Skip to main content

Artikel Blog Susah Terindex Google di Awal Maret 2018

Bukan sumber dari orang lain melainkan saya sendiri mengalaminya di dua blog saya sekaligus. Artikel blog lama di index google ini baru-baru saya rasakan di awal maret 2018 ini. Sebelumnya jika saya selesai membuat artikel setelah itu saya submit ke Google Search Console maka tidak perlu waktu lama artikel yang saya buat segera masuk ke index google. Namun entah mengapa akhir-akhir ini artikel yang saya buat lama sekali di index oleh google, bahkan kedua blog saya pun merasakan kendala yang sama. Sempat bingung dan cari informasi kesana kesini namun belum juga mendapatkan solusi yang pas bahkan tidak ada yang akurat dengan permasalahan yang sedang saya alamai.

Sampai akhirnya saya bertanya kepada salah satu blogger yang sudah mempunyai nama di kalangan perbloggeran Indonesia yakni Mas Timon pemilik dari blog mastimon.com. Saya menghubungi beliau melalui pesan pribadi di salah satu situs sosial media dengan nada menyampaikan permasalahan yang saya alami. Selama beberapa menit saya menunggu jawaban dari beliau, akhirnya beliau membalas pesan saya dengan kata "butuh waktu 24 jam mas".


Lantas saya bertanya kembali, apakah ini merupakan kebijakan baru dari Google? Sebab sebelumnya tidak pernah selama ini. Beliau hanya menjawab pesan saya dengan singkat, yakni dengan jawaban "iya". Baiklah mau tidak mau saya harus menunggu artikel saya berumur 24 jam atau satu hari.

Namun karena penasaran dan sedikit rasa panik, saya terus mengecek artikel saya di google. Dan alahasil memang masih belum terindex oleh google. Bahkan saya mengeceknya langsung menggunakan url posting, hasilnya masih tetap seperti gambar berikut.


Dan tepat di hari ini, saya melakukan cek ulang terhadap artikel yang saya buat kemarin. Ternyata memang benar, artikel yang saya buat di kedua blog saya sudah mulai di index oleh google walaupun entah berada di halaman berapa.

Yang pasti saya tetap bersyukur, ternyata google masih mau menerima artikel-artikel yang saya buat melalui blog saya sederhana ini. Untuk urusan mengejar page one saya juga sudah berusaha melakukan berbagai cara seperti mengganti template blog saya ke premium. Menulis artikel yang original tidak mengcopy paste artikel milik orang lain dan hal-hal lainnya yang sudah saya ketahui selama di dunia blogger ini.

Kesimpulan Artikel Blog Lama Terindex Google

Dari sedikit kisah yang saya tuliskan diatas maka bisa diketahui bahwa memang saat ini artikel yang kita buat membutuhkan waktu setidaknya 24 jam untuk mulai di index oleh Google. Jika Anda mengalami permasalahan yang sama dengan saya, jangan panik terlebih dahulu seperti saya. Silahkan Anda tunggu saja selama 24 jam dan silahkan cek di keeseokan harinya.

Selama artikel yang Anda buat adalah original dalam kutip bukan copy paste artikel milik orang lain. Mudah-mudahan artikel Anda akan tetap di index oleh google dan bisa jadi masuk ke halaman pertama google, amin.

Itulah sedikit kisah yang dapat saya bagikan dikesempatan kali ini. Semoga ada setidaknya sedikit hikmah dan juga pengetahuan yang dapat Anda ambil di artikel saya kali ini. Akhir kata, semoga bermanfaat dan salam blogger Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->