Skip to main content

Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog atau Malas Update Artikel

Rasa malas ngeblog atau rasa malas update artikel dalam blog sangat umum dirasakan oleh seorang blogger. Dalam artikel saya kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi rasa malas ngeblog yang banyak dikeluhkan oleh setiap blogger khususnya pemula seperti saya. Perlu saya tekankan terlebih dahulu,bahwa disini saya tidak bermaksud untuk menggurui anda para pemula karena pada dasarnya disini kita sama-sama pemula yang harus belajar lebih dalam tentang dunia blogging itu sendiri. Sekaligus dalam artikel ini saya akan berusaha untuk menjawab sebisa saya dan menurut pandangan saya pribadi tentang pertanyaan sahabat kita yang diajukan dalam grup blogger Indonesia tentang bagaimana si cara supaya kita tidak malas untuk ngeblog?

Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog atau Malas Update Artikel
pertanyaan sahabat blogger yang mendorong saya untuk membuat artikel ini

Jika kita perhatikan pertanyaan diatas,sahabat kita ini mengalami masalah yang cukup serius yaitu,akibat rasa malasnya untuk ngeblog atau melakukan update artikel dalam blog berakibat merosotnya kualitas konten dalam blog dan visitor pada blognya itu sendiri. Nah dari situ bisa kita pelajari,mungkin blog sahabat kita tersebut masih terbilang cukup baru dan memiliki niche gado-gado sehingga memungkinkan sedikitnya pengunjung tetap atau bahkan tidak ada sama sekali pengunjung tetap dalam blog tersebut.

Mengapa bisa saya ambil kesimpulan seperti itu?

Karena jika blog sahabat kita diatas memiliki satu niche saja dan niche dalam blog tersebut mengandung artikel yang tidak mudah basi,dalam artian akan selalu dibutuhkan setiap orang kapanpun maka blog tersebut tidak akan mengalami penuruan kualitas baik dari visitor maupun yg lainnya. Lihat saja blog sugeng.id, sekian lama beliau tidak update artikel dalam blognya namun visitor tetap berdatangan ke blog beliau.

Mengapa bisa seperti itu?

Karena dalam blog sugeng.id memliki satu niche,yaitu tips dan trik bagi blogger pemula yg ingin belajar lebih dalam untuk mengenal apa itu dunia blogging. Tapi kan beliau memang sudah terkenal dan berpengalaman,jadi wajar dong dan jangan dibanding-bandingkan dengan sahabat diatas.

Nah mungkin beberapa diantara kalian yang membaca artikel ini akan berkata demikian. Namun kembali lagi ke masa lalu,apakah mas sugeng dari awal membuat blog langsung menjadi terkenal? Apakah blog mas sugeng langsung diminati banyak pembaca? Tentu tidak,beliau tentunya tetap pernah menjalani dan merasakan bagaimana posisi seorang blogger pemula,dan beliau juga tentunya pernah menjadi pemula. Namun beliau memiliki tekat,dan ketekunan dalam belajar serta rasa ingin tau dan tekat yang kuat sehingga menjadi seperti sekarang ini.

Jadi kesimpulannya adalah,jika anda hanya membangun blog seorang diri alangkah baiknya anda menggukan hobi anda untuk mengisi konten-konten yang ada di blog anda nantinya. Karena jika anda mengawalinya dengan hobi anda maka kegiatan ngeblog pun tidak akan terasa begitu membosankan. Satu lagi,dari tulisan diatas juga kita bisa simpulkan bahwa alngkah baiknya membuat blog dengan satu tema saja sehingga akan memberikan banyak referensi untuk para pengunjung dan kemungkinan besar akan mendatangkan banyak pengunjung tetap dalam blog kita. Sehingga ketika kita mulai merasakan malas dalam ngeblog atau dalam update artikel,tentunya visitor pun tidak akan langsung terjun bebas.

5 Penyebab Seseorang Malas Ngeblog


1. Salah Mengambil Niche Blog

Niche atau tema blog sangat penting untuk ditentukan sebelum kita benar-benar memutuskan untuk membangun sebuah blog. Banyak niche blog yang bisa ambil,dari niche bisnis,makanan,tutorial,teknologi dan masih banyak lagi.

Namun menurut saya pribadi,jika anda memang niat untuk membangun sebuah blog dan anda masih pemula seperti saya,alangkah baiknya anda mengambil sebuah niche sesuai dengan hobi dan keahlian anda. Untuk apa tujuannya? Jelas tujuannya adalah supaya anda tidak mudah bosan dan bisa terus mengembangkan blog anda tanpa adanya kendala.

2. Hanya Fokus Ke Uang dan Uang

Tidak salah memang membangun blog untuk uang. Namun yang salah disini adalah,kebanyakan seorang pemula membangun sebuah blog hanya terlalu fokus terhadap uang dan uang. Sehingga ketika suatu saat ternyata hasilnya tidak seperti yang dia inginkan,yaitu blog tidak kunjung mendapatkan uang dari beberapa bulan kedepan. Maka fokus mereka menjadi pecah berantah,akhirnya timbul rasa bosan,dan akhirnya pun blog tidak akan menghasilkan uang.

Sedikit tips, bangunlah blog anda terlebih dahulu dengan benar,cari tambahan ilmu baik dari grup,forum,ataupun tutorial tutorial yang sudah banyak bertebaran di google. Segera terapkan jika mendapatkan ilmu baru,jangan menunda-nunda. Jika anda terus fokus terhadap pengembangan blog,dan blog anda sudah mulai kedatangan pengunjung yang lumayan,maka disitulah waktu yang tepat untuk anda mulai memikirkan tentang uang.

3. Tidak ada teman yang sehobi

Adanya teman yang sehobi di dekat lingkungan tentunya akan menambah semangat tersendiri jika dibanding banyak teman sehobi di sosial media. Mungkin anda akan mudah bosan karena tidak ada yang diajak diskusi dan berbincang secara langsung soal blog.

Untuk itu cobalah anda yang menciptakan teman lingkungan anda sendiri. Ajak mereka yang sekiranya memang menyukai internet untuk berbincang masalah blogger. Bukan tidak mungkin hati mereka juga akan ikut tergugah untuk mendalami tentang blogger. Nah disitulah anda akan mendapatkan teman satu lingkungan yang bisa anda ajak untuk berdiskusi sehingga anda tidak akan merasa begitu jenuh dan bosan.

4. Terlalu Banyak Membaca Tutorial Tentang Blogging

Ada banyak sekali tutorial blogging yang dapat anda pelajari. Namun alangkah baiknya anda mempelajari tutorial tentang dasar dasar blogging terlebih dahulu sebelum anda mencari sebuah tutorial yang semakin dalam membahas tentang blogging.

Pelajari terlebih dasarnya dasarnya,praktekan setelah berhasil baru menuju ke tutorial yang lain. Karena jika yang satu saja belum anda selesaikan kemudian anda beralih ke yang lain. Bukan tidak mungkin otak dan mood anda akan blank. Sehingga anda akan mudah bosan dengan blogging itu sendiri.

5. Kehabisan Ide

Nah ini adalah hal cukup berat dan berakibat menimbulkan rasa bosan dan jenuh yang cukup mendalam. Tugas utama seorang blogger adalah membuat artikel,ketika seorang blogger sudah kehabisan ide maka tidak akan ada yang namanya konten. Jika dipaksakan membuat konten yang tidak mengerti pun hasilnya juga tidak akan bagus,kecuali jika memang anda seorang anak ajaib.

Maka dari tadi sudah saya katakan berulang-ulang,buatlah blog dengan niche konten yang memang sesuai dengan hobi dan keahlian anda. Sehingga anda tidak akan mudah kehabisan ide untuk membuat konten dan blog anda pun akan terus berjalan dengan mulus.

Cara Mengatasi Rasa Malas Ngeblog

Dari beberapa macam penyebab seseorang malas ngeblog diatas,maka saya akan rangkumkan sebuah cara untuk mengatasi rasa malas ngeblog versi saya.

1. Cari Suasana Baru

Silahkan anda pergi keluar sejenak,cari udara dan suasana baru. Jika selama ini hanya anda fokus terhadap blog anda,kini saatnya anda keluar dari kefokusan anda sejenak. Mulailah untuk berbincang dengan teman-teman anda atau orang-orang disekeliling anda. Lupakan sejenak masalah blogging,senangkan pikiran anda. Dengan begitu mood anda akan mudah untuk kembali dan akan menghilangkan rasa jenuh dan bosan yang anda alami.

Hidup bersosial itu penting,jangan lupakan itu.

2. Cari Hiburan

Banyak kok hiburan di sosial media,anda bisa menemukan banyak video-video lucu di instagram ataupun youtube. Istirahatkan otak anda dengan hiburan-hiburan yang menang menghibur. Jangan kekang otak anda untum mengerjakan sesuatu,karena hasilnya tidak akan bagus.

3. Libur ngeblog untuk beberapa hari

Jika anda memang sudah merasa amat bosan dengan aktivitas blogging,silahkan tinggalkan dan jangan ingat-ingat apapun terlebih dahulu tentang blog. Silahkan anda mencari kesenangan yang membuat anda bisa melepas kejenuhan anda. Nah ketika anda sudah mulai fres,silahkan anda coba kembali untuk memulai blogging. Biasanya akan banyak ide bermunculan setelah anda istirahat sejenak di dunia blogging.

DIRANGKUM:

Liburlah sejenak dalam aktivitas blogging anda dan carilah hiburan yang bisa membuat anda hepi.

Nah itulah sedikit tips mengatasi bosan ngeblog yang dapat panduanajib berikan untuk sahabat semua. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan sedikit manfaat untuk sobat-sobat semuanya. Salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar