Skip to main content

Cara Mendapatkan Banyak Subscriber di Youtube GRATIS

Trik Mendapatkan Banyak Subscriber Youtube Terbaru - Mungkin kata-kata ini yang Anda cari melalui mesin pencarian Google sehingga Anda nyasar ke artikel yang saya tulis ini.

Mendapatkan sejumlah subscriber youtube bukanlah pekara yang mudah. Namun hal ini juga tidak bisa dikatakan suatu hal yang mustahil untuk di capai. Terlebih saat ini Youtube sendiri menerapkan sebuah kebijakan baru dimana seorang konten kreator harus memiliki setidaknya 1000 sub dan 4000 jam tayang untuk menjadi partner youtube sehingga video bisa di monetisasi.

Memiliki jumlah subscriber yang banyak memang impian banyak youtube. Selain membuat nama menjadi lebih dikenal banyak orang tentu ini juga akan berdampak baik untuk channel youtube itu sendiri.

Cara Mendapatkan Banyak Subscriber di Youtube GRATIS

Seperti video lebih banyak di tonton oleh orang dan juga pastinya penghasilan dari setiap video yang di upload ke youtube akan menjadi jauh lebih banyak.

Banyak orang berkata, nggak usah mikirin duit dulu, fokus saja ke konten.

Nah ini yang menurut pandangan saya pribadi salah besar.

Sebab menurut saya mendapatkan sebuah penghasilan dari kerja keras adalah suatu hal yang harus di wujudkan.

Siapa si yang mau kerja keras tanpa adanya sebuah timbal balik?

Wah berarti Anda orangnya tidak iklas min!

Bukan seperti itu!

Baca Juga: Blog Atau Youtube? Lebih Cepat Menghasilkan Uang Dari Blog Atau Youtube?

Karena di youtube tujuan kita adalah kerja! Kita ikut berkontribusi membesarkan sebuah platform video youtube itu sendiri!

Mereka untung! disini kita sebagai konten kreator yang juga memiliki kontribusi terhadap suatu platform memang harus juga mendapatkan bayaran! Sampai sini setuju?

Jika masih tidak setuju silahkan sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar.

Saya sangat menghargai perbedaan pendapat. Sebab saya sadar jika pendapat memang tidak bisa dipaksakan.

Namun yang jelas, saya pendapat saya diatas tidak bisa dirubah!

Baiklah kita menuju ke point dari artikel kita kali ini.

Cara Mendapatkan Banyak Subscriber di Youtube

1. Tentukan Konten Yang Akan di Bahas

Ini adalah hal paling utama sebelum Anda membuat sebuah channel Youtube. Tentukan dulu Anda akan membuat konten apa dalam channel Youtube Anda? Apakah memancing, memasak atau gaming dan lain-lain.

Setelah ketemu, fokuskan channel Anda untuk membahas satu hal yang spesifik saja. Jangan melenceng-melenceng. Kalau memang mau konten memasak yang terus buat konten memasak. Jangan tiba-tiba memancing!

Saran saya jangan membuat konten vlog jika Anda bukanlah publik figur atau orang yang sudah memiliki nama.

Logikanya siapa si yang nonton video yang mereka sendiri tidak tau siapa Anda. Paham sampai disini?

2. Buat Channel Youtube

Jika Anda sudah menentukan mau fokus kemana konten Anda nantinya. Kini saatnya Anda membuat channel Youtube. Buatlah nama channel yang memiliki keterkaitan dengan fokus konten Anda.

Misalnya disini Anda memiliki fokus konten tentang memasak. Buatlah nama yang ada hubungannya dengan resep atau masakan. Masakan Cici misalnya atau Resep Istriku, atau yang lain-lain. Buatlah nama channel berhubungan dengan fokus konten dan juga mudah di ingat. Atau Anda bisa juga menggunakan nama Anda untuk menambah nama channel. Misalnya Resep Ika atau Masakan Ika.

3. Buat Desain Channel Anda Semenarik Mungkin

Desain disini lebih mengarah ke cover channel ya. Buatlah desain cover youtube yang menarik. Jika Anda tidak jago desain Anda bisa memanfaatkan sebuah aplikasi atau situs desain gratis, salah satunya adalah CANVA.

Disana Anda bisa membuat desain dengan sangat muda. Bahkan Anda dapat mengedit desain yang sudah jadi sesuai dengan selera Anda.

4. Mulai Upload Video

Sekarang kita mulai ke proses Upload Video, nah dalam Upload Video ini kita juga jangan asal upload video mentah begitu saja. Udah yang penting ada videonya, jangan seperti itu. Ada tahapan-tahapan juga untuk mengupload supaya video banyak nonton.

A. Buat Judul yang Menarik dan Mengandung Kata Kunci

Sebelum upload sebuah vide ke youtube, coba untuk menentukan judul video terlebih dahulu. Untuk membuat judul video Anda bisa memanfaatkan kolom pencarian youtube itu sendiri.

