Skip to main content

Blogger Akan Mendapat Update Fitur Baru

Blogger Akan Mendapat Update Fitur Baru - Blogger merupakan sebuah platform blogging gratisan yang dikembangkan oleh Google. Dan juga blogger sendiri hingga saat ini masih menjadi platform blog gratis yang digunakan banyak orang dari berbagai kalangan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah penggunaan yang mudah dengan tampilan antar muka dashboard yang juga sangat mudah untuk dipahami. Ini membuat blogger pemula seperti saya menjadi lebih mudah untuk mengoprasikannya.

Menulis artikel, menambahkan gambar dan video serta menambah widget-widget di blog yang sangat mudah untuk dimengerti oleh pemula juga menjadi daya tambah tersendiri yang dimiliki oleh Blogger. Hal ini menjadikannya sangat populer di berbagai kalangan. Belum lagi ditambahkan dengan adanya layanan lainnya yang juga tetap membuat Blogger dapat bersaing dengan platform lainnya.


Nah Blogger sendiri telah memberikan notifikasi bahwa mereka akan mengadakan update fitur-fitur baru untuk para penggunanya.

Blogger Akan Update Fitur Baru

Untuk para penulis yang menggunakan platform Blogger khususnya tentu hal-hal seperti ini menjadi suatu hal yang cukup menarik untuk simak. Sebab kita akan mengetahui fitur apa saja si yang akan ditambahkan serta fitur yang akan dihilangkan.

Sedangkan tujuan update fitur Blogger kali ini memang dutujukan untuk lebih menyederhanakan platform miliknya. Sehingga akan lebih memudahkan para usernya serta untuk lebih mengikuti perkembangan zaman tentunya.

Dan berikut ini adalah beberapa perubahan fitur Blogger yang sepertinya akan segera datang dengan cara tahap demi tahap.

Fitur-fitur Blogger yang Diubah

  • Integrasi Google+ - Seperti kita ketahui, belakangan ini widget Google+ error tidak bisa digunakan, hanya menampilkan follower saja tanpa bisa klik untuk mengikuti atau menambhkan teman. Nah untuk itu kini Blogger akan mengubah widget Google+ menjadi widget HTML untuk memberikan pengguna menjadi lebih banyak fleksibilitas dalam menggunakannya.
  • OpenID - Blogger yang sebelumnya memungkinkan pengguna untuk mengomentari blog menggunakan identitas OpenID, kini fitur tersebut akan dirubah (lebih tepatnya dihapus) dengan alasan karena penggunaan fitur ini yang rendah sehingga dianggap tidak cukup bermanfaat. Ke depannya Blogger tidak akan lagi mendukung OpenID untuk membuat komentar, dan semua komentar yang sebelumnya digunakan OpenID akan dianonimkan. Untuk komentar baru pada komentar Blogger akan menggunakan akun Google atau sebagai "Anonymous" saja.
  • Redirect Country Domain Blogspot ccTLD  - Seperti kita ketahui bahwa Blogger memberlakukan redirect country domain dengan ccTLD sehingga pengunjung akan mendapatkan domain blog sesuai negaranya, seperti blogspot.com.au untuk Australia. Nah kini hal ini akan dibalikkan ke semula lagi sehingga tidak akan mendapatkan redirect country domain namun semua pengunjung akan tetap mendapatkan blog dengan domain blogspot.com.

Fitur Blogger yang Dihapus

  • Gadget Pihak Ketiga - Selanjutnya pengguna tidak akan mendapati gadget pihak ketika di layout, namun pengguna tetap akan dapat menambahkan gadget pihak ketiga melalui gadget HTML/Javascript secara manual (ditambahkan sendiri).
  • Blog Berikutnya - Sebelumnya fitur ini memungkinkan untuk mengunjungi blog lain dengan mudah. Nah selanjutnya Pemilik blog masih dapat menggunakan widget serupa dengan menggunakan widget Daftar Blog.
  • Widget Polling - Widget jajak pendapat ini juga kurang mendapat sambutan sehingga tidak banyak digunakan oleh pemilik blog.
  • Widget Textcube

Fitur yang Akan Ditambahkan

  • HTTPS untuk Custom Domain - Sebelumnya fitur SSL untuk custom domain Blogger sudah bisa dinikmati tetapi hanya bisa diakses melalui draft Blogger untuk mengaktifkannya. Selanjutnya pemilik blog bisa mengakses fitur ini juga dengan blogger.com.
  • Multilogin - Fitur ini memungkinkan Pemilik blog dapat beralih di antara akun Google yang berbeda dengan mudah tanpa harus sign out. Pengguna tinggal mengalihkan akun pada daftar akun Google dengan klik foto di pojok kanan atas.
  • Spanner - Ini menyangkut penyimpanan semua data Blogger.
  • Manajemen Video - Dengan ini pengguna dapat dengan mudah men-download dan menghapus video yang telah diupload.
  • Google Takeout - Dengan ini penguna akan dapat dengan mudah untuk mengakses informasi semua data akun Google pengguna dari Google Takeout.
Demikianlah beberapa info update fitur terbaru Blogger yang kemungkinan akan dikembangkan secara bertahap. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Info ini saya dapatkan dari blog kompiajaib.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar