Skip to main content

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger / Blogspot dengan Mudah

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger - Halo sobat blogger,kali ini saya akan membahas suatu artikel yanh mungkin bisa dikatan sudah basi ya,namun saya bodo amat. Buat saya saat saya menemukan ide untuk menulis artikel ya langsung saya tulis tanpa harus menunda-nunda,kecuali jika memang sedang lagi dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Yang terpenting artikel yang saya tuliskan tidak merugikan orang lain dan bukan sekedar kabar kabur semata.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger / Blogspot dengan Mudah

Saat ini platform blogger sudah memberikan fitur unggulan yang di idam idamkan banyak pemilik website,yaitu fitur HTTPS untuk situs blog yang dibuat dengan menggunakan blogger. Dimana dengan menggunakan fitur ini,pengunjung akan merasa lebih nyaman untuk berkunjung ke blog kita karena terjamin keamanan privasinya.

Keuntungan Menggunakan HTTPS di Blog

Ada beberapa keuntungan yang sudah dijelaskan secara rinci oleh pihak google pada menu atau halaman Bantuan Blogger,akan saya kutip isinya seperti dibawah ini.

Ada tiga manfaat utama menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP untuk mengakses blog Anda:
  • Membantu memeriksa bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  • Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  • Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung Anda, melacak aktivitas, atau mencuri informasi mereka.
Nah jika kita mengaktifkan fitur HTTPS pada blog maka akan memungkin setiap pengunjung untuk mengakses versi yang terenkripsi blog Anda di https://<blog-anda>.blogspot.com.

Namun sayangnya fitur HTTPS untuk sekarang ini belum bisa diaktifkan untuk blog yang sudah berdomain khusus seperti namablog.com atau yang lainnya.

Untuk anda yang masih menggunakan blogspot seperti saya silahkan gunakan fitur yang sudah disediakan gratis oleh pihak blogger ini secara maksimal.

Mengapa Saya Tidak Menggunakan HTTPS

Saya sebenarnya ingin menggunakan fitur tersebut,namun sudah dari awal blog ini tidak menggunakan fitur tersebut jadi agak sedikit males untuk merubah data data yang sudah terlanjur terdaftar. Ditambah lagi sebenarnya fitur ini akan sangat berguna untuk anda yang memiliki blog yang mengharuskan pengunjung untuk memasukan data data pribadi. Seperti blog yang dibuat untuk bisnis,toko online atau yang lainnya yang memungkinkan pengunjung harus memasukan informasi pribadinya.

Dengan mengaktifkan fitur HTTPS ini maka anda dapat memastikan bahwa identitas pengunjung akan terjamin keamanannya. Dan kebetulan lagi blog saya tidak mengarah ke tujuan itu.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger


Untuk caranya mengaktifkan fitur https pada blogger sendiri bisa dikatan sangat sangat-sangatlah mudah.
  • Silahkan masuk ke akun blogger sobat
  • Tentukan blog yang akan sobat aktifkan fitur HTTPS nya.
  • Klik Setelan > Dasar > Setelan HTTPS
  • Di sebelah kanan, pilih Ya di bagian "HTTPS" > "Pengalihan HTTPS".
Untuk cara menonaktifikan fitur https sendiri caranya juga cukup mudah,yaitu anda tinggal mengubah Ya menjadi Tidak pada langkah ke 4 yang sudah dijelaskan diatas.

Nah bagaimana? Sangat mudah bukan caranya? Semua keputusan ada ditangan anda masing masing. Ingin menggunakan HTTPS atau tetap seperti saya yang masih bertahan di HTTP. Namun sedikit saran,jika blog anda memang mengharuskan untuk para setiap pengunjung memasukan informasi pribadi silahkan gunakan fitur HTTPS yang sudah disediakan untuk melindungi informasi pribadi para pengunjung blog anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar