Skip to main content

Cara Menambahkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools

Sitemap atau peta situs merupakan salah satu bagian terpenting dari blog yang kita miliki. Tujuan dibuatnya sendiri bertujuan untuk supaya google lebih mudah untuk mengenali blog kita secara mendalam. Cie udah kayak PDKT aja ya. Namun dalam artikel ini saya tidak akan membahas tentang bagaimana cara membuat sitemap itu sendiri melainkan, disini saya akan membahas tentang cara submit sitemap blog ke google webmaster tools.
Untuk para senior atau mungkin master di dunia blogger mungkin artikel ini tidak begitu berarti atau bahkan sebuah artikel yang dirasa terlalu pasaran. Haha bodo amat. Karena tujuan di buatnya artikel ini adalah untuk saling berbagi kepada kita yang saling membutuhkan.

Mengapa Google Webmaster Tools?

Sebenarnya ada banyak tempat untuk submit sitemap blog kita seperti, bing contohnya. Namun seperti yang kita ketahui, saat ini Google sendiri merupakan sebuah situs pencarian terbesar di Internet. Untuk itulah ada baiknya kita mendahulukan Google untuk melakukan submit sitemap blog kita.

Namun jika kalian ingin melakukan submit sitemap di mesin pencarian lain juga tidak masalah, itu justru lebih baik. Asalkan yang terutana pastikan kalian sudah submit sitemap ke Google terlebih dahulu.

Cara Mengirim Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools


  • Pastikan kalian sudah masuk ke akun Google milik kalian terlebih dahulu
  • Kemudian silahkan buka Search Console
  • Langkah selanjutnya adalah pilih blog yang akan ingin kalian submit sitemapnya
  • Kemudian silahkan kalian pilih Perayapan, lalu pilih peta situs
  • Selanjutnya kalian lihat di pojok kanan atas, silahkan pilih TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS
  • Selanjutnya silahkan kalian ketik sitemap.xml di komol yang disediakan kemudian klik Kirim
  • Sampai disini kita sudah berhasil mengirim sitemap ke google
  • Langkah selanjutnya adalah klik Segarkan laman
  • Selesai

Nah itulah sobat sedikit artikel tentang cara menambahkan sitemap blog ke Google Webmaster Tools dari panduanajib. Semoga artikel ini menjadi manfaat untuk pembaca sekalian.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar