Skip to main content

Cara Cek Link Blog Mati atau Broken Link pada Blog

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yang sangat simple namun sangat-sangat penting untuk keberlangsungan blog Anda. Ya, disini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui broken link pada blog yang kita miliki. Jika tidak segera untuk ditindak lanjuti atau diperbaiki, broken link ini atau link mati ini dapat membahayakan posisi blog kita di posisi search engine seperti Google dan juga Yahoo dan juga Bing. Tentu pengunjung blog juga akan merasa kecewa dengan blog kita karena mereka mendapati sebuah link rekomendasi di blog kita yang ternyata tidak dapat di kunjungi sebab link tersebut sudah mati.

Penyebab broken link di blog sendiri umumnya karena atau link keluar blog yang sudah tidak dapat diakses, entah karena kontennya telah di hapus sendiri atau memang blognya atau webnya yang sudah mati. Selain itu terkadang juga ada disebabkan dari link yang menaut ke artikel kita yang lain namun ternyata kita tidak sadar telah menghapusnya dan kita tidak ingat untuk menghapus link artikel tersebut di artikel yang telah tertaut link dari artikel yang telah di hapus tadi.


Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, bagaimana mas cara mengeceknya jika blog yang kita miliki sudah memiliki banyak sekali artikel di dalamnya? Apakah harus di cek satu per satu mas? Kelamaan dong bos kalau harus di cek satu persatu mah.

Itulah sebabnya saya membuatkan artikel ini. Karena dengan menggunakan cara yang akan saya berikan ini Anda bisa mengetahui broken link di blog hanya dengan sekali klik saja. Dengan begitu tentunya kita akan lebih cepat untuk segera memperbaiki blog yang kita miliki. Penasaran bagaimana caranya? simak deh artikel dibawah ini.

Cara Mengetahui Link Mati di Blog

1. Yang pertama sekali silahkan Anda kunjungi web Brokenlinkcheck.com

2. Kemudian silahkan Anda masukan alamat blog Anda pada kolom yang sudah disediakan, kemudian tekan Find broken links.


3. Lalu silahkan isi Security Code dan kemudian pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) lalu tekan Find broken link now !






4. Silahkan tunggu beberapa saat, kemudian link mati pada blog Anda akan terdeteksi secara otomatis. Seperti gambar dibawah, salah satu blog yang saya miliki terdeteksi link matinya ada 10 link.


5. Nah untuk mengetahui berasal dari artikel mana link mati tersebut, silahkan anda klik src pada kolom Page Where Found. Dengan begitu Anda akan di arahkan ke link artikel tersebut (Silahkan Anda Lihat link paling atas). Silahkan anda cek langsung di Blogger untuk mengedit kembali artikel tersebut dengan cara menghapus Link yang sudah mati.

6. Selesai

Demikianlah cara mengetahui link pada blog yang dapat saya tuliskan di artikel kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar