Kekurangan dan Kelebihan Jualan Online Lewat Facebook

Bisnis online saat ini memang sudah kian banyak peminat,selain mudah untuk dijalankan yaitu hanya dengan duduk manis di depan monitor anda sudah bisa untuk mulai berjualan secara online. Tempat yang paling umum digunakan untuk menawarkan suatu produk di dunia online adalah sosial media seperti facebook,instagram dan lain-lain.

Facebook sendiri merupakan sebuah sosial media dengan pengguna aktif yang sudah mencapai 63 juta pengguna aktif. Dan Indonesia saat ini menempati peringkat 3 Dunia dengan pengguna facebook paling aktif terbanyak.

Kelemahan dan Kelebihan Jualan Online Lewat Facebook

Namun masih banyak orang yang salah kaprah dalam memasarkan produk milikinya di facebook. Yaitu dengan cara update status jualan,berharap dilihat teman dan berharap terjadi pembelian. Memang tidak salah,namun apakah anda yakin akan banyak teman facebook anda yang tertarik dengan produk yang anda tawarkan?

Nah dalam artikel ini saya akan memberikan anda sebuah pengetahuan tentang kelemahan jualan online lewat facebook. Silahkan anda baca sampai akhir untuk mendapatkan solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada.

Kekurangan Jual Online Melalui Facebook

1. Produk Yang Kamu Tawarkan Hanya Mencakup Teman Facebook Anda Saja

Ini adalah permasalahan serta kekurangan yang pertama jika anda berjualan online lewat facebook dengan cara update status jualan saja. Produk yang kamu tawarkan hanya dapat dilihat oleh teman facebook kamu saja.

Sederhananya seperti ini, anda memiliki 4000 teman facebook,maka produk yang kamu tawarkan hanya dapat dijangkau oleh jumlah teman anda tadi. Nah itu pun belum tentu semuanya pengguna aktif,mungkin hanya berapa % yang memang pengguna aktif. Dan dari pengguna aktif tadi belum tentu semuanya akan tertarik dengan produk yang anda tawarkan.

2. Produk Yang Kamu Tawarkan Mudah Tenggelam

Nah ini juga kelemahan yang selanjutnya,produk yang kamu posting akan sangat mudah tenggelam untuk kemudian di gantikan dengan postingan orang lain yang lebih baru.

Kita ambil simplenya saja,semisal anda memposting sebuah penawaran tentang produk anda ke suatu grup facebook. Maka dalam beberapa jam saja sudah pasti postingan anda akan tenggelam dan tergantikan dengan postingan yang lebih dari member grup facebook tersebut.

Akibatnya produk anda tenggelam,tidak lagi dilihat orang. Satu satunya cara untuk memposisikan postingan anda kembali keatas kembali adalah dengan cara anda memberikan komentar sendiri dari postingan anda sendiri.

Kelebihan Facebook Untuk Jualan Online

Jika ada kelemahan tentu tetap ada yang namanya kelebihan. Dan berikut ini adalah kelebihan berjualan online melalui facebook.

Namun untuk mendapatkan kelebihan ini tidak gratis, anda harus mengeluarkan modal untuk menyewa iklan di facebook yang biasa di sebut FB Ads.

Dengan anda menyewa iklan yang sudah disediakan oleh facebook,maka anda dapat mengiklankan produk anda hampir keseluruh pengguna facebook aktif. Jadi produk yang anda tawarkan tadi akan dilihat oleh banyak orang walaupun mereka bukan teman anda. Dan dengan menggunakan fitur fb ads ini tentunya produk anda akan lebih besar kemungkinan untuk terjual.

Nah itulah beberapa kelemahan berjualan online melalui facebook yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.