Skip to main content

Browser Paling Ringan untuk PC atau Laptop

Jika melihat diperkembangan zaman seperti sekarang ini rasanya Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok hampir seluruh umat. Dan jika ngomongin Internet biasanya tidak lepas pula dari yang namanya aplikasi browser. Jika di Android mungkin kita sudah mengenal beberapa browser ringan seperti google chrome dan juga uc browser. Nah dipembahasan kali kita akan membahas tentang browser paling ringan untuk laptop atau komputer.

Sedikit bercerita tentang pengalaman pribadi saya ya gan. Saya sendiri awalnya adalah penggemar browser Mozilla Firefox. Sekian lama saya menggunakan laptop tua saya yang sudah berumur kurang lebih 8 tahun, saya masih tetap menggunakan browser  Mozilla Firefox sebagai browser utama saya.


Sekian lama browser tersebut menemani saya untuk berselancar di Internet, entah untuk sekedar browsing, nonton youtube, dan melakukan aktivitas blogging.

Namun entah mengapa beberapa waktu yang lalu saya merasa browser ini semakin berat untuk laptop saya yang hanya memiliki ram 2gb. Semakin hari saya semakin tidak tega dengan berat yang laptop tua saya pikul ini.

Sampai akhirnya saya mencari informasi di Internet tentang browser paling ringan untuk laptop ram 2gb. Dari sekian banyak rekomendasi, Vivaldi adalah yang yang paling banyak pula berada di urutan nomor satu.

Karena pada dasarnya saya ini tipe orang yang mudah penasaran dan punya rasa ingin tau cukup besar. Saya coba deh install itu browser di laptop saya.

Saya melakukan percobaan ini di laptop acer tua saya yang punya ram 2gb dan di tenagai intel hadeh. Huh jadul bener ya.

Browser Paling Ringan PC/Laptop


Nah di dalam percobaan ini saya membandingkan 4 Browser, yakni :
  1. Google Chrome (Karena penggunanya yang paling bajibun)
  2. Mozilla Firefox (Merupakan favorit admin)
  3. Vivaldi (Sebab ini adalah yang dibilang paling ringan)
  4. Operamini (Karena saya ingat browser ini juga favorit saya saat masih pakai nokia x2)
Percobaan yang admin lakukan adalah :
  • Membuka aplikasi Browser
  • Mengunjungi situs google.com
  • Mengetik keyword "Miroslav Klose Wikipedia ID"
  • Memilih halaman wikipedia berbahasa Indonesia dari hasil pencarian google tersebut.
  • Membuka task manager
  • Melakukan screenshot dengan tombol prt sc sysrq

1. Google Chrome

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa browser milik Google ini merupakan browser yang penggunanya paling banyak di seluruh dunia saat ini.

Dan hasil tes browser ini adalah, memakan ruang RAM sebanyak 194,4 MB.

2. Mozilla Firefox

Browser yang satu ini juga tak kalah memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Termasuk admin juga menjadikan browser ini sebagai favorit admin dari admin masih main internet di warnet.

Hasil test browser ini memakan RAM sebesar 299,7 MB.

3. Vivaldi

Kalau yang satu ini adalah browser yang paling banyak direkomendasikan sebagai browser paling ringan. Dan benar saja, browser ini hanya menghabiskan ram sebesar 173 MB.

4. OperaMini

Nah saya rasa mustahis rahanya jika Anda tidak mengenal salah satu browser legend yang satu ini. Dan saat dilakukan test ternyata browser ini juga cukup ringan, yakni hanya menghabiskan ram sebesar 189 MB.

Kesimpulan
Vivaldi memang browser yang sangat ringan dan cocok untuk untuk laptop atau pc dengan ram dibawah 4gb. Namun jika Anda hanya mencari pengganti Mozilla seperti saya, saya lebih menyarankan Anda memasang Operamini + Chrome di dalam satu perangkat.

Sebab operamini juga kaya akan fitur dan juga lebih ringan dari mozilla. Admin sendiri saat ini telah memutuskan untuk menghapus mozilla dan menggantikannya dengan operamini. Walaupun sebenarnya Mozilla masih menjadi favorit, tapi keadaanlah yang memaksa. Mungkin nanti jika ada rezeki beli perangkat baru dengan RAM lebih besar, saya akan kembali menggunakan mozilla + chrome sebagai browser utama.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->