Skip to main content

Cara Mudah Mengetahui Link Mati, Broken Link Pada Blog

Bagaimana cara cek broken link pada blog? Mungkin ini adalah pertanyaan para blogger khususnya blogger pemula seperti admin panduanajib ini. Melakukan pengecekan kesehatan blog secara teratur bisa dikatakan cukup penting. Termasuk melakukan pengecekan pada setiap link ada pada blog kita, apakah link tersebut masih hidup atau memang sudah menjadi link mati yang menyebabkan blog kita menjadi jelek di mata google search.

Terutama bagi Anda yang memiliki banyak link keluar pada setiap artikel yang Anda tuliskan di blog Anda. Rutinlah untuk melakukan pengecekan kesehatan link keluar yang ada pada blog Anda untuk menghindari terjadinya broken link yang pasatinya akan merugikan Anda sendiri.

Tidak hanya lini keluar saja yang menyebabkan permasalahan broken link. Link yang mengarah ke artikel lain di blog itu sendiri juga harus dilakukan pengecekan.


Terkadang yang namanya manusia juga tempatnya lupa. Saat Anda menghapus salah satu artikel yang ada biasanya juga akan mempengaruhi artikel yang lain, terutama artikel terkait.

Anda pasti pernah menghubungkan salah satu artikel ke artikel lain dengan cara menambahkan kalimat baca juga. Nah terkadang secara tidak sengaja ketika salah satu artikel dihapus kita lupa untuk menghapus link tertautnya pula.

Sehingga terjadilah link tidak aktif, link mati ataupun biasa disebut broken link. Hal ini memang sangat merugikan bagi blog yang sedang kita bangun. Pasalnya broken link akan sangat mempengaruhi posisi artikel kita di google search. Semakin banyak broken link di blog maka akan semakin jelek pula blog tersebut di mata google search.

Ketika suatau blog sudah jelek di mata google pasti Anda taulah apa akbitnya. Ya, setiap artikel yang ditulis akan susah untuk bersaing di google pencarian. Bahkan untuk di index google pun terasa sulit.

Mengetahui Broken Link dan Menghapus Link Mati Pada Blog

Untuk itulah disini panduanajib akan sedikit berbagi tentang cara mengatasi problem yang satu ini. Untuk itu silahkan Anda simak artikel berikut ini dengan baik ya.

Pertama, silahkan Anda mengunjungi situs Brokenlinkcheck.com

Kedua, Masukan url atau alamat blog Anda kemudian tekan Find broken links


Ketiga, Isi Security Code kemudian pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) lalu tekan Find broken link now !

Keempat, setelah itu tugas Anda adalah menunggu hingga pengecekan broken link selesai. Setelah selesai maka akan tampil sekumpulan url pada blog Anda yang bermasalah seperti gambar dibawah.


Kelima, Nah untuk mengetahui dari mana berasal broken link tersebut berasal silahkan Anda klik dibagian menu SRC.

Keenam, setelah Anda klik src maka Anda akan langsung diarahkan menuju sumber dari permasalahan broken link tersebut.

Ketuju, silahkan login ke blog Anda untuk memperbaiki broken link tersebut.

Kedelapan, selesai.

Itulah sedikit artikel tentang cara memperbaiki link mati pada blog. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar