Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Mempercepat Loading Blog Agar Lebih SEO

Posting Komentar
Cara Mempercepat Loading Blog - Jika Anda sudah memutuskan untuk terjun ke dunia blogging maka Anda harus siap dengan semua konsekuensinya. Tujuan menjadi blogger bukan hanya uang semata. Anda harus siap menyajikan artikel yang informatif dan bermanfaat untuk calon pengunjung, memberikan penjelasan yang lengkap dalam suatu artikel, dan tak terkecuali pula Anda harus memikirkan loading blog Anda untuk menjadi seringan mungkin supaya pengunjung juga merasa nyaman berada di blog Anda.

Artikel yang bagus dan berkualitas sekalipun tidak akan begitu berguna rasanya jika loading blog Anda terasa berat dan lambat saat diakses oleh calon pengunjung.

Cara Mempercepat Laoding Blog

Mari kita posisikan kita sebagai orang awam yang sedang mencari informasi di Internet. Kemudian kita menemukan salah satu artikel blog di halaman pencari google. Dari judul artikel membuat kita tertarik untuk membaca artikel tersebut.

Maka hal yang akan kita lakukan pastilah melakukan klik untuk membuka artikel tersebut bukan? Nah ketika kita membuka artikel dari sebuah blog tersebut, ternyata blognya memiliki loading yang berat dan sangat lambat.

Apa yang akan Anda lakukan?

Kebanyakan orang pasti tidak akan pikir panjang untuk menutup halaman tersebut dan mencari informasi di artikel lain dalam blog lain yang pastinya memiliki loading page lebih cepat. Tak terkecuali saya pribadi dan mungkin juga Anda. So, sudah tau kan betapa pentingnya loading page sebuah blog.

Mempercepat Loading blog juga secara tidak langsung akan mempengaruhi posisi artikel kita di rangking SERP (Search Engine Result Page). Semakin blog memiliki loading page yang cepat maka semakin disukai pula oleh mesin pencarian dan besar kemungkinan akan ada dihalaman awal pencarian.

Tak jarang saya menemui sebuah blog yang memiliki begitu banyak pernak-pernik widget di dalamnya. Memang tampilan blog akan terlihat lebih cetar. Namun hal tersebut sebenarnya sangat fatal untuk blog itu sendiri.

Mereka memasang banyak widget tampilan hanya mementingkan tampilan blog saja tanpa memikirkan pengunjungnya merasa nyaman atau tidak.

Trik Mempercepat Loading Blog

Baiklah kita langsung saja masuk ke inti dari pembahasan kita kali ini.

1. Hapus Widget yang Tidak Penting

Mulai sekarang pasanglah wiget yang memang sekiranya penting saja seperti, popular post, artikel terbaru dan label. Tidak perlu memasang widget aneh-aneh seperti kalender, jam atau widget yang tidak begitu penting lainnya.

Widget tersebut hanya akan membuat blog Anda terasa berat untuk diakses. Keren, namun bukan berarti akan membuat hati pengunjung Anda merasa nyaman. Ingat, dalam sebuah blog kenyamanan pengunjung adalah nomor satu yang harus dipentingkan.

2. Kurangi Gambar Pada Home Page Blog

Gambar-gambar pada halaman utama blog terkadang memang terlihat cukup menarik bagi sebagaian orang. Misalnya gambar logo bloh,favicon atau gambar pacar Anda. Namun secara tidak langsung gambar-gambar tersebut sebenarnya sangat mempengaruhi kecepatan loading blog kita.

Solusi paling tepat adalah mengurangi ukuran gambar pada home page maksimal 30KB atau jika perlu tidak usah memasang gambar di home page blog Anda untuk mempercepat loading blog.


3. Tampilkan Hanya 4-5 Posting Pada Halaman Utama Blog

Nah yang ketiga ini juga penting menurut banyak pakar SEO. Pasalnya semakin banyak jumlah posting tampil di halaman utama blog maka semakin berat pula loading blog untuk memuat semua artikel tersebut. Solusi terbaiknya adalah jangan menampilkan lebih dari 5 posting di halaman pertama blog Anda.

4. Batasi Kode Penayangan Iklan

Ini khusus untuk blog yang sudah di monetasi dengan iklan baik dari Google Adsense atau iklan dari pihak lainnya. Sebaiknya Anda kurangi penayangan iklan pada blog Anda untuk mempercepat kecepatan loading blog. Pasalnya semakin banyak iklan yang menempel di blog maka akan semakin berat pula blog Anda untuk memuat halaman.

Selain menganggu loading blog, iklan yang berlebihan juga akan sangat mengganggu pengunjung blog Anda. Sehingga pengunjung akan dibuat sangat tidak nyaman berada blog Anda. Sudah loading lama iklan bertebaraan dimana-mana pula.

5. Kompres Ukuran Gambar Sebelum Diterbitkan

Jika blog Anda memuat pembahasan tentang tutorial biasanya akan membutuhkan banyak gambar dalam sebuah artikel. Nah gambar-gambar ini sebenarnya juga sangat berpengaruh pada loading halaman blog Anda.

Disini Anda tidak harus membuang gambar-gambar artikel tersebut. Sebab gambar tersebut memang dibutuhkan untuk pelengkap artikel sehingga pengunjung mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap.

Nah solusi terbaiknya adalah dengan mengkompres ukuran gambar menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Mengkompres ukuran gambar pada blog sendiri juga sangat direkomendasikan oleh Google. Google memberikan rekomendasi gambar yang bisa disisipkan pada blog, berikut ini pernyataannya:
  • PNG hampir selalu lebih baik dari GIF, meskipun beberapa versi browser lawas mungkin hanya mendukung format untuk PNG saja.
  • Gunakan GIF untuk grafik sederhana atau sangat kecil (misalnya kurang dari 10×10 piksel, atau palet warna yang kurang dari 3 warna) dan untuk gambar yang bergerak.
  • Gunakan JPG untuk semua gambar bergaya fotografi.
  • Jangan menggunakan BMP atau TIFF.
Ribet ah mas harus kompres-kompres gambar segala. Memang, untuk menggapai sesuatu yang maksimal kita tidak bisa mendapatkannya dengan hal yang instan. Nikmati saja prosesnya, maka Anda akan menikmati pula manfaatnya.

Demikianlah tips dan trik cara mempercepat loading blog yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat memberikan mamfaat yang cukup baik bagi Anda semua yang membaca ya.
Ricky
Halo gan nama saya Ricky. Saya adalah seorang pemuda kampung yang sangat minat mengikuti perkembangan teknologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter