerugian atau resiko mereset hp samsung, maka sebenarnya reset sendiri juga ada banyak manfaatnya lo gan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Mengatasi lupa pola, pin dan sandi
  • Mengatasi bootloop
  • Mengatasi hp lemot
  • Mengatasi hp hank
  • Mengatasi kerusakan system seperti sayangnya aplikasi terlah berhenti
  • Dan akan membuat perangkat Anda lebih ringan lagi kinerjanya.
Dan itulah sedikit informasi mengenai Resiko Mereset Hp Samsung. Semoga dari sini ada manfaat yang dapat Anda ambil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar