Skip to main content

Berapa Minimal Jumlah Kata Untuk Sebuah Artikel Blog

Berapa Minimal Kata Untuk Sebuah Artikel Blog? Itulah adalah sebuah pertanyaan yang saya dapatkan dari salah satu teman saya yang kebetulan juga seorang blogger pemula. Sebenarnya saya sendiri juga seorang pemula yang belum pantas untuk menjawab pertanyaan seperti ini karena pasti banyak master yang lebih tau akan hal ini. Dan artikel ini saya buat sesuai pendapat saya tentang berapa kata si minimal artikel untuk blog yang ditanyakan oleh teman saya tersebut. Jika nanti ada yang merasa keberatan dengan pendapat yang saya tuangkan ini saya mohon maaf,namun setiap orang juga bebas untuk berpendapat bukan? Nah ini adalah pendapat saya.

Untuk berapa kata minimal dalam sebuah artikel dalam blog menurut saya adalah sesuai kemampuan masing-masing. Mengapa saya bilang sesuai kemampuan masing-masing? Karena jika anda memaksakan suatu kehendak yang anda sendiri sebenarnya tidak mampu hasilnya juga tidak begitu bagus.

Berapa Minimal Jumlah Kata Untuk Sebuah Artikel Blog


Berapa Minimal Kata Untuk Sebuah Artikel Blog


Mungkin anda pernah membaca sebuah artikel yang menyarankan tentang untuk membuat artikel setidaknya 1000 sampai 2000 kata. Ya itu memang baik untuk search engine,tapi saya tekankan sekali lagi itu jika anda mampu. Dan ingat kita membuat sebuah artikel itu untuk pengunjung bukan untuk robot pencarian. Karena menurut saya artikel yang bagus itu bukan dari berapa banyak kata yang dikandung dalam artikel itu sendiri melainkan,artikel yang mudah dipahami dan membuat pengunjung enjoy untuk membacanya.

Bayangkan jika anda sebenarnya hanya mampu membuat artikel sebanyak 200 kata namun karena anda telah membaca artikel yang menyarankan untuk membuat sebuah artikel sebanyak 1000 kata maka secara otomatis anda akan melakukan hal itu dan tidak perduli dengan apapun yang akan terjadi nantinya.

Karena dari awal anda sebenarnya sudah tidak mampu membuat artikel dengan jumlah kata sebanyak itu maka dapat dipastikan artikel yang anda buat hanya berujung ke berantakan,berputar putar disitu saja dan membuat pengunjung menjadi bingung bukan mendapatkan solusi yang ia cari.

Lalu Sebenarnya Berapa Jumlah Minimal Kata Untuk Sebuah Artikel?

Kalau menurut saya pribadi,buatlah artikel minimal 300 kata saja jika anda sedang memang sedang jenuh dan susah untuk memikirkan ide kalimat atau kata untuk artikel yang akan anda buat. 300 kata itu sedikit kok sobat,pasti kamu mampu melakukannya. Karena artikel 300 kata saja lebih baik dari pada memaksakan yang 1000 kata namun hasilnya,ya cuma muter muter disitu saja,tidak jelas dan susah dipahami.

Jika anda bisa membuat artikel sebanyak 1000 kata atau lebih dengan baik dan mudah dipahami memang hasilnya akan sangat memuaskan pula,disamping memiliki hasil yang memuaskan di search engine juga akan memberikan banyak solusi untuk pembaca.

Sedikit saran dari saya untuk anda yang baru memulai ngeblog,buatlah artikel dengan jumlah semampu anda terlebih dahulu,kemudian coba targetkan ke 300 kata setiap bikin artikel,maka secara tidak sadar kemampuan anda akan terasah dengan sendiri dan tanpa anda sadari pula anda akan bisa membuat artikel yang memiliki jumlah 1000 kata atau bahkan lebih namun akan tetap nyambung dan enak untuk dibaca.

Kesimpulan
Untuk awal awal buatlah sebuah artikel yang sekiranya semampu anda terlebih dahulu,kemudian tingkat target anda sedikit demi sedikit. Maka hasilnya akan mulai membaik dari waktu ke waktu tanpa adanya rasa keterpaksaan dan anda akan tetap enjoy dalam aktivitas blogging anda.

Salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar