Skip to main content

5 Peluang Usaha yang Cocok untuk Orang Pemalu atau Pendiam

Mungkin Anda pernah dengar bahwa memiliki sifat yang pemalu dan pendiam akan jauh dari yang namanya rezeki. Pernyataan tersebut memang tidak bisa disalahkan, namun pendapat diatas juga tidak bisa dibenarkan. Karena memiliki kedua sifat tersebut bukanlah sebuah alasan atau halangan untuk seseorang menuju kesuksesan.

Anda kemungkinan kenal dengan pengusaha yang sangat sukses yaitu Mark Zuckenberg atau Bill Gates. Beliau tidak lepas dari kedua sifat tersebut. Namun nyatanya mereka tetap dapat sukses hingga saat ini namanya dikenal oleh Dunia.
5 Peluang Usaha yang Cocok untuk Orang Pemalu atau Pendiam

Seseorang yang memiliki sifat pemalu dan pendiam biasanya akan digolongkan ke introvert. Walaupun introvert faktanya orang seperti ini bisa dikatakan lebih fokus terhadap sesuatu, berprinsip kuat dan teguh memegang visi misi walau sulit berbaur atau beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Nah apakah Anda adalah seseorang yang termasuk memiliki kedua sifat tersebut? Jika benar, maka jangan khawatir. Karena pada artikel ini saya akan memberikan beberapa pekerjaan yang cocok untuk Anda kerjakan.

Peluang Usaha untuk Orang yang Pemalu


1. Web Developer dab Desinger
Peluang usaha menjadi web developer atau desaigner adalah sebuah bisnis yang tidak terlalu membutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi. Dalam bisnis ini skil Anda lah yang benar-benar diandalkan. Seperti yang kita tau, bahwa saat ini sudah banyak toko-toko offline yang beralih ke toko online.

Dan ini sangat cocok untuk Anda segera beralih menjadi seorang web developer atau designer. Fee untuk jasa seperti ini juga tak bisa anda pandang sebelah mata sebab bisa mencapai puluhan juta lo!

2. Affiliate Marketing
Untuk anda yang sudah lama berkecimbung di dunia bisnis online kemungkinan besar sudah tidak akan asing lagi dengan bisnis yang satu ini. Namun untuk Anda yang barus saja memulai bisnis online atau istilah gampangnya adalah pemula kemungkinan besar akan asing dengan kata affiliate.

Singkatnya, Affiliate Marketing adalah, sebuah bisnis online yang bisa dikatakan tidak membutuhkan modal yang begitu besar untuk menjalankannya. Bagaimana tidak, karena untuk menjalankan bisnis ini kita tidak dituntut untuk memiliki sebuah produk yang akan dijual.

Melainkan kita hanya akan memasarkan produk orang lain untuk dijual kemudian setelah produk tersebut laku maka Anda akan mendapatkan sebuah komisi dari produk tersebut. Selain tidak harus memiliki produk sendiri, bisnis Affiliate Marketing ini sangat cocok untuk para pemula dan juga bagi Anda yang memiliki sifat pendiam atau pemalu.

Karena tugas kita hanya memasarkan produk orang lain yang jika berhasil kita jual maka kita akan mendapatkan komisi. Tidak laku kita juga tidak rugi-rugi amat kok. Toh barang tersebut juga bukan punya kita.

3. Blogger
Hampir sama dengan nomor satu, namun disini kita membangun sebuah blog milik kita sendiri. Untuk pemula bisa menggunakan platform gratisan seperti blogger.com atau wordpress. Buatlah sebuah konten atau tulisan di dalam blog Anda, tulis konten sesuai hobi atau keahlian anda.

Nulis, nulis dan nulis itu adalah kerjaan utama seorang blogger. Lalu dari mana blogger dapat uang?

Seorang blogger mendapatkan uang dari tulisan yang mereka terbitkan di blog mereka. Mereka bisa ikut program publiser iklan seperti Google Adsense untuk mendapatkan uang, bisa menjual produk dia sendiri di blog, bisa juga memasarkan produk orang lain secara langsung melalui blog yang mereka buat.

Nah setelah mendapatkan jumlah pembaca yang cukup banyak, seorang blogger bisa mendapatkan banyak uang melalui iklan banner, Google Adsense, Affiliate dan masih banyak lagi cara untuk mendapatkan uang melalui blog.

4. Bisnis Toko Online
Sudah bukan rahasia lagi bahwa kini sudah semakin banyak orang yang berjualan secara online melalui sebuah toko online. Baik toko online pribadi atau ke toko online seperti tokped, lazada, bukalapak dan lain sebagainya.

Berjualan secara online kini bisa menjadi pekerjaan yang sangat menguntungkan bagai kita. Karena selain tidak harus memiliki modal untuk membagun toko fisik, kita juga bisa mendapatkan pangsa pasar yang jauh lebih luas lagi.

Terlepas dari semakin menjamurnya toko online, prospek dari bisnis toko online di Indonesia masih sangat cerah. Dimana tingkat pertumbuhan pertahun dari eCommerce mencapai 30-40% pertahunnya.

Jika tidak memiliki modal untuk membangun toko online sendiri kini juga sudah ada solusi yang sangat mudah. Dimana sudah banyak platform toko online gratisan yang bisa kita buat dengan mudah, gratis dan dengan waktu yang hanya hitungan menit saja maka kita sudah siap untuk berjualan.

Tidak punya produk untuk dijual? Gampang, anda bisa melakukan bisnis dropship dan siap untuk berjualan secara online tanpa harus memiliki produk untuk dijual.

Apa itu dropship?
Di dalam artikel 4 Bisnis Online Yang Menjanjikan Penghasilan Besar saya sudah menjelaskan apa itu dropship. Untuk itu buat Anda yang belum paham silahkan Anda baca artikel tersebut.

5. Berjualan eBook
Anda memiliki keahlian dibidang tertentu yang mungkin akan menarik perhatian banyak orang? Atau mungkin anda adalah seseorang yang hobi dalam menulis cerita. Nah jika Anda memang memiliki keahlian seperti itu seperti Anda memang layak untuk mencoba dalam berbisnis ebook ini.

Usaha eBook adalah usaha yang cocok untuk orang pemalu dan pendiam, karena untuk menulis sebuah eBook yang anda perlukan adalah laptop dan ide. Anda juga dapat menyelesaikan sebagian besar pekerjaan anda dari rumah dan kemudian menerbitkan buku anda melalui Amazon atau melalui blog-blog terkenal.

Nah itulah 5 Peluang Usaha yang Cocok untuk Orang Pemalu atau Pendiam yang bisa Anda coba. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu Anda yang sampai saat ini masih bingung untuk mulai berbisnis apa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar