Harus Tau, Ini 5 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Seminggu Dua Kali

Sebagai masyarakat Indonesia tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya daun sirih bukan. Daun sirih atau jika dalam bahasa ilmiah biasa di sebut Piper betle ini mengandung saponin, tanin, hingga eugenol yang baik untuk mememilihara kesehatan tubuh. Dan tidak dapat di pungkiri, mengkonsumsi minuman daun sirih memang dapat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, terlebih jika kita memang rutin meminumnya.

Memang rasanya tak seenak kopi putih, namun dengan meminum rebusan daun sirih secara rutin dijamin akan membuat tubuh ini menjadi lebih sehat. Tidak harus meminumnya setiap hari, cukup luangkan waktumu untuk meminum rebusan air daun sirih ini seminggu dua kali.

Emang apa saja si manfaat minum rebusan daun sirih untuk kesehatan? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Minum air rebusan daun sirih juga bisa mengobati diabetes tipe 2

Air rebusan daun sirih bisa mengurangi kadar glukosa dalam darah yang bagus untuk penderita diabetes. Bahkan, penderita diabetes tipe 1 yang mengalami luka bisa  diredakan dengan mengoleskan ekstrak daun sirih di permukaan kulit.

2. Meredakan Keluhan Asam Lambung

Minumlah rebusan air daun sirih setelah Anda terbangun dari tidur Anda. Pasalnya meminum rebusan air daun sirih setelah bangun tidur bisa menghambat pembentukan lesi dan lendir yang jadi penyebab sekresi asam lambung. Kandungan fitokimianya juga bisa melindungi lapisan usus terhadap racun dan iritasi lainnya lo!

3. Meredakan Sembelit dengan Kandungan Antioksidan Daun Sirih

Karena bisa membersihkan radikal bebas, pH dalam perut pun akan kembali normal. Kamu pun nggak akan mengalami sembelit atau konstipasi lagi. Biar makin efektif, minumlah air rebusan daun sirih saat kondisi perut masih kosong.

4. Meredakan gejala batuk anak dan dewasa

Berkat kandungan vitamin B, C, dan alkalin daun sirih mampu menangkal virus dan bakteri penyebab tenggorokan gatal, melansir laman Hello Sehat. Makanya, jika sekiranya kamu mulai merasa nggak nyaman dengan tenggorokanmu, segeralah minum rebusan daun sirih yang sudah dicuci bersih. Campurkan daun sirih hijau dengan merah supaya lebih efektif.

Baca Juga: 4 Cara Mengobati Darah Rendah dengan Bahan Alami

5. Daun sirih diklaim sebagai salah satu tumbuhan antikanker

Selain antioksidan, rebusan daun sirih juga mengandung phytochemical yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Nah, untuk mendapatkan manfaat ini, buatlah air rebusan dengan 15 lembar daun sirih di dalamnya. Kalau kamu nggak kuat dengan getirnya, boleh ditambahkan dengan madu asli.

Jika selama ini kamu hanya memanfaatkan daun sirih untuk mencuci vagina, mungkin bisa dipertimbangkan lagi untuk coba meminum air rebusannya. Nggak rugi, malah banyak manfaatnya kok.

Dan itulah 5 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

0 komentar

Posting Komentar

Harap memberikan komentar dengan bijak dan sesuai artikel yang dibaca. Mohon jangan spam disini.