Misalnya disini Anda akan membuat video tentang onde onde pelangi.

Coba kita cari youtube tentang onde onde pelangi, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Nah diatas adalah kata kunci yang sering digunakan orang untuk mencari tau tentang onde onde di youtube. Jika video Anda tentang onde onde pelangi, maka Anda bisa membuat judulnya seperti ini contohnya "Resep Membuat Onde Onde Pelangi Isi Coklat" (jika Onde-Onde Anda isinya coklat ya. Jika isinya gula merah yang ganti namanya menjadi Isi Gula Merah.

Sampai disini kita sudah berhasil membuat judul pada video kita. Selanjutnya...

B. Buat Thubmnail Video Menarik

Thumbnail adalah sebuah tampilan awal video sebelum calon penonton melakukan klik pada video dan akhirnya menonton video tersebut. Atau bisa lebih di mudah disebut sebagai gambar cover awal pada video tersebut. Contohnya seperti di channel berikut ini.


Buatlah tampilan awal video Anda semenarik mungkin. Jika tampilan awalnya bagus maka ini akan memancing orang untuk klik dan melihat video Anda.

3. Menjadi Diri Sendiri

Tak perlu menjadi seperti orang lain untuk menarik peminat orang lain. Justru dengan menjadi orang lain akan membuat diri Anda tidak nyaman bahkan bisa di cap sebagai plagiat oleh sekumpulan orang.

So, tetaplah menjadi diri sendiri namun tetap harus belajar membuat video Anda tampak lebih baik. Mungkin dari segi editingnya, kualitas videonya, kualitas audionya. Akan sangat baik menjadi diri sendiri sebab channel Anda memiliki karakter tersendiri.

4. Upload Video Secara Konsisten

Nah ini yang saya rasa sangat berat untuk dilakukan oleh konten kretaor di Youtube. Sama halnya dengan blog, di youtube kita juga dituntut untuk mengupload konten secara konsisten. Sebab dengan upload video secara konsisten akan membuat youtube lebih banyak merekomendasikan video Anda ke penonton mereka.

Wah channel ini aktif ni, rekomendasikan deh ke penonton.

Tidak harus mengupload vide setiap hari, karena ini justru akan membuat Anda lebih cepat lelah dan bosan. Yang akhirnya justru membuat channel Anda terbengkalai dan tidak update lagi.

Cukup upload minimal 2 video setiap minggu itu sudah bagus. Asal konsisten ya. Dari pada awal-awal langsung upload vide banyak sekaligus, eh dua minggu kemudian sudah bosan, nggak upload lagi. Ancur channel Anda kalau seperti ini cara mainnya.

5. Ajak Penonton Untuk Like, Komen, Share dan Subscribe

Pasti Anda sering melihat orang mengatakan kata-kata diatas dalam videonya. Tidak usah gengsi untuk mengatakan hal tersebut. Karena memang Anda adalah seorang pemula dan saya rasa memang ini menjadi segi promosi yang juga tidak bisa di lalaikan oleh youtuber pemula.

Karena faktanya memang kata-kata ajakan ini membuahkan hasil. Banyak penonton youtube yang tidak tau dengan hal ini. Jadi tidak ada salahnya Anda menjelaskan kepada penonton Anda untuk subscribe channel Anda.

Contohnya:
Sebelum lanjut menonton videonya jangan lupa untuk subscribre channel ini ya. Untuk mendapatkan update video selanjutnya. Gratis!!

6. Promosi Ke Sosial Media

Nah ini yang juga sering dilupakan oleh banyak youtuber pemula. Promosi ke sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya juga tak kalah penting untuk Youtuber Pemula.

Sebab di sini kita harus menyadari bahwa kita ini belum ada nama di Youtube. Sehingga kita harus memperkenalkan diri.

Caranya?
Ya dengan melakukan share ke sosial media itu tadi. Ini lo aku punya video baru di youtube tentang bla-bla-bla. Sehingga orang-orang yang melihat promosi Anda tadi akan memiliki rasa penasaran kemudian menonton video Anda.

Jika dia suka, maka akan subscribe dengan senang hati.

Namun ingat, jangan asal promosi ya.

Promosi Ke Tempat yang Tepat

Nah untuk melakukan promosi sendiri jangan asal promosi ya. Pastikan Anda promosi pada tempat yang tepat.

Misalnya video Anda tentang resep kue.

Silahkan gabung ke grup-grup yang membahas tentang resep kue. Share disana. Sebab ini akan menjadi promosi yang tertarget. Sehingga akan lebih banyak keuntungan kita, karena video-video di promosikan ke orang-orang yang memang memiliki ketertarikan yang sama dengan konten channel kita.

Demikianlah sedikit artikel dari saya tentang Cara Mendapatkan Banyak Subscriber di Youtube Gratis. Semoga bermanfaat ya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->