Skip to main content

6 Cara Sukses Menghasilkan Uang Lewat Blog

Seseorang membangun sebuah dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang membangun blog hanya untuk sarana berbagai,menuangkan hobinya menulis dalam sebuah blog,ingin berbagi informasi,ingin terkenal,bahkan ada yang ingin terkenal serta menghasilkan uang.

Seperti saya sendiri,awalnya ngeblog bukanlah hobi saya sama sekali,karena ngeblog identik dengan yang namanya menulis dan menulis bukanlah hal yang saya suka. Awal saya membuat blog pada tahun 2015 lalu hanya ingin mengikuti jaman yang kekinian supaya tidak dibilang anak yang kurang update (lebih tepatnya biar dibilang keren) :). Ya,hanya membuat blog,isi artikel seadanya,dan saya tinggalkan karena sudah bosan dan karena saya pikir hanya buang-buang waktu.

Sampai ditahun 2016 akhirnya saya mendapatkan informasi dari salah satu postingan di beranda facebook saya yang mengatakan bahwa dia baru saja mendapat gaji dari blog yang dia miliki melalui google adsense. Saat melihat artikel itu saya langsung tempel itu orang,saya bertanya-tanya sama beliau tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Akhirnya beliau mau memberi tau caranya kepada saya tentang cara mendapatkan uang dari blog. Saya praktekkan apa yang beliau sampaikan kepada saya dengan penuh perjuangan.

Awalnya saya berpikir mendapatkan uang dari blog itu simple,hanya menulis artikel kemudian menerbitkan. Mendaftarkan blog kesalah satu penyedia iklan seperti google adsense yang akan membayar kita setiap ada pengunjung yang klik iklan di blog kita,kemudian uang ngalir ke kantong kita. Ya,saya pikir hanya sesimple itu,ternyata tidak.

Mendapatkan uang dari blog tidaklah semudah yang saya bayangkan. Mendpatkan uang dari blog itu Harus siap bekerja keras untuk melawan rasa malas,ya rasa malas! Karena rasa malas ini nanti lah yang akan benar-benar mempersulit kita. Malas belajar,malas mencari informasi,malas update artikel,dan masih banyak malas-malas yang lain di dunia blogging.

Namun dengan kerja keras dan rasa pantang menyerah yang saya miliki,akhirnya tiba saatnya dimana sesuatu yang saya mau tiba juga,yaitu mendapatkan uang dari blog.

Memang tidak sebesar apa yang sudah didapatkan oleh para mastah blogger yang sudah lebih berpengalaman. Namun saya meyakini suatu hal,apabila saya terus berjuan,berusaha dan pantang menyerah saya pasti bisa sama seperti mereka yang sudah lebih dulu mendapatkan uang dari blog. Itu lah motivasi saya sampai sekarang ini,saya ingin seperti mereka yang sukses dengan blognya.

Pada intinya kalau Anda adalah orang yang pemalas,mudah menyerah,sebaiknya Anda tidak usah melanjutkan aktivitas blogging kalau tujuannya adalah untuk mencari uang. Karena apa? Karena Anda tidak akan mendapatkan yang Anda mau apabila Anda tidak mau merubah sifat pemalas dan mudah menyerah yang Anda miliki sekarang ini. Oke,kita lanjutkan inti dari pembahasan artikel kita.


Tips Membangun Blog Yang Menghasilkan Uang


Berikut ini adalah beberapa tips dari saya untuk Anda tentang bagaimana cara membangun blog yang menghasilkan uang.

1. Niat dan Tekat Yang Bulat

Ini menurut prinsip saya pribadi tidak tau orang lain. Namun Niat dan Tekat yang bulat lah yang akan mendasari sukses atau tidaknya nanti sebuah blog yang akan Anda bangun. Karena tanpa adanya tekat dan niat yang kuat dalam arti Anda hanya sekeder coba-coba saja,mungkin belum sampai Anda mendapatkan apa yang Anda tuju Anda sudah yang namanya berhenti ditengah jalan. Dan pada akhirnya pekerjaan Anda hanyalah sia-sia.

2. Tentukan Sebuah Topik Yang Akan Anda Bahas

Berbicara tentang blogging memang tidak akan jauh-jauh dari yang namanya menulis sebuah konten.  Dan blog dengan konten pembahasan satu topik saja akan lebih baik dari pada blog dengan konten yang membahas banyak topik.

Apakah Blog dengan Pembahasan Banyak Topik tidak akan sukses?
Saya tidak mengatakan bahwa blog yang membahas banyak topik tidak akan sukses. Namun blog dengan satu topik saja akan lebih banyak kemungkinan untuk sukses.

Karena suatu blog yang membahas satu topik saja didalamnya akan mengundang banyak pegunjung tetap,sebab mereka tau harus datang kemana saat dia membutuhkan informasi yang sejenis. Mereka akan datang dan datang lagi ke blog Anda karena menemukan banyak pembahasan suatu topik yang mereka minati di blog Anda.

Contohnya:
Ketika ada seseorang mencari artikel tentang kesehatan.

Mereka menemukan sebuah artikel tentang kesehatan di blog A yang memang khusus membahas tentang kesehatan.

Dan mereka juga menemukan artikel tentang kesehatan di blog B,namun blog B ini memiliki topik yang campur aduk dalam arti tidak hanya kesehatan saja.

Dari sini kita sudah bisa menebak ke blog mana pengunjung tadi akan kembali lagi ketika dia membutuhkan informasi tentang kesehatan,ya jawabannya adalah ke blog A. Karena banyak artikel kesehatan di blog A.

Itulah sebabnya mengapa Anda harus menentukan satu topik saja di dalam blog yang akan Anda bangun nanti.
Tips: Jika Anda ingin mudah dalam membuat konten nantinya carilah topik yang sesuai minat dan hobi Anda.

3. Buatlah sebuah Blog

Setelah Anda menemukan topik yang cocok untuk Anda bahas nantinya,langkah selanjutnya adalah membuat sebuah blog untuk menuangkan segala ide dalam bentuk tulisan ke blog Anda.

Dimana saya bisa membuat blog?
Banyak sekali tempat untuk membuat sebuah blog,untuk awal carilah yang gratis dulu seperti blogger.com dan wordPress.com.

Namun jika Anda memang baru mau memulai blogging,buatlah blog menggunakan blogger.com. Untuk tutorial membuat blog di blogger.com akan saya bahas diartikel selanjutnya.

4. Mengisi Blog Dengan Konten Yang Berkualitas

Ya setelah Anda menentukan sebuah topik dan juga sudah membuat blog,kini saatnya Anda membuat sebuah konten untuk mengisi blog Anda.

Disinilah mudahnya untuk Anda yang menentukan topik terlebih dahulu seblum Anda membuat blog. Karena Anda sudah tau apa yang harus Anda bahas tuliskan untuk mengisi blog Anda.

Dan maksud konten berkualitas disini adalah,buatlah sebuah konten yang original bukan copy paste dari blog lain.

Namun itu saja belum cekup,selain membuat konten yang original Anda juga harus membuat konten dengan penulisan bahasa yang baik serta mudah dimengerti.

5. Rajin membuat Konten Baru Untuk Blog Anda

Harus ya mas rajin membuat konten di blog? Salah satu kewajiban blogger adalah membuat konten. Dengan rajin membuat konten baru di dalam blog maka akan lebih memperkaya blog Anda. Blog dengan banyak konten yang berkualitas tentu saja akan membuat para pengunjung lebih senang dan puas.

Selain itu,banyaknya konten yang berkualitas juga membantu blog Anda lebih cepat dikenal oleh banyak orang. Karena semakin banyaknya konten Anda yang berkualitas tentu akan semakin banyak juga muncul di pencarian google dan ditemui oleh pencari informasi lewat google itu sendiri.

6. Mulai Menguangkan Blog Anda

Ada banyak cara untuk menguangkan blog Anda. Namun yang paling sering di lakoni paro blogger pada umumnya untuk mendapatkan uang lewat blog ada dua motede.

A. Mendaftarkan blog situs penyedia iklan

Ini adalah yang paling banyak dilakukan oleh para blogger khususnya di Indonesia. Dengan mendaftarkan blog Anda disitus penyedia iklan,anda kemudian akan memdapatkan sebuah code script iklan yang kemudian akan Anda pasangkan di blog Anda. Dan ketika iklan Anda dilihat pengunjung kemudian mereka tertarik dengan iklan yang ada di blog Anda maka mereka akan melakukan klik pada iklan yang Anda pasang di blog Anda,dan disitulah Anda akan mendapatkan bayaran.

Situs penyedia iklan yang paling diburu-buru oleh blogger adalah google adsense,ya google adsense. Karena memang bayaran yang diberikan oleh google adsense untuk setiap iklan yang di kilik oleh pengunjung lumayan besar dibanding dari penyedia iklan yang lain.

Namun untuk mendaftarkan blog ke google Adsense bukanlah hal yang mudah. Blog yang Anda miliki harus benar-benar berkualitas terutama dari segi konten yang Anda sediakan.

B. Menjual Produk Anda Sendiri

Menurut saya pribadi ini akan lebih menguntungkan dari pada Anda menggantungkan penghasilan Anda dari situs penyedia iklan,bahkan Google Adsense sekalipun.

Namun untuk menjual produk sendiri dan bukanlah pekara yang mudah pula. Anda harus bisa benar-benar meyakinkan calon pembeli supaya calon pembeli yang hadir melakukan pembelian. Meyakinkan orang tanpa bertatap muka tentu saja akan sangat sulit,bahkan bertatap muka sekalipun masih terasa sulit.

Namun jika Anda berhasil memikat calon pembeli dan Anda berhasil menciptakan penjualan. Berikanlah pelayanan yang terbaik sehingga pelanggan Anda merasa puas. Dengan begitu akan semakin banyak pula orang yang ingin membeli produk Anda,dari situlah penghasilan Anda bisa lebih besar dari pada penghasilan yang hasilkan dari penyedia iklan,karena penghasilan sepenuhnya Anda yang mengontrol.

Sekarang silahkan Anda tentukan mau lewat metode apa Anda ingin menghasilkan uang lewat blog yang Anda miliki.

Itulah sedikit ulasan tentang 6 Tips Sukses Membangun Blog Yang Menghasilkan Uang. Semoga dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua.

Salam. :)
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar