Skip to main content

Tips Menulis Artikel Singkat yang Berkualitas

Membuat artikel sederhana namun tetap terjaga kualitasnya bukanlah hal yang mustahil namun bukan pula hal yang mudah. Kebanyakan para blogger mengincar halaman pertama google bahkan kalau bisa nagkring di urutan nomor satu. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang banyak meninggalkan langkah-langkah dasar dalam penulisan itu sendiri. Langkah-langkah dasar dari menulis sebuah artikel yang singkat namun tetap terjaga kualitasnya sebenarnya sangat penting untuk diterapkan. Disini saya bukan ahli SEO maupun pakar, mastah atau mastahu yang menggeluti dunia SEO. Disini saya hanya ingin membagikan sebuah tips dasar menulis artikel singkat yang berkualitas.

Tips Menulis Artikel Singkat yang Berkualitas

Untuk yang sudah pakar SEO mungkin artikel yang saya tuliskan ini tidak berarti apa-apa untuk mereka. Namun untuk para pemula yang baru saja menggeluti dunia blogger saya rasa tips ini memang cukup penting untuk diketahui bahkan untuk dirapkan.

Banyak sekali artikel-artikel yang telah saya baca di internet mengenai cara menulis artikel berkualitas. Namun jujur, ilmu yang ada di Internet yang telah saya baca justru membuat saya pusing. Ya maklum, saya hanyalah pemula yang ilmunya belum sampai pada penjelasan-penjelasan yang ada diluaran sana.

Pernah saya memaksakan diri untuk mencoba mengikuti berbagai tips SEO artikel yang telah saya baca dan mayoritas isinya sama. Dan benar saja, saya semakin pusing. Mungkin memang otak saya yang dangkal sehingga tidak dapat menangkap dengan baik ilmu yang telah di sampaikan oleh para mastah diluaran sana.

Lalu mengapa saya menulis artikel ini jika saya sendiri belum memiliki ilmunya?

Memang saya belum memiliki banyak ilmu tentang SEO, bahkan mungkin bisa dikatakan ilmu saya tentang SEO masih sangat-sangat cetek.

Dan tujuan saya membuat artikel ini bukanlah untuk menjadi seorang yang sok-sok menjadi mastah ataupun menggurui Anda yang masih pemula. Karena saya sendiri masih pemula seperti Anda.

Yang saya berikan disini hanyalah sebuah share pengalaman saja terhadap apa yang saya dapat selama ini mengenai dunia blogging.

Baca Juga:

Ini bukan tips SEO mastah, ini hanyalah tips bagi pemula yang baru belajar untuk membuat artikel singkat yang berkualitas. Karena menurut saya jika Anda memang masih pemula seperti saya, janganlah untuk melangkah untuk mempelajari ilmu yang lebih tinggi sedangkan Anda belum menerapkan ilmu dasarnya sama sekali.

Untuk itulah Anda harus belajar dasar-dasarnya terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk melahap ilmu yang lebih tinggi. Karena saya sangat yakin, jika anda langsung melahap ilmu yang lebih tinggi tanpa menerapkan dan memahami dasarnya terlebih dahulu yang akan anda dapatkan hanyalah pusing, putus asa, dan bisa jadi menyerah ti awal perjalanan.

Cara Menulis Artikel Singkat Berkualitas

Sebagai seorang blogger yang masih memiliki pekerjaan lain selain dalam dunia blogging. Pastinya Anda harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dunia nyata dan pekerjaan online Anda sebagai blogger. Nah untuk Anda yang bingung bagaimana cara supaya bisa tetap menulis di blog dengan waktu yang tidak begitu lama sehingga anda tetap bisa melakukan aktivitas di dunia nyata.

Berikut saya berikan tips sederhana tentang cara menulis artikel singkat namun tetap berkualitas.

1. Tutup Semua Aplikasi Lain

Sebelum Menulis Tutup semua aplikasi yang sedang aktif di komputer anda yang nantinya akan membuat anda tidak fokus dan akan menyita sebagian waktu saudara yang terbatas. Seperti : Chat, E-mail dan jangan membuka statistik blog atau penghasilan adsense saudara. Jika anda ingin mencari referensi untuk artikel yang anda tulis, silahkan browser kemudian jendela browser ditutup kembali.

2. Buat Jadwal Terstruktur

Mempersiapkan jadwal akan membantu anda dalam menghemat waktu. Anda dapat mencoba mengalokasikan waktu sebaik mungkin, misalnya 30 menit untuk menulis artikel, 5 menit untuk memilih gambar yang pas dan 10-15 menit untuk mengumpulkan referensi dan Melakukan Riset Kata Kunci yang Tepat agar artikel anda ada di urutan pertama Mesin Pencari.
Jadi dalam waktu kurang lebih satu jam anda harus mampu membuat konten yang bagus dan berkualitas. Penjelasan di atas memang bukan harga mati, tapi hanya sebagai ilustrasi saja. Silahkan sesuaikan dengan waktu yang anda miliki dan yang palin penting anda harus merasa nyaman dengan jadwal yang anda buat.

3. Baca Kembali Artikel Sebelum Dipulikasikan

Tahap ini merupakan tahap yang paling penting dan kebanyakan blogger melewatkan tahap ini karena kurangnya waktu dan kesabaran. Sebaiknya baca kembali artikel sedikitnya satu kali sebelum dipublikasikan, karena jika anda membaca artikel sebelum dipublikasikan anda dapat meneliti kekurangan dan kesalahan artikel saudara.

4 Lakukan Editing Secara Format

Setelah selesai membuat artikel, kemudian editing atau format sebaik mungkin. Tempatkan gambar di tempat yang pas, jika gambar yang digunakan terlalu kecil sebaiknya gambar berada di sebelak kiri/kanan di barengkan dengan tulisan artikel. Saran saya lihat preview atau pratinjau artikel agar artikelnya memiliki hasil yang masksimal.

Dengan menerapkan langkah-langkah dasar di atas, mudah-mudahan tulisan atau artikel yang anda buat tetap mendapatkan kualitas yang baik meskipun anda kerjakan dalam waktu yang cukup singkat.

Memang, dengan merapkan ke empat tips diatas tidak dapat menjamin artikel anda langsung masuk halaman awal google. Namun setidaknya anda tetap menjaga kualitas artikel anda walaupun dengan waktu yang singkat. Jika kualitas artikel tetap terjaga, bukan tidak mungkin kualitas artikel tersebut akan mendongkrak trafik blog anda dan lama kelamaan akan merangkak naik keatas.

Nah itulah sedikit tips dari saya, semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Jika memang ada yang salah mohon dikoreksi ya mastah/ mastahu. Salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->