Skip to main content

6 Peluang Usaha Rumahan Agrobisnis Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang Usaha Rumahan Agrobisnis - Mungkin banyak di antara Anda yang belum tertalu familiar dengan nama Agrobisnis ini. Padahal faktanya bisnis ini sangat sering dilakukan dirumah pada kehidupan sehari-hari. Namun memang namanya istilahnya sendiri yang kurang begitu populer dikalangan masyarakat. Jadi sebenarnya agribisnis ini adalah sebuah usaha rumahan budidaya tanaman yang sangat biasa dilakukan oleh kebanyakan masyrakat. Nah, bagaimana sobat? sekarang sudah mengerti bukan apa itu usaha rumahan agribosnis? Jika sudah bisa dipahami, mari kita lanjutkan ke inti dari artikel kita kali ini.

Saat ini mengelola bisnis ataupun usaha dari rumah adalah pilihan banyak masyarakat hampir diseluruh penjuru Indonesia. Dan salah satu usaha rumahan yang banyak dilakukan sekarang ini adalah agrobisnis.

6 Peluang Usaha Rumahan Agrobisnis Modal Kecil yang Menguntungkan

Berbagai alasan yang banyak membuat masyarakat untuk mengelola usaha yang sangat dekat hubungannya dengan tanaman ini. Salah satu alasan paling populer adalah karena mudah dilakukan dirumah dan juga tidak membutuhkan modal yang besar. Walaupun modalnya kecil, namun soal keuntungan dari usaha yang satu ini tidak bisa dianggap remeh.

Nah apa saja jenis usaha agrobisnis yang dapat Anda lakukan? Berikut ini daftarnya:

1. Budidaya buah-buahan

Selain budidaya sayur-sayuran, usaha budidaya buah-buahan juga tak kalah menarik dan menguntungkan. Sedangkan untuk memulai bisnis yang satu ini kita bisa membeli bibit buah-buahan yang harganya tidak terlalu mahal dan sesuai dengan modal yang kita miliki.

Bingung akan mengembangkan jenis buah-buahan apa? Kita ambil buah-buahan yang banyak diminati orang dengan harga yang terjangkau. Apa saja itu mas? Anda bisa mencoba buah-buahan seperti jeruk manis, pisang, dan buah naga. Bahkan untuk beberapa buah-buahan tertentu juga bisa dilakukan secara hidroponik, sehingga menghasilkah buah dengan kualitas organik.

Untuk bisa memulai bisnis ini bisa kita lakukan dirumah kok. Jika dirumah Anda ada pekarangan atau halaman yang tak terpakai sebagai lahan untuk menanam bibit buah yang Anda beli tadi.

Jika bibit berhasil tumbuh dan menghasilkan buah yang baik, maka kita bisa memanennya kemudian kita jual ke masyarakat atau ke toko-toko buah yang ada dilingkungan kita.

Keuntungan:
Modal relatif kecil dengan penghasilan yang tidak bisa dianggap remeh jika bisa panen dengan baik.

Kekurangan:
Jika gagal panen maka kita harus menunggu musim panen berikutnya.
Namun jika kita merawatnya dengan baik mudah-mudahan resiko untuk gagal panen ini kemungkinan sangat kecil.

2. Bisnis tanaman hias

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika bisnis yang satu ini memiliki potensi penghasilan yang menggirukan. Kita bisa ambil contoh sebuah tanaman hias seperti pohon bonsai yang bisa berharga jutaan rupiah per batangnya. Walaupun memang beberapa saat ini sedang mengalami penurunan harga, bukan berarti bisnis tanaman hias ini bisa dipandang sebelah mata.

Ada banyak kemungkinan yang besar untuk beberapa tahun yang akan datang banyak orang-orang yang akan mencari jenis tanaman hias untuk meperindah halaman rumahnya. Selain itu juga orang-orang yang hobi untuk mengoleksi tanaman hias akan selalu datang silih berganti untuk mencari jenis tanaman sebagai koleksinya.

Keuntungan menjalankan bisnis yang satu ini adalah selain bisa dikerjakan dirumah juga bisa untuk menghias rumah kita sendiri. Ketika nantinya sudah tumbuh dengan baik Anda bisa mulai untuk memasarkan tanaman hias anda untuk dijual ke orang-orang yang membutuhkannya.

3. Menjual tanaman cangkok

Nah bisnis rumahan yang selanjutnya adalah dengan cara berjualan tanaman cangkok. Jenis bisnis ini juga bisa dikerjakan dirumah. Anda bisa mulai membuat dan menjual tanaman cangkok yang bisa Anda kembangkan di dalam pot.

Bisnis yang satu ini juga bisa dikatakan tidak begitu memerlukan modal yang begitu besar untuk bisa memulainya. Selain itu juga bisa dikerjakan dirumah tanpa harus meninggalkan keluarga tercinta.

4. Mengembangkan sayuran hidroponik

Mungkin sudah banyak diantara Anda yang sudah mengetahui bahwa bercocok tanam dengan sistem oragnaik atau lebih dikenal dengan hidroponik saat ini sedang banyak-banyaknya dilakukan oleh masyarakat perkotaan.

Sedangkan permintaan terhadap sayuran organik akhir-akhir sangat meningkat dengan pesat. Untuk itu saya rasa jenis usaha ini sangat cocok untuk dilakukan dan dikembangkan dengan baik. Selagi ada peluang sekecil apapun itu silahkan Anda coba. Karena anda tidak tau dari peluang seperti apa anda akan berhasil.

5. Usaha pembiakan bibit pohon

Diatas anda sudah membaca mengenai bisnis berbagai pembikan bibit. Selain bisnis pembiakan bibit buah-buahan dan sayuran, Usaha pembiakan bibit pohon ini juga berpotensi menguntungkan loh.

Untuk memulai menjalankan bisnis ini ada baiknya Anda melakukan sebuah riset atau survey terlebih dahulu mengenai jenis pohon apa saja yang kira-kira dapat tumbuh dengan baik di daerah Anda.

Jika sudah berjalan dengan baik bukan tidak mungkin bibit pohon ini akan sangat laku di pasaran. Hal ini di dasari oleh hampir di setiap tempat seperti kota dan desa membutuhkan pohon-pohon untuk menyegarkan lingkungan tempat tinggal yang layak bagi masyarakat.

6. Bisnis Ternak Ikan

Ada banyak sekali jenis ikan yang ada di Negri kita tercinta ini, Indonesia. Setiap orang butuh makan, makan butuh lauk, dan ikan sendiri adalah salah satu daftar jenih lauk-pauk yang terdapat dalam daftar 4 sehat 5 sempurna.

Selain itu ikan sampai saat ini juga masih menjadi incaran banyak orang untuk dijadikan lauk pauk. Jadi saya rasa tidak ada salahnya Anda untuk melirik bisnis yang satu ini.

Selain bisa dikerjakan dirumah dengan memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan kolam ikan. Bisnis ini juga tidak begitu membutuhkan modal yang begitu besar kok.

Baca Juga:

Itulah sedikit ulasan mengenai 6 peluang usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan dari panduanajib kali ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->