Skip to main content

3 Tips Untuk Blogger Pemula Yang Baru Mau Mulai Ngeblog

Halo sahabat panduanajib dimanapun kalian berada,bagaimana kabar kalian semua sobat? Semoga tetap dalam keadaan yang baik baik saja dan sehat selalu ya sobat,amin. Nah kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman atau bisa dikatakan sebagai Tips Untuk Blogger Pemula. Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam artikel ini ada hal yang harus saya sampaikan disini. Disini saya tidak bermaksud untuk sok pintar,sok menggurui sobat semua. Namun disini saya hanya ingin membagikan beberapa saran dan tips untuk sobat yang baru mau mulai ngeblog dan serius untuk terjun di dunia blogging.

Disini saya juga hanyalah seorang blogger pemula yang sama sama ingin belajar dunia blogging lebih dalam lagi bersama sama sobat semua dan mastah-mastah blogging yang lainnya. Setidaknya selama perjalanan ngeblog saya dari tahun 2015 lalu saya sudah sedikit mengerti bagaimana pahitnya manisnya menjadi seorang blogger. Manisnya adalah saat mendapatkan penghasilan walaupun tidak besar,dan pahitnya ini lah yang sangat banyak.

Tips Untuk Blogger Pemula Yang Baru Mau Mulai Ngeblog

Sedikit bercerita,awal saya ngeblog dulu adalah menerbitkan blog dengan niche download game dan aplikasi,dan alhamdulilah dari blog tersebut saya mendapatkan berbagai pengalaman berharga. Dari yang sudah tau bagaimana rasanya mendapatkan uang,sampai berakhir pahitnya sesosok blog dengan niche download,yaitu berujung di depaknya blog saya oleh google dari peredaran mesin pencarian disaat saya sudah bisa sedikit menikmati penghasilannya.

Kemudian saya mencoba untuk membuat blog dengan niche yang lain,dari kunci lagu,resep kue,kesehatan dan lain lain yang sebenarnya itu sendiri tidak saya kuasai sama sekali,apa yang terjadi? Blog blog saya tersebut menjadi terbengkalai karena tidak adanya update artikel yang rutin karena memang saya tidak memahami niche yang saya bahas sendiri.

Sampai akhirnya terbitlah blog panduanajib ini, jujur juga saya tidak terlalu paham dengan nice yang saya bahas di blog ini,namun saya merasa enjoy dan lebih mendapatkan banyak pengalaman. Setelah saya sedang enjoy dalam blogging ternyata timbul masalah baru dalam hal update artikel di dalam blog ini,tidak bisa rutin update artikel karena ada pekerjaan di dunia nyata yang harus saya seriusi. Oleh sebab itulah blog ini jarang sekali update artikelnya,baiklah langsung ke inti ya sobat.

Tips Untuk Blogger Pemula Yang Baru Mau Mulai Ngeblog


Seperti yang sudah saya bilang diatas,disini saya tidak bermaksud untuk menggurui anda,namun saya hanya ingin berbagi apa yang saya dapatkan selama ini.

1. Jangan Targetkan Blog Untuk Pendapatan Yang Melimpah

Maksud saya disini adalah,janganlah anda menjadi blog yang akan anda buat dengan tujuan ketergantungan pendapatan anda kedepan. Ngeblog untuk dapat mendapat uang tidak masalah,karena memang itulah tujuan blogger,tidak bisa dipungkiri.

Namun janganlah berharap yang muluk muluk dari pendapatan blog anda. Karena faktanya mendapatkan uang dari blog itu prosesnya jauh sekali,anda harus menempuh perjalanan kedepan yang masih amat jauh untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal. Iya kalau anda tidak keburu jenuh,keburu bosan. Maka dari itu jangan menargetkan blog sebagai penunjang keuangan utama anda atau berharap banyak penghasilan dari blog. Cukup pasang target terdekat terlebih dahulu,ingin merasakan penghasilan dari blog walaupun sedikit,ntar kalau anda udah enjoy,seiring berjalannya waktu pasti pendapatan akan bertambah sedikit demi sedikit.

2. Mentukan Niche Artikel Blog Yang Nyaman Untuk Anda

Yang kedua ini sangat penting menurut saya pribadi,tentukanlah sebuah niche atau tema blog yang menurut anda paling nyaman untuk anda. Dalam artian disini adalah niche yang memang anda kuasai dan sukai sehingga nantinya anda tidak terbengkalai dalam urusan isi konten.

Kalau anda sendiri memilih niche yang salah,yang tidak anda kuasai dan tidak membuat anda nyaman,bagaimana anda akan mendapatkan uang dari blog? Untuk update artikel saja sudah pasti malas. Mengapa saya bilang demikian? Karena saya sudah mengalami sendiri dan sudah saya bahas diatas.

3. Membeli Domain TLD Untuk Blog

Untuk anda yang belum mengerti domain tld,domain tld itu adalah domain premium yang akan membuat alamat blog anda lebih keren,lebih berbobot dan lebih mudah di ingat. Sebagai contoh domain TLD itu seperti ini, sekarang kalau anda lihat blog saya masih berlamat seperti ini panduanajib,blogspot.com ,namun jika dirubah menjadi domain tld akan menjadi seperti ini panduanajib.com .net .id dan lain lain.

Lalu mengapa saya tidak membeli domain tld? sebenarnya masalah ini sudah sedikit saya singgung diatas,karena saya masih memiliki pekerjaan di dunia nyata yang benar benar harus saya tekuni. Jadi saya belum bisa mengurus blog ini dengan penuh,tapi pasti akan saya pasang domain tld suatu saat.

Seperti yang sudah saya katakan di artikel saya sebelumnya tersebut,bahwa dengan domain tld anda akan semakin semangat untuk membuat artikel di dalam blog anda. Karena anda sudah membeli domain tld maka anda akan berpikir berkali kali jika anda akan melantarkan blog anda begitu saja. Kecuali jika anda memang sudah banyak duit.

Itulah sedikit artikel dari saya tentang 3 Tips Untuk Blogger Pemula Yang Baru Mau Mulai Ngeblog untuk sobat semua. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua ya sobat,sampai bertemu di artikel selanjutnya,salam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar