Skip to main content

Cara Jitu Agar Diterima Adsense dengan Cepat

Tips Agar Diterima Google Adsense dalam sekali Daftar yang saya tuliskan pada artikel ini adalah murni dari pengalaman saya pribadi. Anda seorang blogger? Rasanya kurang pas jika kita memiliki sebuah blog namun belum memiliki sebuah akun yang banyak di idam-idamkan banyak blogger di seluruh dunia, yaitu akun Google Adsense. Walaupun banyak yang bilang menghasilkan uang lewat blog bukan melulu harus menggunakan Adsense, namun tetap saja keinginan hati ini selalu berharap untuk mendapatkan akun google adsense itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui, bukan perkara mudah untuk mendapatkan sebuah akun Google Adsense. Belum ada faktor yang pasti supaya blog diterima adsense. Walaupun kita sudah membaca baik-baik TOS Google Adsense, dan berusaha sebisa mungkin untuk menerapkannya dalam blog yang kita kelola. Namun terkadang ada saja yang masih kurang pas sehingga blog kita tetap di tolak adsense.


Mungkin kalian sudah banyak membaca referensi di luaran sana supaya blog yang kalian miliki segera diterima oleh Google Adsense. Tidak mengelak, saya pun juga melakukan hal seperti itu, membaca, mencari referensi sana-sini agar blog diterima adsense. Namun justru semua itu membuat saya pusing, membuat saya dilema. Membuat saya berpikir bahwa diterima adsense adalah hal yang sangat-sangat sulit. Akhirnya rasa frustasi pun menghampiri, dan yang paling parah adalah rasa malas ngeblog juga mulai bersarang dipikiran saya.

Singkat cerita.
Saya ditolak google adsense sudah berkali-kali, hingga akhirnya saya berhenti ngeblog dalam waktu yang cukup lama. Hingga akhirnya saya mulai kembali melirik blog setelah saya mulai melihat postingan dalam sebuah grup facebook yang memperlihatkan penghasilannya dari google adsense. Hati saya tergugah, saya terbangun dari rasa malas dan putus asa yang sudah lama hinggap di hati saya.

Mulailah saya membangun kembali sebuah blog baru, dengan email baru, dan langsung pasangi sebuah domain TLD yang saat itu masih dalam masa promo. Saya mulai membangun blog tersebut, mengisi dengan artikel-artikel yang sesuai dengan keinginan saya (blog yang saya daftarkan adalah blog gado-gado) dengan jumlah kata dalam artikel kurang lebih 300-500 kata setiap artikelnya.

Setelah artikel dalam blog sudah mencapai angka 30, mulailah saya daftarkan blog yang saya bangun tadi ke Google Adsense. Dan hasilnya, silahkan lihat gambar di atas.

Akirnya blog saya diterima sepenuhnya oleh Google Adsense untuk pertama kalinya. Saya benar-benar sangat bersyukur atas diterimanya blog saya oleh Google Adsense. Dan saya benar-benar berharap supaya akun adsense saya awet dan tahan lama serta memberikan penghasilan untuk rumah tangga saya.

Kondisi Blog Saat Daftar Google Adsense
  • Artikel sekitar 30 lebih namun belum sampai 40
  • Domain TLD dot net
  • Usia Blog 3 bulan
  • Panjang Artikel rata-rata 300-500 kata
  • Blog bahasa Indonesia
  • Niche blog gado-gado ( campur-campur )
  • Pengunjung per hari dibawah angka 100
Dengan melihat kondisi blog saya saat mendaftar adsense dan akhirnya diterima, saya jadi berani menepis berbagai panduan daftar adsense supaya diterima yang selama ini saya baca.

Faktor yang Tidak Akurat Menurut Saya

1. Blog harus memiliki banyak konten, menurut saya jumlah artikel tidak begitu berpengaruh dalam penerimaan blog oleh google adsense. Selama artikel yang anda buat original tanpa copas sepertinya masih memiliki peluang besar untuk diterima adsense walaupun jumlahnya masih dibawah 30 artikel sekalipun. Namun saya tidak menyalahkan pula pendapat yang mengharuskan blog memiliki banyak artikel terlebih dahulu baru di daftarkan adsense. Bisa jadi hal itu menjadikan peluang lebih besar untuk diterima adsense. Tapi ingat, artikel yang kalian buat usahakan benar-benar original.

2. Usia blog 6 bulan, blog saya diterima adsense saat berusia 3 bulan. Bahkan saya membaca salah satu dipostingan grup facebook. Blog miliknya baru berusia 10 hari dan berhasil diterima oleh Google Adsense. Jadi menurut saya usia blog tidak menjamin untuk kalian diterima adsense. Kemungkinan para master yang menyarankan agar mendaftarkan adsense setelah usia blog mencapai 6 bulan supaya blog sudah dalam keadaan yang lebih matang, sehingga membuat blog lebih berpeluang untuk diterima adsense. Namun sekali lagi, menurut saya usia blog tidak begitu berpengaruh terhadap diterimanya Google Adsense.

3. Pengunjung harus banyak, lagi-lagi saya akan menepis pendapat ini. Banyak yang menyarankan bahwa sebelum mendaftarkan blog ke google adsense usahakan pengunjung blog kalian sudah banyak. Nyatanya tanpa pengunjung yang muluk-muluk blog saya bisa diterima oleh google adsense. Namun memang benar, pengunjung yang banyak bisa menjadikan peluang lebih besar untuk diterima adsense, selain itu dengan pengunjung yang banyak penghasilan adsense juga akan meningkat. Tapi ingat, disini saya mengatakan bahwa untuk sekedar diterima Google Adsense saja menurut saya pengunjung bukanlah pengaruh besar.

4. Ketika masa review terbitkan artikel sebanyak mungkin, yang satu ini juga tidak saya lakukan. Karena pada saat mendaftar dan masih dalam tahap review saya hanya menerbitkan artikel 1 artikel dalam sehari. Dan terkadang besoknya saya tidak menerbitkan artikel sama sekali.

Namun sekali lagi, tidak ada salahnya kalian mengikuti berbagai faktor diatas. Karena semua hal diatas tentunya dituliskan oleh master blogger bukan tanpa adanya alasan. Itu semua dituliskan dengan tujuan yang lebih baik untuk para blogger pemula seperti kita. Namun jika hanya sekedar untuk diterima adsense saja, hal-hal diatas bukan menjadi faktor pasti diterima google adsense menurut saya pribadi.

Tips Jitu Diterima Google Adsense

Nah untuk kalian yang kebetulan sudah pusing serta mengalami putus asa karena ditolak oleh google adsense. Berikut saya akan memberikan sedikit tips agar diterima adsense menurut versi saya pribadi.

1. Template blog, coba kalian lihat tampilan halaman google. Tampilannya sangat sederhana bukan? Itulah yang akan saya bahas dalam tips nomor 1 berikut. Silahkan kalian gunakan template blog yang sederhana saja, nyaman untuk pembaca, serta loading blog tidak berat. Dengan template blog yang sederhana, memperhatikan kenyamanan untuk pengunjung tentunya akan membuat nilai plus dimata google. Karena pada dasarnya google sendiri menyukai kesederhanaan.

2. Kelayakan isi konten, pastikan kalian mengisi blog kalian dengan konten-konten yang masuk dalam kriteria google sendiri. Lalu seperti apa konten yang layak menurut google? Silahkan kalian langsung saja baca Kelayakan untuk berpartisipasi di AdSense

3. Artikel original, google sangat tidak suka dengan konten artikel plagiat ataupun copy paste. Jadi usahakan sebisa mungkin kalian mengisi blog kalian dengan konten-konten yang origal tanpa adanya copy paste. Jika kalian bingung mendapatkan ide, silahkan kalian lakukan tulis ulang konten dari blog lain dengan gaya dan bahasa kalian masing-masing sehingga menjadi sebuah artikel baru.

4. Navigasi blog yang baik, yang satu ini juga penting untuk diperhatikan. Karena sudah banyak kasus blogger ditolak adsense karena masalah navigasi blog yang sulit diakses pengunjung. Sewaktu saya mendaftarkan blog saya ke adsense menu navigasi di blog saya antara lain: populer pos, archive blog, label blog, badge google+. Sedangkan dibagian atas saya berikan menu-menu aktif dengan judul sesuai label serta link aktif yang langsung menuju isi dari label yang bersangkutan.

5. Gunakan domain TLD, menurut saya yang satu ini juga penting namun juga sesuai kebutuhan saja. Mendaftar blog dengan domain TLD akan banyak keuntungan yang akan kita dapatkan. Seperti, blog terlihat lebih profesional dimata pengunjung dan juga google sehingga kemungkinan juga akan berpengaruh terhadap pendafataran google adsense. Kedua, jika kita mendaftar adsense dengan blog yang sudah berdomain TLD maka kita akan mendapatkan akun Google Adsense Non Hosted dimana kode iklan dapat kita tempatkan di blog gratisan seperti blogspot dot com. Anda bisa menggunakan domain TLD seperti (dot com, dot net, dan lainnya  bahkan anda juga bisa menggunakan domain TLD gratisan seperti dot tk dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Manfaat Domain TLD Untuk Blog.

6. Bersabar dan Berdoa, setelah kita berhasil mendaftar dan telah menempelkan kode iklan di template blog kita. Langkah terakhir yang dapat kita lakukan adalah bersabar dan berdoa. Jangan rubah struktur template blog, jangan buru-buru lepas kode iklan dari blog, dan jangan membatalkan akun sampai kita benar-benar mendapatkan balasan email dari adsense apakah blog kita ditolak atau diterima.

Dari pengalaman saya pribadi, saya pernah tidak sabar karena merasa di php oleh google adsense. Akhirnya saya lepas kode iklan kemudian saya batalkan akun adsense. Ternyata selang beberapa menit dari pembatalan akun saya mendapatkan email dari google adsense bahwa blog saya telah diterima sepenuhnya.

Namun apalah dayaku, akun google adsense sudah terlanjur saya batalkan. Lalu saya mencoba untuk mengirim ulang pendaftaran google adsense dengan email yang sama dan blog yang sama. Saya coba lebih bersabar dalam menunggu keputusan adsense memberikan jawaban. Dan alhasil blog saya diterima kembali oleh google adsense, Terimakasih Google.

Kesimpulan dari nomor 6.
Jangan gegabah mengambil tindakan yang ceroboh. Silahkan kalian tunggu saja hingga ada keputusan pasti. Karena google melakukan review untuk banyak akun, jadi bersabarlah dalam menunggu antrian.

Itulah sedikit celotehan dari saya tentang penglaman saya diterima oleh goole adsense. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk rekan-rekan semuanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar